SATUAN LAYANAN PENDUKUNG
A. Topik : Pengumpulan data melalui
Otobiografi
B. Bidang bimbingan
: Pribadi
C. Jenis layanan : Himpunan Data
D. Tujuan layanan :
Khusus : Agar dapat mengetahui gambaran perkembangan hidup
individu secara menyeluruh
E. Sasaran layanan : Siswa kelas X, XI
F. Hari/ tanggal :
G. Tempat/ waktu : Kelas , 1 X 45 menit
H. Media : Format isian Otobiografi
I. Metode : Ceramah,
mengisi format
Pengertian
Otobiografi adalah karangan yang ditulis oleh individu mengenai
riwayat hidupnya sejak masih kecil hingga sekarang. Selain itu otobiografi ini
berisi tentang berbagai kejadian yang pernah dialami, sedang dialami atau yang
masih menjadi cita-cita.
Otobiografi
mempunyai dua macam bentuk, yaitu berstruktur dan tidak terstruktur.
Otobiografi berstruktur adalah apabila otobiografi itu disusun dengan struktur
yang diminta oleh pengumpul data, jadi konselor menentukan unsur-unsur apakah yang
harus ada dalam otobiografi tersebut. Sedangkan otobiografi tidak berstruktur
adalah konselor memberikan kebebasan kepada individu yang menulis
otobiografinya secara terbuka tanpa ada pengarahan tentang isinya.
Data yang diperlukan agar siswa tidak ragu dalam
menyusun otobiografi adalah :
1.
Data obyektif yang meliputi pengalaman dalam keluarga,
sekolah, kelompok-kelompok yang sederajat tetangga dan masyarakat.
2.
Data subyektif dengan memperhatikan sumber kepuasan
suka dan duka, aspirasi, nilai, dsb.
Kebaikannya
1.
Memberikan informasi tentang siswa secara lengkap
2.
Bisa mengungkapkan perasaan dengan bebas dari kegiatan
yang telah dilakukan
3.
Data ini dapat mendukung data yang telah diperoleh
dari teknik lain
4.
Menghemat dalam pengadministrasian
Kelemahannya
1. Siswa kurang terampil dalam komunikasi secara tertulis
dengan baik
2.
Otobiografi
lebih banyak mengungkap tentang fantasi
3.
Tidak semua
kejadian dapat diingat dengan baik
4.
Tata yang
diperoleh dari otobiografi ini harus dipadukan dengan teknik lain agar dapat
ditafsirkan secara benar
5.
Sering
terdapat kata-kata yang tidak diketahui artinya secara benar
langkah-langkah
penyelanggaraan Otobiografi
a. persiapan
1.
Memberikan
informasi mengenai tujuan diselenggarakannya otobiografi
2.
Mempersiapkan format berstruktur otobiografi
b. Pelaksanaan
1.
Membagikan format berstruktur otobiografi
2.
Konselor memberikan instruksi
3.
Menjelaskan bahwa tugas ini bisa dibawa pulang, untuk
dikumpulkan minggu depan
Analisis hasil
1. Mencari pengalaman-pengalaman yang disukai, mulai dari
kecil hingga sekarang
2. Mencari pengalaman-pengalaman yang tidak disukai
3.
Menggabungkan
dan membandingkan dua jenis pernyataan diatas untuk melihat gambaran dari
individu
K.
Pihak-pihak yang terlibat dalam
penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :
-
Konselor
sekolah : pelaksana kegiatan layanan pendukung ini
L.
Alat dan perlengkapan yang dipergunakan :
-
Format Otobiografi
M. Rencana evaluasi dan tindak lanjut layanan :
Setelah
siswa mengerjakan otobiografi, Konselor merekap hasil pekerjaan siswa dengan :
1. Mencari pengalaman-pengalaman yang disukai, mulai dari
kecil hingga sekarang
2. Mencari pengalaman-pengalaman yang tidak disukai
3.
Menggabungkan
dan membandingkan dua jenis pernyataan diatas untuk melihat gambaran dari
individu
N.
Keterkaitan
layanan ini dengan layanan / kegiatan pendukung
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengumpulan
data / himpunan data mengenai pribadi siswa.
O. Kepustakaan :
Bisri Moch. Drs. H. M. Pd, dkk. 2005. Buku Petunjuk Pelaksanaan Praktik
Pengalaman Lapangan, Bidang studi Bimbingan
Konseling.Malang :
Universitas Negeri Malang. UPT Program
Pengalaman Lapangan 2005/2006
Hidayah, Nur. Dra. M. Pd. 1998. Pemahaman Individu : teknik non tes. Malang
Perangkat kegiatan bimbingan
konseling.
P.
Cacatan konselor
|
|
No comments:
Post a Comment