RPL BK BIMBINGAN KLASIKAL SMA/SMP K13

Rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling atau disingkat RPL BK kini menjadi sesuatu yang banyak dicari karena di setiap awal tahun ajaran guru bk atau konselor wajib menyusun rpl sebagai pedoman pelaksanaan pemberian layanannya terutama layanan klasikal dan kelompok. guru bk dituntut mampu menyusun rpl-nya sendiri sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya. oleh karena itulah akhir-akhir ini di setiap ada seminar dan workshop terutama k13 guru bk/konselor dilatih untuk menyusun rpl dari awal sampai akhir. 

berikut ini adalah contoh rpl bk layanan klasikal/kelompok yang sudah sesuai dengan POP BK K13. Simak selanjutnya............!!!!!!!!!!!!!







RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING (RPLBK)
BIMBINGAN KLASIKAL


Sekolah                                  : .......................
Kelas / Semester                   : X/ Ganjil
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Topik/ Materi                          : Membentuk disiplin diri
Tugas Perkembangan           : Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
Bidang Bimbingan                 : Bimbingan pribadi
Fungsi Bimbingan                  : Fungsi pemahaman dan pengembangan
Jenis Layanan                       : Layanan klasikal

I.     STANDART KOMPETENSI :
1.      Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai

II. KOMPETENSI DASAR            :
1.      1. Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia mengembangkan keterampilan sosial untuk menjadi warga masyarakat yang baik

III. TUJUAN
Kognitif:
- Konten
  1. Menjelaskan pengertian disiplin
  2. Menjelaskan manfaat disiplin
  3. Menjelasan faktor penghambat disiplin
  4. Menjelaskan unsur-unsur pembentukan disiplin diri
- Proses:
  1. Mengidentifikasi contoh perilaku disiplin dalam kehidupan
  2. Memperagakan 1 contoh perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Afektif:
Perilaku Berkarakter
  1. Disiplin diri,
  2. Taat etika dan nilai
Ketrampilan Sosial:
  1. Melakukan komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar yang baik tentang materi disiplin diri
IV. TOPIK/MATERI:
Membentuk disiplin diri (materi terlampir)
V. METODE :
Strategi :
1. Model Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok
Metode:
1.      Presentasi
2.      Diskusi, dan
3.      Pemberian tugas
VI. KEGIATAN

No
Kegiatan
waktu
1
Pendahuluan
 
1.         Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa
2.         Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran  dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3.         Guru menanyakan kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan ketika namanya dipanggil;
4.         Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian      kelas, peserta didik menjawab dengan baik;
5.         Guru menayakan kesiapan buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis;
6.         Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya, peserta didik menjawab dengan tepat;
7.         Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan   dicapai, peserta didik memperhatikan dengan seksama;
8.         Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
9.         Guru menjelaskan materi dan kegiatan; pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik;
10 menit
2
Kegiatan Inti
1.         Guru membagi peserta didik dalam menjadi 6 kelompok;
2.         Guru menayangkan 4 tambilan sikap disiplin, peserta didik mengamati gambar disiplin dan mencatat hal-hal yang     penting atau yang ingin diketahui dalam gambar tersebut;
3.         Guru memberi penjelasan   singkat tentang empat gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan   dengan disiplin;
4.         Guru menjelaskan pengertian disiplin, peserta didik memperhatikan dengan baik;
5.         Guru menjelaskan manfaat disiplin, peserta didik mengidentifikasi manfaat disiplin;
6.         Peserta didik mempraktikkan disiplin, guru mengamati keterampilan perorangan;
7.         Menjelasan factor penghambat disiplin, peserta didik menyimak dengan baik;
8.         Guru menanyakan factor-faktor penghambat disiplin, peserta didik menjawab dengan tepat;
9.         Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi peserat didik yang menjawab benar cara menghindari disiplin;
10.     Guru melengkapi penjelasan faktor penghambat disiplin, peserta didik memperhatikan dengan baik;
11.     Guru menjelaskan unsur-unsur pembentuk disiplin
12.     Selama penyajian materi  praktik disiplin oleh kelompok, seperti berikut ini.
a)      Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain;
b)      Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c)      Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru;
d)     Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e)      Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
f)       Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok
13.     Guru memberi pertanyaan secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar
14.     Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar    dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
25 menit
3
Kegiatan Penutup
1.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal. 
2.      Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan membentuk disiplin, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
a.       Apa pengertian disiplin
b.      Manfaat disiplin
c.       Factor penghambat disiplin
d.      Unsure-unsur pembentukan disiplin
3.      Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
4.      Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan
5.      Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6.      Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7.      Guru menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya
10 menit

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber :
·         Bahan bacaan : Disiplin diri
·         Lembar Penilaian kognitif
·         Lembar Penilaian proses

Alat :
·         LCD
·         Modul siswa

VIII. PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar Pengamatan Aktivitas siswa
2. Tertulis
a. Lembar Penilaian kognitif
b. Lember Penilaian proses

IX. CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment