RPL BK KLASIKAL/KELOMPOK SMP K13

Hadir lagi gaayyss.....
guru bk berkompeten yang terus semangat untuk belajar. hehehe...
bagi teman-teman konselor atau guru bk pada setiap awal tahun ajaran sudah pasti dibuat pusing mikirin mau bikin yang namanya RPL. RPL sudah menjadi suatu kewajiban baginya agar dia bisa mempersiapkan segala sesuatunya terkait program layanan bk setahun ke depan dan juga biar tidak kena semprot kepsek karena gak bikin rpl.hehehe.....tapi tenang aja gayys...
mimin akan selalu rajin share rpl-rpl kekinian yang sudah sesuai dengan pedoman oprasional pelaksanaan bk k13. pokoknya pantengin terus blog mimin, dijamin kalian gak bakalan bingung cari-cari sesuatu tentang bk.
di bawah ini adalah contoh rpl bk klasikal/kelompok. simak selanjutnya..........!!!!!!!






Sekolah                                  : ........................
Kelas / Semester                    : X/ Ganjil
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Topik/ Materi                         : Mengidentifikasi gaya belajar
Tugas Perkembangan              : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas
Bidang Bimbingan                  : Bimbingan belajar
Fungsi Bimbingan                   : Fungsi pemahaman dan pengembangan
Jenis Layanan                        : Layanan bimbingan klasikal

I.     STANDART KOMPETENSI :
1. Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas
II. KOMPETENSI DASAR            :
1.1  Siswa mampu mengidentifiasi gaya belajarnya dengan baik sehingga dapat ditemukan cara-cara khusus yang dapat mempermudah dan mempercepat cara belajarnya dalam upaya peningkatan prestasi sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya

III. TUJUAN
Kognitif:
- Konten
1.      Menjelaskan pengertian gaya belajar
2.      Menjelaskan macam-macam gaya belajar
3.      Menjelasan ciri-ciri gaya belajar
- Proses:
1.      Mengidentifikasi contoh perilaku gaya belajarnya sendiri
2.      Menjelaskan model gaya belajarnya serta memahami cara mengantisipasinya
Afektif:
Perilaku Berkarakter
1.      Rajin belajar
2.      Tanggung jawab
Ketrampilan Sosial:
1.      Melakukan komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar yang baik tentang materi gaya belajar

IV. TOPIK/MATERI:
Mengidentifikasi gaya belajar (materi terlampir)

V. METODE :
Strategi :
1. Model Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok

Metode:
1.      Presentasi
2.      Diskusi, dan
3.      Pemberian tugas

VI. KEGIATAN
No
Kegiatan
waktu
1
Pendahuluan
 
1.      Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa
2.      Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran  dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3.      Guru menanyakan kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan ketika namanya dipanggil;
4.      Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian      kelas, peserta didik menjawab dengan baik;
5.      Guru menayakan kesiapan buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis;
6.      Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya, peserta didik menjawab dengan tepat;
7.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan   dicapai, peserta didik memperhatikan dengan seksama;
8.      Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
9.      Guru menjelaskan materi dan kegiatan; pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik;
10 menit
2
Kegiatan Inti
1.      Guru membagi peserta didik dalam menjadi 6 kelompok;
2.      Guru menayangkan 3 tayangan model-model gaya belajar, peserta didik mengamat dan mencatat hal-hal yang     penting atau yang ingin diketahui dalam gambar tersebut;
3.      Guru memberi penjelasan singkat tentang 3 gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan gaya belajarnya;
4.      Guru menjelaskan pengertian gaya belajar, peserta didik memperhatikan dengan baik;
5.      Guru menjelaskan macam-macam gaya belajar, peserta didik mengidentifikasinya;
6.      Peserta didik mempraktikkan gaya belajarnya, guru mengamati keterampilan perorangan;
7.      Menjelasan ciri-ciri gaya belajar, peserta didik menyimak dengan baik;
8.      Guru menanyakan ciri-ciri gaya belajar, peserta didik menjawab dengan tepat;
9.      Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi peserta didik yang menjawab benar cara mengidentifikasi gaya belajarnya;
10.   Selama penyajian materi praktik gaya belajar oleh kelompok, seperti berikut ini.
a)    Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain;
b)   Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c)    Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru;
d)   Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e)    Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
f)    Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok
g)   Guru memberi pertanyaan secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar
11.  Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar    dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
25 menit
3
Kegiatan Penutup
1.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal. 
2.      Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan mengidentifikasi gaya belajar, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a)      Apa pengertian disiplin
b)      Sebutkan Macam-macam gaya belajar
c)      Sebutkan ciri-ciri gaya belajar
3.      Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4.      Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan
5.      Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6.      Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7.      Guru menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya
10 menit

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber :
·         Bahan bacaan : model-model gaya belajar
·         Lembar Penilaian kognitif
·         Lembar Penilaian proses
Alat :
·         LCD
·         Modul siswa


VIII. PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar Pengamatan Aktivitas siswa

2. Tertulis
a. Lembar Penilaian kognitif
b. Lember Penilaian proses

IX. CATATAN

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment