Pada saat memberikan layanan klasikal maupun kelompok, guru bk/konselor wajib memantau atau mengobservasi keadaan kelasnya, terutama siswa yang menjadi sasaran layanannya. observasi ini penting guna mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pemberian layanan.
Kegiatan observasi juga wajib memiliki pedoman yang jelas agar tidak terkesan ngawur. konselor dapat mempergunakan pedoman yang sudah disusun oleh para akademisi maupun menyusun sendiri pedomannya jika dia memiliki kemampuan dan keahlian.
Berikut ini adalah contoh pedoman observasi klasikal dan kelompok yang dapat dipergunakan.
Simak selanjutnya..........!!!!!!!
PEDOMAN
OBSERVASI KLASIKAL DAN KELOMPOK
SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2018-2019
IDENTITAS :
Nama
Konseli :
…………………………………………………………………….
Kelas :
…………………………………………………………………….
PETUNJUK :
Beri
tanda centang (√) pada kolom skor sesuai dengan hasil penilaian anda :
No.
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Peserta didik /
Konseli terlibat aktif
|
|
|
|
|
2.
|
Peserta didik /
Konseli antusias dalam mengikuti kegiatan
|
|
|
|
|
3.
|
Peserta didik /
Konseli kreatif
|
|
|
|
|
4.
|
Peserta didik /
Konseli saling menghargai
|
|
|
|
|
5.
|
Peserta didik /
Konseli saling mengeluarkan pendapat
|
|
|
|
|
6.
|
Peserta didik /
Konseli berargumentasi mempertahankan pendapat masing-masing
|
|
|
|
|
7.
|
Layanan terselenggara
dengan menyenangkan
|
|
|
|
|
8.
|
Layanan sesuai
alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
Total Skor = ……………………….
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor
minimal yang dicapai adalah 1 x 6 = 6, dan skor tertinggi adalah 4 x 6 = 24
2.
Kategori
hasil :
3.
Skor 4 = Sangat Baik = 21 - 24
Skor
3 = Baik = 17 - 20
Skor
2 = Cukup Baik = 13 - 16
Skor
1
= Kurang Baik =
...…12
No comments:
Post a Comment