SATUAN LAYANAN PENDUKUNG
A.
Judul
layanan :
Pengumpulan data melalui DCM/ Problem
Checklist
B.
Hari/ tanggal :
C.
Tempat/
waktu : Kelas, 1 X 45
menit
D.
Bidang
bimbingan : Pribadi,
Sosial, Belajar, Karier
F.
Fungsi
layanan : Pemahaman,
pengembangan dan penyembuhan
G.
Sasaran layanan : Siswa kelas X, XI, dan kelas XII
H.
Tujuan layanan : Untuk mengetahui adanya masalah yang
dihadapi individu
I.
Layanan khusus : Agar dapat mengetahui
prioritas masalah siswa yang harus segera diatasi
Pengertian
Daftar Cek Masalah adalah
sebuah daftar kemungkinan masalah yang disusun untuk merancang atau memancing
pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialami oleh seseorang yang
menyangkut keadaan pribadi individu, seperti : sikap, minat, kondisi jasmaniah,
hubungan sosial kejiwaan, kondisi rumah dan keluarga, dll.
Adapun fungsi Daftar Cek Masalah adalah :
1.
Memudahkan
individu mengemukakan masalah yang pernah dan sedang dialami
2.
Mensistematisir
jenis masalah yang ada pada individu, untuk memudahkan analisis dan sintesisnya
melalui data yang diperoleh dengan cara/ alat lain.
3.
Menyarankan
suatu prioritas program pelayanan bimbingan dan konseling sesuai dengan masalah
individu maupun masalah kelompok saat itu.
Data yang diperoleh dengan DCM dipergunakan :
1.
Untuk melengkapi data yang sudah ada
2.
Untuk mengenal individu yang perlu segera memperoleh
bimbingan khusus
3.
Sebagai pedoman penyusunan program bimbingan kelompok
pada umumnya
4.
Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
individu maupun kelompok.
Langkah-langkah penyelenggaraan
Persiapan
1.
Konselor menyiapkan bahan sesuai dengan jumlah siswa
2. Konselor benar-benar menguasai petunjuk cara
mengerjakan
Pelaksanaan
1.
Mengontrol situasi ruangan, siswa harus duduk tenang
2.
Konselor
memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuan menggunakan DCM, untuk
menumbuhkan kepercayaan dan motivasi siswa.
3.
Memberikan Instruksi kepada siswa untuk mempersiapkan
alat-alat tulis
4.
Membagikan lembar DCM
5.
Memberikan Instruksi kepada siswa untuk menulis
identitas diri dan tanggal pelaksanaan DCM
6. Membacakan petunjuk cara mengerjakan DCM, siswa
membaca dalam hati
7.
Memberikan contoh cara mengerjakan DCM
8.
Memberikan Instruksi untuk mengerjakan DCM, dan
memperingatkan agar siswa bekerja dengan tenang dan teliti, dan memberitahukan
bahwa waktu yang disediakan cukup lama, ±45 menit
9.
Mengontrol apakah para siswa telah mengerjakan DCM
dengan benar
10. Mengumpulkan
pekerjaan siswa
Analisis data DCM
Analisis
ini bertujuan untuk mengetahui responden yang paling banyak mempunyai masalah.
Langkah-langkahnya per topik masalah
1.
Menjumlahkan item yang menjadi masalah tiap responden
pada tiap-tiap topik masalah
2.
Mencari persentase per topik masalah dengan cara
mencari ratio antar jumlah item yang menjadi masalah dengan jumlah item topik
masalah.
Dengan
rumus :
nM
: Jumlah item yang menjadi masalah pada satu topik masalah
n
: Jumlah item pada topik masalah
3. Mencari ranking masalah dengan cara mengurutkan
persentase topik masalah mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil
K. Metode : Pengisian instrument angket DCM.
L. Pelaksanaan :
M. Pihak-pihak yang terlibat
dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :
-
Konselor
sekolah : Sebagai konsultan bagi praktikan dalam pelaksaan kegiatan layanan
pendukung ini, dan Sebagai pembimbing bagi praktikan dalam pelaksanaan kegiatan
layanan pendukung ini.
N. Alat dan perlengkapan yang
dipergunakan :
-
Instrumen angket
-
Lembar jawaban
O. Rencana evaluasi dan tindak lanjut layanan :
setelah siswa mengisi angket DCM di lembar
jawaban. Konselor menganalisis data DCM tersebut
dan membuat Interpretasi.
P. Keterkaitan layanan ini dengan layanan
/ kegiatan pendukung :
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengumpulan
data / himpunan data mengenai pribadi siswa.
Q. Kepustakaan :
Bisri Moch.
Drs. H. M. Pd, dkk. 2005. Buku Petunjuk
Pelaksanaan Praktik
Pengalaman Lapangan, Bidang studi Bimbingan
Konseling.Malang
Universitas Negeri Malang. UPT
Program Pengalaman Lapangan 2005/2006
Hidayah, Nur.
Dra. M. Pd. 1998. Pemahaman Individu :
teknik non tes Malang
Perangkat
kegiatan bimbingan konseling.
R. Cacatan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
No comments:
Post a Comment