guru bk berkompeten yang terus semangat untuk belajar. hehehe...
bagi teman-teman konselor atau guru bk pada setiap awal tahun ajaran sudah pasti dibuat pusing mikirin mau bikin yang namanya RPL. RPL sudah menjadi suatu kewajiban baginya agar dia bisa mempersiapkan segala sesuatunya terkait program layanan bk setahun ke depan dan juga biar tidak kena semprot kepsek karena gak bikin rpl.hehehe.....tapi tenang aja gayys...
mimin akan selalu rajin share rpl-rpl kekinian yang sudah sesuai dengan pedoman oprasional pelaksanaan bk k13. pokoknya pantengin terus blog mimin, dijamin kalian gak bakalan bingung cari-cari sesuatu tentang bk.
di bawah ini adalah contoh rpl bk klasikal/kelompok. simak selanjutnya..........!!!!!!!
Sekolah :
........................
Kelas
/ Semester : X/
Ganjil
Alokasi
Waktu : 1 x 45
menit ( 1 x pertemuan)
Topik/
Materi : Mengidentifikasi gaya belajar
Tugas
Perkembangan : Mengembangkan
penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam
kehidupan masyarakat yang lebih luas
Bidang
Bimbingan : Bimbingan
belajar
Fungsi
Bimbingan : Fungsi
pemahaman dan pengembangan
Jenis
Layanan : Layanan
bimbingan klasikal
I. STANDART KOMPETENSI :
1. Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi
dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan
pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas
II. KOMPETENSI DASAR :
1.1
Siswa
mampu mengidentifiasi gaya belajarnya dengan baik sehingga dapat ditemukan
cara-cara khusus yang dapat mempermudah dan mempercepat cara belajarnya dalam
upaya peningkatan prestasi sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya
III.
TUJUAN
Kognitif:
-
Konten
1.
Menjelaskan
pengertian
gaya belajar
2.
Menjelaskan
macam-macam gaya belajar
3.
Menjelasan
ciri-ciri gaya belajar
-
Proses:
1.
Mengidentifikasi
contoh perilaku gaya belajarnya sendiri
2.
Menjelaskan
model gaya belajarnya serta memahami cara mengantisipasinya
Afektif:
Perilaku
Berkarakter
1.
Rajin
belajar
2.
Tanggung
jawab
Ketrampilan
Sosial:
1.
Melakukan
komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar
yang baik tentang materi gaya belajar
IV.
TOPIK/MATERI:
Mengidentifikasi
gaya belajar (materi terlampir)
V. METODE :
Strategi :
1.
Model Bimbingan Klasikal
2.
Model Bimbingan Kelompok
Metode:
1.
Presentasi
2.
Diskusi,
dan
3.
Pemberian
tugas
VI. KEGIATAN
No
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
|
Pendahuluan
1. Peserta didik memberi salam,
guru menjawab salam siswa
2. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta
didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3. Guru menanyakan kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per
satu, peserta didik mengangkat tangan ketika namanya dipanggil;
4. Guru berkeliling kelas
menanyakan kebersihan dan
kerapian kelas, peserta didik menjawab
dengan baik;
5. Guru menayakan kesiapan buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan
buku tulis;
6. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab
mengenai materi pertemuan
sebelumnya, peserta didik menjawab dengan tepat;
7. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
indikator pencapaian kompetensi yang akan
dicapai,
peserta didik memperhatikan dengan seksama;
8. Guru membimbing peserta didik melalui tanya
jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
9. Guru menjelaskan materi dan kegiatan; pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik
memperhatikan dengan baik;
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
1.
Guru
membagi peserta didik dalam menjadi 6
kelompok;
2.
Guru menayangkan 3 tayangan
model-model gaya belajar, peserta didik
mengamat
dan mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam
gambar tersebut;
3.
Guru
memberi penjelasan singkat tentang 3 gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta
didik berkaitan dengan gaya belajarnya;
4.
Guru menjelaskan pengertian gaya belajar, peserta didik memperhatikan dengan baik;
5.
Guru menjelaskan macam-macam gaya belajar,
peserta didik mengidentifikasinya;
6.
Peserta didik mempraktikkan gaya belajarnya, guru mengamati
keterampilan perorangan;
7.
Menjelasan
ciri-ciri gaya
belajar, peserta didik menyimak dengan baik;
8.
Guru menanyakan ciri-ciri gaya belajar, peserta didik menjawab dengan
tepat;
9.
Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi peserta didik yang menjawab
benar cara mengidentifikasi gaya belajarnya;
10. Selama
penyajian materi praktik
gaya belajar oleh kelompok,
seperti berikut ini.
a) Setiap peserta didik saling menghormati
pendapat orang lain;
b) Mengangkat tangan sebelum memberikan
pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat
setelah dipersilahkan oleh guru;
d) Menggunakan bahasa yang sopan saat
menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e) Berbicara secara bergantian dan tidak
memotong pembicaraan orang lain
f) Guru membimbing sebagai moderator kegiatan
penyajian kelompok
g) Guru memberi pertanyaan
secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar
11. Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan
penghargaan bila jawaban benar
dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
1.
Guru
membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
2.
Guru
melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan mengidentifikasi
gaya belajar, dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a) Apa pengertian disiplin
b) Sebutkan Macam-macam gaya
belajar
c) Sebutkan ciri-ciri gaya
belajar
3.
Apa
manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4.
Apa
rencana tindak lanjut akan kalian lakukan
5.
Apa
sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6.
Guru
memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7.
Guru
menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik
membaca materi pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
VII.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber
:
·
Bahan
bacaan : model-model gaya belajar
·
Lembar
Penilaian kognitif
·
Lembar
Penilaian proses
Alat :
·
LCD
·
Modul
siswa
VIII.
PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses
Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar
Pengamatan Aktivitas siswa
2. Tertulis
a. Lembar
Penilaian kognitif
b. Lember
Penilaian proses
IX.
CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment