LAPORAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK SMA



 

LAPORAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER  GENAP TAHUN PELAJARAN 2017

Komponen Layanan                         : Layanan Dasar
Bidang Layanan                                  : Belajar
Hari/Tanggal Pelaksanaan                   : Rabu/ 6 April 2017
Waktu                                                 : 1 x 60 menit
Kelas                                                   : X
Tujuan                                                 : 1. Mendeskripsikan belajar yang efektif
                                                              2.  Memiliki dan mengembangkan ketrampilan belajar
                                                                  yang efektif



Uraian Pelaksanaan
1.      Uraikan kegiatan yang telah dilaksanakan (Eksperientasi):
a.                   Kegiatan bimbingan kelompok ini dilakukan dengan metode diskusi dan
            menggunakan Teknik Expessive Writing
b.           Topik layanan adalah Ketrampilan Belajar yang Efektif
c.                   Peserta bimbingan terdiri dari 8 (delapan) orang siswa
d.                  Pemimpin kelompok memberikan penguatan materi melalui tayangan Power
Point
2.      Hasil yang diperoleh (Identifikasi) :
a.                   Setiap anggota kelompok menuliskan pengertian belajar danketrampilan belajar,
b.                  Pemimpin kelompok mengidentifikasi hasil tulisan masing-masing anggota
kelompok
c.                   Peserta bimbingan saling memberikan tanggapan terhadap hasil tulisan peserta lain
3.      Kesimpulan yang di dapat (Analisis) :
a.             100 % peserta kegiatan antusiasisme  dalam bimbingan kelompok
b.            80 % peserta kegiatan dapat mendeskripsikan ketrampilan belajar yang efektif
c.             20 % peserta kegiatan belum dapat mendeskripsikan ketrampilan belajar yang
      efektif
4.      Tindak lanjut dari kegiatan ini (Generalisasi) :
a.                    Peserta membiasakan diri untuk belajar sesuai dengan ketrampilan belajar yang efektif
b.                   Guru BK/Konselor mengamati perubahan sikap ketrampilan belajar masing-masing peserta
c.                    Memberikan layanan konseling individu bagi peserta didik yang membutuhkan

Surabaya, …………………
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru BK/Konselor
…………………………………..                                          ……………………………….

No comments:

Post a Comment