mengingat beratnya beban guru bk /konselor maka dia perlu mempersiapkan diri sebagus mungkin agar program layanannya mencapai tujuan yang diharapkan.
diantara hal yang perlu dipersiapkan adalah RPL (rencana pelaksanaan layanan) BK sesuai dengan layanan yang akan diberikan.
berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal POP K13 yang dapat dipergunakan di sekolah. simak selanjutnya...........!!!!!
Sekolah :
........................................................
Kelas
/ Semester : X/
Ganjil
Alokasi
Waktu : 1 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Topik/
Materi : Mengembangkan penampilan diri didepan orang lain
Tugas
Perkembangan : Mencapai
kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional,
sosial, intelektual dan ekonomi
Bidang
Bimbingan : Bimbingan pribadi-sosial
Fungsi
Bimbingan : Fungsi
pemahaman dan pengembangan
Jenis
Layanan : Layanan
Informasi
I. STANDART KOMPETENSI :
1.
Mencapai
kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional,
sosial, intelektual dan ekonomi
II. KOMPETENSI DASAR :
1.1
Siswa mampu menunjukkan penampilan diri yang sopan dan baik sesuai dengan norma
dan kebiasaan yang berlaku dalam lingkungan masyarakatnnya sebagai bentuk
perwujudan kematangan dalam gambaran sikap dan penampilan sebagai bagian dari
warga sekolah dan masyarakat yang baik
III.
TUJUAN
Kognitif:
-
Konten
1.
Menjelaskan
pengertian
penampilan diri
- Menjelaskan
factor penghambat penampilan diri didepan orang lain
- Menjelasan
cara mengembangkan diri didepan orang lain
-
Proses:
1.
Mengidentifikasi
dan menjelaskan bentuk penampilan diri didepan orang lain
Afektif:
Perilaku
Berkarakter
1.
Percaya
diri
2.
Rapi
3.
Sopan
dan santun
Ketrampilan
Sosial:
1.
Melakukan
komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar
yang baik tentang materi penampilan diri
IV.
TOPIK/MATERI:
Mengembangkan
penampilan diri didepan orang lain (materi terlampir)
V. METODE :
Strategi :
1.
Model Bimbingan Klasikal
2.
Model Bimbingan Kelompok
Metode:
1.
ICT,
Life skill
2.
Diskusi,
dan
3.
Pemberian
tugas
VI. KEGIATAN
No
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
|
Pendahuluan
1.
Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa
2.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3.
Guru menanyakan
kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan
ketika namanya dipanggil;
4.
Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian kelas, peserta didik menjawab dengan baik;
5.
Guru menayakan kesiapan
buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis;
6.
Guru
melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya,
peserta didik menjawab dengan tepat;
7.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang
akan dicapai, peserta didik
memperhatikan dengan seksama;
8.
Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran.
9.
Guru
menjelaskan materi dan kegiatan;
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik;
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
1.
Guru
membagi peserta didik dalam menjadi 2
kelompok;
2.
Guru menayangkan 1 tayangan
model-model gaya belajar, peserta didik
mengamat
dan mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam
gambar tersebut;
3.
Guru
memberi penjelasan singkat tentang 1 gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta
didik berkaitan dengan gaya belajarnya;
4.
Guru meminta perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompoknya
masing-masing;
5.
Guru membuka sesi Tanya jawab antar kelompok;
6.
Selama penyajian materi oleh kelompok, seperti berikut ini.
a) Setiap peserta didik saling menghormati
pendapat orang lain;
b) Mengangkat tangan sebelum memberikan
pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat
setelah dipersilahkan oleh guru;
d) Menggunakan bahasa yang sopan saat
menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e) Berbicara secara bergantian dan tidak
memotong pembicaraan orang lain
7.
Guru
membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok
8.
Guru memberi pertanyaan secara lisan, peserta didik menjawab dengan
benar
9.
Guru meluruskan jawaban
yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
1.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.
Guru
melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan mengembangkan
penampilan diri didepan orang lain,
dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a) Apa pengertian penampilan
diri
b) Sebutkan factor penghambat
mengembangkan penampilan diri
c) Sebutkan cara mengembangkan
penampilan diri
3.
Apa
manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4.
Apa
rencana tindak lanjut akan kalian lakukan
5.
Apa
sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7.
Guru
menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik
membaca materi pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
VII.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber
:
·
Bahan
bacaan : mengembangkan penampilan diri didepan orang lain
·
Lembar
Penilaian kognitif
·
Lembar
Penilaian proses
Alat :
·
LCD
·
Modul
siswa
VIII.
PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses
Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar
Pengamatan Aktivitas siswa
2. Tertulis
a. Lembar
Penilaian kognitif
b. Lember
Penilaian proses
IX.
CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment