berikut ini adalah contoh rpl bk layanan klasikal/kelompok yang sudah sesuai dengan POP BK K13. Simak selanjutnya............!!!!!!!!!!!!!
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KONSELING (RPLBK)
BIMBINGAN
KLASIKAL
Sekolah :
.......................
Kelas
/ Semester : X/
Ganjil
Alokasi
Waktu : 1 x 45
menit ( 1 x pertemuan)
Topik/
Materi : Membentuk disiplin diri
Tugas
Perkembangan : Mencapai
kematangan dalam sistem etika dan nilai
Bidang
Bimbingan : Bimbingan
pribadi
Fungsi
Bimbingan : Fungsi
pemahaman dan pengembangan
Jenis
Layanan : Layanan
klasikal
I. STANDART KOMPETENSI :
1.
Mencapai
kematangan dalam sistem etika dan nilai
II. KOMPETENSI DASAR :
1.
1.
Mencapai
kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia
mengembangkan keterampilan sosial untuk menjadi warga masyarakat yang baik
III.
TUJUAN
Kognitif:
-
Konten
- Menjelaskan
pengertian
disiplin
- Menjelaskan
manfaat disiplin
- Menjelasan
faktor penghambat disiplin
- Menjelaskan
unsur-unsur pembentukan disiplin diri
-
Proses:
- Mengidentifikasi
contoh perilaku disiplin dalam kehidupan
- Memperagakan 1 contoh perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari
Afektif:
Perilaku
Berkarakter
- Disiplin
diri,
- Taat etika dan nilai
Ketrampilan
Sosial:
- Melakukan komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar yang baik tentang materi disiplin diri
IV.
TOPIK/MATERI:
Membentuk
disiplin diri (materi terlampir)
V. METODE :
Strategi :
1.
Model Bimbingan Klasikal
2.
Model Bimbingan Kelompok
Metode:
1.
Presentasi
2.
Diskusi,
dan
3.
Pemberian
tugas
VI. KEGIATAN
No
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
|
Pendahuluan
1.
Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa
2.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dengan khusyu’;
3.
Guru menanyakan
kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan
ketika namanya dipanggil;
4.
Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian kelas, peserta didik menjawab dengan baik;
5.
Guru menayakan kesiapan
buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis;
6.
Guru
melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya,
peserta didik menjawab dengan tepat;
7.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang
akan dicapai, peserta didik
memperhatikan dengan seksama;
8.
Guru
membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran.
9.
Guru
menjelaskan materi dan kegiatan;
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik;
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
1.
Guru
membagi peserta didik dalam menjadi 6
kelompok;
2.
Guru menayangkan 4 tambilan sikap
disiplin, peserta didik
mengamati gambar disiplin
dan mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam
gambar tersebut;
3.
Guru
memberi penjelasan singkat tentang empat gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta
didik berkaitan dengan disiplin;
4.
Guru menjelaskan pengertian disiplin, peserta didik memperhatikan dengan baik;
5.
Guru menjelaskan manfaat disiplin, peserta didik mengidentifikasi
manfaat disiplin;
6.
Peserta didik mempraktikkan disiplin, guru mengamati keterampilan
perorangan;
7.
Menjelasan
factor
penghambat disiplin, peserta didik menyimak
dengan baik;
8.
Guru menanyakan factor-faktor penghambat disiplin, peserta didik menjawab dengan tepat;
9.
Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi peserat didik yang menjawab
benar cara menghindari disiplin;
10. Guru melengkapi penjelasan
faktor penghambat disiplin, peserta didik memperhatikan dengan baik;
11. Guru menjelaskan unsur-unsur
pembentuk disiplin
12. Selama penyajian materi praktik disiplin oleh kelompok, seperti berikut ini.
a)
Setiap
peserta didik saling menghormati pendapat orang lain;
b)
Mengangkat
tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat;
c)
Menyampaikan
pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru;
d)
Menggunakan
bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
e)
Berbicara
secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain
f)
Guru
membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok
13. Guru memberi pertanyaan
secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar
14. Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan
penghargaan bila jawaban benar
dengan pujian atau tepuk tangan bersama.
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran melalui tanya jawab secara
klasikal.
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik
atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan
yang akan dilakukan berkaitan tindakan membentuk disiplin, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan
berikut.
a.
Apa pengertian disiplin
b.
Manfaat disiplin
c.
Factor penghambat disiplin
d.
Unsure-unsur pembentukan disiplin
3. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses
pembelajaran yang telah dilakukan?
4. Apa rencana tindak lanjut akan kalian
lakukan
5. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
6. Guru memberikan umpan balik atas proses
pembelajaran dan hasil telah kelompok.
7. Guru menjelaskan rencana pembelajaran
selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
VII.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber
:
·
Bahan
bacaan : Disiplin diri
·
Lembar
Penilaian kognitif
·
Lembar
Penilaian proses
Alat :
·
LCD
·
Modul
siswa
VIII.
PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses
Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar
Pengamatan Aktivitas siswa
2. Tertulis
a. Lembar
Penilaian kognitif
b. Lember Penilaian
proses
IX.
CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment