RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) | |||||
BIMBINGAN KELOMPOK | |||||
A | Komponen Layanan | Layanan Dasar | |||
B | Bidang Layanan | Sosial | |||
C | Fungsi Layanan | Pemahaman | |||
D | Tujuan | Konseli memiliki sikap bertanggung dengan tugasnya sendiri | |||
E | Topik | Menjauhi menyontek | |||
F | Sasaran Layanan | Kelompok 1 Kelas X | |||
G | Metode dan Teknik | Disesuaikan dengan pendekatan yang digunakan | |||
H | Waktu | 1 x 40 menit | |||
I | Media/Alat | PPT Menyontek | |||
J | Tanggal Pelaksanaan | Sabtu, 14 Oktober 2017 | |||
K | Sumber Bacaan | ||||
L | Uraian Kegiatan | ||||
1 | Tahap Awal | ||||
a | Pernyataan Tujuan | - | Guru BK/Konselor menyampaiakan salam | ||
- | Guru BK/Konselor menyampaiakan tujuan layanan yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor | ||||
b | Pembentukan Kelompok (Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan kelompok) | Guru BK/Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawa siswa | |||
c | Mengarahkan kegiatan(konsolidasi) | Memberikan penjelasan tentang kegiatan secara operasional yang akan dilakukan | |||
d | Tahap Peralihan (Transisi) | ||||
- | Guru BK/Konselor menanyakan kalau ada siswa yang belum mengerti dan memberikan penjelasan ( Storming) | a | Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan kelompok dalam melaksanakan tugas | ||
b | Guru BK/Konselor memberi kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang tugas-tugas yang belum mereka pahami | ||||
c | Guru BK/Konselor menjelaskan kembali secara singkat tentang tugas dan tanggung jawab peserta dalam melakukan kegiatan | ||||
- | Guru BK/Konselor menyiapkan siswa untuk melakukan komitmen tentang kegiatannya ( Norming) | a | Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan para peserta untuk melaksanakan tugas | ||
b | Setelah semua menyatakan siap, selanjutnya Guru BK/Konselor memulai ke tahap kerja | ||||
2 | Tahap Inti/Kerja | ||||
a | Eksperientasi ( proses/kegiatan yang dialami peserta didik dalam suatu kegiatan bimbingan berdasarkan teknis tertentu) | Guru BK/Konselor memastikan keselarasan antara tujuan yang akan dicapai, metode yang dipilih dengan materi | |||
b | Refleksi (Pengungkapan perasaan, pemikiran dan pengalaman tentang apa yang terjadi dalam kegiatan bimbingan) | 1 | Refleksi Identifikasi. Guru BK/Konselor mengidentifikasi respon anggota kelompok melalui pertanyaan yang mengungkap pengalaman peserta tentang apa yang terjadi pada saat mengikuti kegiatan ( What Happened). Pertanyaan pada refleksi identifikasi mengacu pada pengukuruan pencapaian apa yang diketahui (pengenalan) | ||
2 | Refleksi Analisis. Guru BK/Konselor mengajak konseli untuk menganalisis dan memikirkan (think) sebab-sebab mengapa mereka menunjukkan perilaku tertentu dan apa yang akan dilakukan selanjutnya ( so what) | ||||
3 | Refleksi
Generalisasi. Guru BK/Konselor mengajak peserta membuat rencana tindakan
untuk memperbaiki perilaku yang dianggap sebagai kelemahan dirinya ( Plan). Kemudian Guru BK/Konselor
mengajukan pertanyaan tentang rencana tindakan untuk memperbaiki perilaku
sebagai tanda peserta didik memiliki kesadaran untuk berubah (Now What). Contoh pertanyaan: rencana apa yang akan dilakukan ? kapan akan dimulai ? langkah terdekat apa yang akan dilakukan ? |
||||
3 | Tahap Pengakhiran (Terminasi) | ||||
Menutup kegiatan dan tindak lanjut | a | Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan terhadap aspek-aspek yang ditemukan oleh peserta dalam suatu kerja kelompok | |||
b | Merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama | ||||
c | Akhir dari tahap ini adalah menutup kegiatan layanan secara simpatik (Framming) | ||||
M | Evaluasi | ||||
1 | Evaluasi Proses | a | Guru bimbingan dan konseling atau konselor terlibat dalam menumbuhkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan. | ||
b | Guru bimbingan dan konseling atau konselor membangun dinamika kelompok | ||||
c | Guru bimbingan dan konseling atau konselor memberikan penguatan dalam didik membuat langkah yang akan dilakukannya | ||||
2 | Evaluasi Hasil | a | Mengajukan pertanyaan untuk mengungkap pengalaman konseli dalam bimbingan kelompok | ||
b | Mengamati perubahan perilaku peserta setelah bimbingan kelompok. | ||||
c | Konseli mengisi instrumen penilaian dari guru bimbingan dan konseling atau konselor (seperti contoh dalam konseling kelompok) | ||||
Mengetahui | ............................., 17 Juli 2017 | ||||
Kepala Sekolah | Guru BK/Konselor | ||||
Drs. kepsek, M.Pd. | KONSELOR, S. Pd | ||||
NIP | NIP. |
RPL BK KELOMPOK
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment