RPL INSTRUMENTASI DATA BIMBINGAN DAN KONSELING


SATUAN LAYANAN PENDUKUNG


A.                Judul layanan                : Pengumpulan data melalui DCM/ Problem
Checklist
B.                                                                                                 Hari/ tanggal          :
C.                                                                                                Tempat/ waktu      : Kelas, 1 X 45 menit
D.                                                                                                Bidang bimbingan             : Pribadi, Sosial, Belajar, Karier
E.                                                                                                 Jenis layanan         : Himpunan Data
F.                                                                                                 Fungsi layanan      : Pemahaman, pengembangan dan penyembuhan
G.                                                                                                Sasaran layanan    : Siswa kelas X, XI, dan kelas XII
H.                                                                                                Tujuan layanan     : Untuk mengetahui adanya masalah yang dihadapi individu
I.                                                                                                   Layanan khusus    : Agar dapat mengetahui prioritas masalah siswa yang harus segera diatasi
J.                                                                                                  Uraian kegiatan    


Pengertian

Daftar Cek Masalah adalah sebuah daftar kemungkinan masalah yang disusun untuk merancang atau memancing pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialami oleh seseorang yang menyangkut keadaan pribadi individu, seperti : sikap, minat, kondisi jasmaniah, hubungan sosial kejiwaan, kondisi rumah dan keluarga, dll.

Adapun fungsi Daftar Cek Masalah adalah :
1.      Memudahkan individu mengemukakan masalah yang pernah dan sedang dialami
2.      Mensistematisir jenis masalah yang ada pada individu, untuk memudahkan analisis dan sintesisnya melalui data yang diperoleh dengan cara/ alat lain.
3.      Menyarankan suatu prioritas program pelayanan bimbingan dan konseling sesuai dengan masalah individu maupun masalah kelompok saat itu.



Data yang diperoleh dengan DCM dipergunakan :
1.      Untuk melengkapi data yang sudah ada
2.      Untuk mengenal individu yang perlu segera memperoleh bimbingan khusus
3.      Sebagai pedoman penyusunan program bimbingan kelompok pada umumnya
4.      Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang individu maupun kelompok.

Langkah-langkah penyelenggaraan

Persiapan

1.      Konselor menyiapkan bahan sesuai dengan jumlah siswa
2.      Konselor benar-benar menguasai petunjuk cara mengerjakan

Pelaksanaan

1.      Mengontrol situasi ruangan, siswa harus duduk tenang
2.      Konselor memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan menggunakan DCM, untuk menumbuhkan kepercayaan dan motivasi siswa.
3.      Memberikan Instruksi kepada siswa untuk mempersiapkan alat-alat tulis
4.      Membagikan lembar DCM
5.      Memberikan Instruksi kepada siswa untuk menulis identitas diri dan tanggal pelaksanaan DCM
6.      Membacakan petunjuk cara mengerjakan DCM, siswa membaca dalam hati
7.      Memberikan contoh cara mengerjakan DCM
8.      Memberikan Instruksi untuk mengerjakan DCM, dan memperingatkan agar siswa bekerja dengan tenang dan teliti, dan memberitahukan bahwa waktu yang disediakan cukup lama,  ±45 menit
9.      Mengontrol apakah para siswa telah mengerjakan DCM dengan benar
10.  Mengumpulkan pekerjaan siswa

Analisis data DCM

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui responden yang paling banyak mempunyai masalah.

Langkah-langkahnya per topik masalah

1.      Menjumlahkan item yang menjadi masalah tiap responden pada tiap-tiap topik masalah
2.      Mencari persentase per topik masalah dengan cara mencari ratio antar jumlah item yang menjadi masalah dengan jumlah item topik masalah.
Dengan rumus :
nM : Jumlah item yang menjadi masalah pada satu topik masalah
n    : Jumlah item pada topik masalah
3.      Mencari ranking masalah dengan cara mengurutkan persentase topik masalah mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil

K.     Metode   : Pengisian instrument angket DCM.
L.      Pelaksanaan       :
M.    Pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :
-          Konselor sekolah : Sebagai konsultan bagi praktikan dalam pelaksaan kegiatan layanan pendukung ini, dan Sebagai pembimbing bagi praktikan dalam pelaksanaan kegiatan layanan pendukung ini.
N. Alat dan perlengkapan yang dipergunakan :
-          Instrumen angket
-          Lembar jawaban
O. Rencana evaluasi dan tindak lanjut layanan :
     setelah siswa mengisi angket DCM di lembar jawaban. Konselor menganalisis data DCM tersebut dan membuat Interpretasi.
P. Keterkaitan layanan ini dengan layanan / kegiatan pendukung :
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengumpulan data / himpunan data mengenai pribadi siswa.


Q. Kepustakaan :
     Bisri Moch. Drs. H. M. Pd, dkk. 2005. Buku Petunjuk Pelaksanaan Praktik
             Pengalaman Lapangan, Bidang studi Bimbingan Konseling.Malang
            Universitas Negeri Malang. UPT Program Pengalaman Lapangan 2005/2006
     Hidayah, Nur. Dra. M. Pd. 1998. Pemahaman Individu : teknik non tes Malang
            Perangkat kegiatan bimbingan konseling.
R. Cacatan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

No comments:

Post a Comment