RPL BK OTOBIOGRAFI KURNAS


SATUAN LAYANAN PENDUKUNG


A.    Topik                         : Pengumpulan data melalui Otobiografi
B.    Bidang bimbingan    : Pribadi
C.    Jenis layanan            : Himpunan Data
D.    Tujuan layanan        :
Umum   :  Untuk mengetahui data mengenai pribadi siswa
Khusus :   Agar dapat mengetahui gambaran perkembangan hidup individu secara menyeluruh
E.    Sasaran layanan     : Siswa kelas X, XI
F.     Hari/ tanggal            :
G.   Tempat/ waktu        : Kelas , 1 X 45 menit
H.    Media                        : Format isian Otobiografi
I.       Metode                      : Ceramah, mengisi format
J.      Uraian kegiatan       :


Pengertian

Otobiografi adalah karangan yang ditulis oleh individu mengenai riwayat hidupnya sejak masih kecil hingga sekarang. Selain itu otobiografi ini berisi tentang berbagai kejadian yang pernah dialami, sedang dialami atau yang masih menjadi cita-cita.
Otobiografi mempunyai dua macam bentuk, yaitu berstruktur dan tidak terstruktur. Otobiografi berstruktur adalah apabila otobiografi itu disusun dengan struktur yang diminta oleh pengumpul data, jadi konselor menentukan unsur-unsur apakah yang harus ada dalam otobiografi tersebut. Sedangkan otobiografi tidak berstruktur adalah konselor memberikan kebebasan kepada individu yang menulis otobiografinya secara terbuka tanpa ada pengarahan tentang isinya.
Data yang diperlukan agar siswa tidak ragu dalam menyusun otobiografi adalah :
1.      Data obyektif yang meliputi pengalaman dalam keluarga, sekolah, kelompok-kelompok yang sederajat tetangga dan masyarakat.
2.      Data subyektif dengan memperhatikan sumber kepuasan suka dan duka, aspirasi, nilai, dsb.

Kebaikannya

1.      Memberikan informasi tentang siswa secara lengkap
2.      Bisa mengungkapkan perasaan dengan bebas dari kegiatan yang telah dilakukan
3.      Data ini dapat mendukung data yang telah diperoleh dari teknik lain
4.      Menghemat dalam pengadministrasian

Kelemahannya

1.      Siswa kurang terampil dalam komunikasi secara tertulis dengan baik
2.      Otobiografi lebih banyak mengungkap tentang fantasi
3.      Tidak semua kejadian dapat diingat dengan baik
4.      Tata yang diperoleh dari otobiografi ini harus dipadukan dengan teknik lain agar dapat ditafsirkan secara benar
5.      Sering terdapat kata-kata yang tidak diketahui artinya secara benar
langkah-langkah penyelanggaraan Otobiografi
a.      persiapan
1.      Memberikan informasi mengenai tujuan diselenggarakannya otobiografi
2.      Mempersiapkan format berstruktur otobiografi
b.      Pelaksanaan
1.      Membagikan format berstruktur otobiografi
2.      Konselor memberikan instruksi
3.      Menjelaskan bahwa tugas ini bisa dibawa pulang, untuk dikumpulkan minggu depan
Analisis hasil
1.      Mencari pengalaman-pengalaman yang disukai, mulai dari kecil hingga sekarang
2.      Mencari pengalaman-pengalaman yang tidak disukai
3.      Menggabungkan dan membandingkan dua jenis pernyataan diatas untuk melihat gambaran dari individu


K.   Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :
-          Konselor sekolah : pelaksana kegiatan layanan pendukung ini
L.    Alat dan perlengkapan yang dipergunakan :
-          Format Otobiografi
M.  Rencana evaluasi dan tindak lanjut layanan :
            Setelah siswa mengerjakan otobiografi, Konselor merekap hasil pekerjaan siswa dengan :
1.      Mencari pengalaman-pengalaman yang disukai, mulai dari kecil hingga sekarang
2.      Mencari pengalaman-pengalaman yang tidak disukai
3.      Menggabungkan dan membandingkan dua jenis pernyataan diatas untuk melihat gambaran dari individu
N.    Keterkaitan layanan ini dengan layanan / kegiatan pendukung
            Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengumpulan data / himpunan data mengenai pribadi siswa.
O.    Kepustakaan :
Bisri Moch. Drs. H. M. Pd, dkk. 2005. Buku Petunjuk Pelaksanaan Praktik
             Pengalaman Lapangan, Bidang studi Bimbingan Konseling.Malang :
             Universitas Negeri Malang. UPT Program Pengalaman Lapangan 2005/2006
Hidayah, Nur. Dra. M. Pd. 1998. Pemahaman Individu : teknik non tes. Malang
            Perangkat kegiatan bimbingan konseling.
P.     Cacatan konselor 
Sapeken,…………………….
Konselor,





IBNI HASYIM, S. Pd
NIP. 19830502 200901 1 010






 
Mengetahui
Kepala Sekolah





Drs. SAMSUL HIDAYAT, M.Pd
NIP.19600808 198603 1 019
 
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment