RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KONSELING (RPLBK)
BIMBINGAN
KLASIKAL
Sekolah :
SMA..............................
Kelas / Semester : X/ Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit ( 1 x
pertemuan)
Topik/ Materi : Cara belajar efektif dan efisien
Tugas
Perkembangan : Mengambil keputusan dan pemecahan
masalah atas dasar informasi/data secara obyektif
Bidang Bimbingan : Bimbingan belajar
Fungsi Bimbingan : Fungsi pemahaman dan
pengembangan
Jenis Layanan : Layanan Informasi
A. KOMPETENSI INTI
1. Kompetensi Inti-1 (K1) untuk kompetensi sikap spiritual
2. Kompetensi Inti-2 (K2) untuk kompetensi sikap sosial
3. Kompetensi Inti-3 (K3) untuk kompetensi pengetahuan
4. Kompetensi Inti-4 (K4) untuk kompetensi ketrampilan
B.
KOMPETENSI DASAR
Mengembangkan diri, sikap, dan kebiasaan
belajar yang baik untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan serta
menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mampu
menyebutkan pengertian belajar secara umum
2. Mampu
menyebutkan factor yang mempengaruhi hasil
belajar
3. Mampu mengimplementasikan strategi belajar efektif dan efesien.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengalami perubahan sikap dan kebiasaan belajar yang positif.
2. Siswa dapat membentuk
kelompok belajar.
3. Siswa dapat meningkatkan kemampuan
membaca cepat.
4.
Siswa dapat
meningkatkan prestasi belajar.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian belajar
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
3.Strategi belajar efektif dan efisien
F.
PENDEKATAN,
STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori, tayangan video
2.
Tanya jawab, diskusi
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
a)
Salam dan sapa
b)
Sebelum melaksanakan
pembelajaran konselor mengajak peserta didik melaksanakan doa sebagai
penanaman nilai religius.
c)
Pembinaan hubungan baik
d)
Mempresensi peserta didik
e)
Konselor melakukan Tanya jawab
seputar materi yang akan disampaikan
f)
Peserta didik menonton video yang ditayangkan
dengan seksama
|
10 menit
|
2.
|
Inti
|
a)
Peserta
didik dibagi menjadi 4 kelompok
b)
Peserta didik mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan konselor tentang materi belajar efektif dan efisien
c)
Peserta didik mendiskusikan materi dengan
kelompoknya
d)
Perwakilan kelompok mendemonstrasikan
contoh gaya-gaya
belajar yang efektif dan efisien secara bergantian.
e)
Peserta didik melakukan sesi Tanya jawab antar
kelompok
f)
Peserta didik di beri tugas
untuk mengidentifikasi gaya belajar yang sesuai dengan dirinya.
|
25 menit
|
3.
|
Penutup
|
a)
Konselor mengadakan evaluasi
terhadap peserta didiknya tentang materi yang telah di sampaikan
b)
Kesimpulan oleh konselor
tentang materi yang disampaikan
c)
Konselor menyampaikan
materi yang akan di sampaikan untuk
pertemuan berikutnya.
d)
Motivasi dan salam penutup
|
10 menit
|
H. MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : LCD, laptop,
whiteboard
2. Sumber : Buku modul BK
I.
PENILAIAN
Penilaian
dilakukan dengan penilaian hasil. Instrumen penilaian hasil (IPH) ada pada
lampiran di bawah ini.
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menyebutkan
pengertian belajar secara umum
|
Penugasan
|
Soal terurai
|
Apa yang dimaksud dengan belajar?
|
Menyebutkan cara belajar efisien dan
macam-macam gaya belajar
|
Bagaimnakah cara belajar
efisien dan sebutkan macam-macam gaya
belajar?
|
||
Mengimplementasikan
salah satu gaya belajar yang efisien
|
Bagaimanakah
gaya belajar yang sesuai dengan diri anda?
|
J.
CATATAN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
......................., Desember 2017
Kepala
SMA.............................. Koordinator
BK
Drs. KEPSEK KONSELOR, S. Pd
NIP.1 NIP.
No comments:
Post a Comment