RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK SMA


Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

1.     Nama Konseli         :   (inisial/disamarkan)
2.     Kelas/Semester       : XI IPA/Ganjil
3.     Hari, Tanggal          : Selasa, 4 April 2015
4.     Pertemuan ke-        : 1
5.     Waktu                     : 90 Menit
6.     Tempat                   : Ruang Konseling Kelompok
7.     Topik permasalahan: Kendala dalam melanjutkan perguruan tinggi.
8.     Tahapan konseling :
a.       Tahap awal : membangun hubungan baik (rapport) , greeting, attending dan understanding, mendorong seluruh anggota aktif  , mengesplore tujuan dan harapan, membangun norma dan kontrak kelompok, membangun interaksi positif dalam kelompok  dan menghilangkan ketidaknyamanan anggota.
b.      Tahap transisi : memotivasi konseli terlibat aktif dan menantang mereka untuk menangani masalah yang muncul dalam kelompok, menguatkan komitmen saling menjaga rahasia , mau mendengarkan, berani mengekpresikan diri,  memahami orang lain dan mentaati norma yang disepakati.
c.       Tahap tahap kerja (working stage): memanfaatkan dinamika kelompok mengeksplore, membahas dan memecahkan masalah setiap individu. Usaha mengubah perilaku ke arah solusi sesuai pendekatan konseling Reality Therapy. Merangkum poin-poin  yang disepakati dan memberi penguatan pada perilaku yang diinginkan.
d.      Tahap pengakhiran (terminating stage-45/90menit) : memfasilitasi anggota merefleksikan diri, memanfaatkan apa yang telah dipelajari dan mengakhiri bersama-sama sesi kelompok.
Catatan: siswa diminta mengisi angket kepuasan, setelah siswa kembali ke kelas konselor mengisi pedoman observasi dan laporan konseling kelompok.
9.     Media yang diperlukan : Buku daftar PTN dan PTS di Indonesia 


Surabaya , 4 April 2017
Guru BK/ Konselor



........................................



No comments:

Post a Comment