RPL BK BIMBINGAN KLASIKAL K13

Bimbingan konseling atau BK merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan di sekolah. eksistensinya menjadi sangat urgen karena kedepan berbagai permasalahan siswa semakin rumit dan kompleks. selain itu, akhir-akhir ini makin banyak guru yang tidak lagi peduli dengan proses pembentukan karakter siswanya. mereka kebanyakan tidak mau ambil pusing dengan permasalah yang dialami siswa-siswanya. mereka beranggapan bahwa tugasnya hanyalah mengajar yaitu menyampaikan materi dan selesai. padahal tugas guru lebih dari itu yaitu mendidik. jika tugas mendidik dibebankan hanya kepada guru BK maka sangatlah mungkin konselor akan kewalahan dan banyak tugas-tugas lainnya terbengkalai. seharusnya antara konselor dan guru mapel bersinergi dalam rangka menumbuhkembangkan siswanya secara maksimal.
mengingat beratnya beban guru bk /konselor maka dia perlu mempersiapkan diri sebagus mungkin agar program layanannya mencapai tujuan yang diharapkan.
diantara hal yang perlu dipersiapkan adalah RPL (rencana pelaksanaan layanan) BK sesuai dengan layanan yang akan diberikan.
berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal POP K13 yang dapat dipergunakan di sekolah. simak selanjutnya...........!!!!!





Sekolah                                  : ........................................................
Kelas / Semester                      : X/ Ganjil
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Topik/ Materi                          : Mengembangkan penampilan diri didepan orang lain
Tugas Perkembangan                : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi
Bidang Bimbingan                  : Bimbingan pribadi-sosial
Fungsi Bimbingan                   : Fungsi pemahaman dan pengembangan
Jenis Layanan                          : Layanan Informasi

I.     STANDART KOMPETENSI :
1.      Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi

II. KOMPETENSI DASAR            :
1.1 Siswa mampu menunjukkan penampilan diri yang sopan dan baik sesuai dengan norma dan kebiasaan yang berlaku dalam lingkungan masyarakatnnya sebagai bentuk perwujudan kematangan dalam gambaran sikap dan penampilan sebagai bagian dari warga sekolah dan masyarakat yang baik

III. TUJUAN
Kognitif:
- Konten
1.      Menjelaskan pengertian penampilan diri
  1. Menjelaskan factor penghambat penampilan diri didepan orang lain
  2. Menjelasan cara mengembangkan diri didepan orang lain
- Proses:
1.    Mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk penampilan diri didepan orang lain

Afektif:
Perilaku Berkarakter
1.      Percaya diri
2.      Rapi
3.      Sopan dan santun

Ketrampilan Sosial:
1.      Melakukan komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar yang baik tentang materi penampilan diri

IV. TOPIK/MATERI:
Mengembangkan penampilan diri didepan orang lain (materi terlampir)

V. METODE :
Strategi :
1. Model Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok

Metode:
1.      ICT, Life skill
2.      Diskusi, dan
3.      Pemberian tugas

VI. KEGIATAN

No
Kegiatan
waktu
1
Pendahuluan
1.      Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa
2.      Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran  dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3.      Guru menanyakan kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan ketika namanya dipanggil;
4.      Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian      kelas, peserta didik menjawab dengan baik;
5.      Guru menayakan kesiapan buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis;
6.      Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya, peserta didik menjawab dengan tepat;
7.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan   dicapai, peserta didik memperhatikan dengan seksama;
8.      Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
9.      Guru menjelaskan materi dan kegiatan; pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik;
10 menit
2
Kegiatan Inti
1.      Guru membagi peserta didik dalam menjadi 2 kelompok;
2.      Guru menayangkan 1 tayangan model-model gaya belajar, peserta didik mengamat dan mencatat hal-hal yang     penting atau yang ingin diketahui dalam gambar tersebut;
3.      Guru memberi penjelasan singkat tentang 1 gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan gaya belajarnya;
4.      Guru meminta perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompoknya masing-masing;
5.      Guru membuka sesi Tanya jawab antar kelompok;
6.      Selama penyajian materi oleh kelompok, seperti berikut ini.
a)      Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain;
b)      Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c)      Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru;
d)     Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e)      Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
7.      Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok
8.      Guru memberi pertanyaan secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar
9.      Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar    dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
25 menit
3
Kegiatan Penutup
1.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal. 
2.      Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan mengembangkan penampilan diri didepan orang lain, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a)      Apa pengertian penampilan diri
b)      Sebutkan factor penghambat mengembangkan penampilan diri
c)      Sebutkan cara mengembangkan penampilan diri
3.      Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4.      Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan
5.      Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6.      Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7.      Guru menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya
10 menit

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber :
·         Bahan bacaan : mengembangkan penampilan diri didepan orang lain
·         Lembar Penilaian kognitif
·         Lembar Penilaian proses
Alat :
·         LCD
·         Modul siswa

VIII. PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar Pengamatan Aktivitas siswa

2. Tertulis
a. Lembar Penilaian kognitif
b. Lember Penilaian proses

IX. CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment