RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK



Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017

A
KomponenLayanan
LayananDasar
B
BidangLayanan
Belajar
C
FungsiLayanan
PemahamandanPengembangan
D
Tujuan
1.     Mendeskripsikanbelajar yang efektif.
2.     Memilikidanmengembangkanketrampilanbelajar yang efektif

E
Topik
KetrampilanBelajar yang Efektif[IY1] 
F
SasaranLayanan
Kelas X semester Genap
G
MetodedanTeknik
DiskusiKelompokdanExpresiveWriting[IY2] 
H
Waktu
1 x 60 menit
I
Media/Alat
LCD[IY3] , kertas HVS berwarnadanspidolwarna
J
TanggalPelaksanaan
6 April 2017
K
SumberBacaan
BukuSuksesBelajardanInternet[IY4] 
L
UraianKegiatan


1.  TahapAwal


a.     PernyataanTujuan
a. Guru bimbingandankonselingmenerimasecaraterbukadenganberjabattangandanmempersilahkanduduk di tempat yang disediakan.
b.  Guru BK memimpinberdo’a[IY5] 
c.  Guru bimbingandankonselingataukonselormenyampaikantentangtujuanbimbinganyaitu:
-         Afektif : PD membiasakandiriuntukbelajarsesuaidenganketrampilanbelajar yang dimiliki[U6] 
-         Kognitif : PD mampumendeskripsikanketrampilanbelajar[U7]  yang efektif
-         Psikomotor : PD trampilbelajarsecaraefektif

b.     Penjelasantentanglangkah-langkahkegiatankelompok (Pembentukankelompok)
1.     Guru BK memperkenalkandirisecaraterbukadenganperanannyasebagaipimpinankelompok
2.     Guru BK menjelaskanpengertian,tujuandanasas-asasbimbingankelompok
3.     Melaksanakanperkenalandandilanjutkan game ringan (berhitung 3 dot)

c.      Mengarahkankegiatan (konsolidasi)
BimbinganKelompokinimenggunakanteknikexpressive writing.

d.     TahapPeralihan (Transisi)


Guru bimbingandankonselingataukonselormenanyakankalaukalauadasiswa yang belummengertidanmemberikanpenjelasannya (Storming)
1.     Apakah kalian sudah siap[WU8]  melaksanakan kegiatan kelompok ?
2.     Anak-anak silahkan bertanya[WU9]  jika ada tugas-tugas yang harus belum kalian pahami.
3.     Anak-anak, dalam kegiatan kelompok ini, kalian nanti harus aktif mengemukakan pendapat dan juga menanggapi pendapat[WU10]  dari teman yang lain.

Guru bimbingandankonselingataukonselormenyiapkansiswauntukmelakukankomitmententangkegiatan yang akandilakukannya (Norming)
1.     Anak-anak semua apakah kita sudah siap melaksanakan kegiatan kelompok[U11]  ?
2.     Mari anak-anak kita mulai kegiatan kelompok saat ini.......

TahapInti/Kerja

Proses/kegiatan yang dialamipesertadidikdalamsuatukegiatanbimbinganberdasarkantekniktertentu (Eksperientasi)
BimbinganKelompokinimenggunakanteknik expressive writing denganlangkah-langkah :
1.       Guru BK ataukonselormembagikankertas HVS danspidolberwarnakepadamasing-masing PD
2.       PD menuliskan[WU12] pengalamanbelajar yang pernahdilakukanpadakertas yang telahdibagikan.
3.       Masing-masing PD dimintamenyampaikan[WU13] apa yang telahdituliskan.
4.       PD salingmenanggapi[WU14] danmemberipendapatatas yang telahdisampaikan.

Pengungkapanperasaan, pemikirandanpengalamantentangapa yang terjadidalamkegiatanbimbingan(refleksi)
1.       RefleksiIdentifikasi.Coba secara bergantian kalian ungkapkan pengalaman-pengalaman yang anda dapat dari kegiatan diskusi saat ini.
2.       RefleksiAnalisis
Dari-pengalaman-pengalaman yang kalian dapat pada kegiatan diskusi saat ini, kegiatan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya berkaitan dengan ketrampilan belaja yang baik.
3. RefleksiGeneralisasi
Setelah kegiatan ini, coba masing-masing tuliskan rencana kegiatan yang akan kalian lakukan untuk memperbaiki ketrampilan belajar yang selama ini kalian lakukan seperti yang sudah kalian tuliskan pada kegiatan awal tadi.
Tuliskan juga kapan rencana tersebut akan kalian mulai ? dan langkah terdekat apa yang akan kalian lakukan ?


TahapPengakhiran (Terminasi)

Menutupkegiatandantindaklanjut
1.     Guru BK ataukonselormemberikanpenguatantentangmateriKetrampilanBelajar yang Efektifmelaluitayangan LCD.
2.     Merencanakantindaklanjutyaitumengembangkanketrampilanbelajar yang efektifdalamkehidupansehari-hari
3.     Akhirdaritahapiniadalah guru bimbingan dan konseling/konselor menutup kegiatan dengan doa penutup.
M
Evaluasi


1.     Evaluasi Proses
Evaluasiinidilakukanoleh guru bimbingandankonselingataukonselordenganmelihat proses yang terjadidalamkegiatanbimbingankelompok, meliputi :
1.      Guru bimbingandan konseling atau konselor mengamati keaktifan peserta dalam kegiatan kelompok seperti aktif mengungkapkan pendapat, menanggapi pendapat teman yang lain dsb.
2.      Guru bimbingandankonseling atau konselor  membangun dinamika kelompok dengan mengarahkan agar masing-masing peserta aktif dan tidak didominasi oleh salah satu atau beberapa peserta.
3.      Guru bimbingandankonselingataukonselormemberikanpenguatankepada peserta dalam membuat langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Format terlampir

2.     EvaluasiHasil
Evaluasisetelahmengikutbimbingankelompokantara lain :
1.      Mengajukanpertanyaanuntukmengungkappengalamankonselidalambimbingankelompok
2.      Mengamatiperubahanperilakupesertasetelahbimbingankelompok.
3.      Konselimengisiinstrumenpenilaiandari guru bimbingandankonselingataukonselor (seperticontohdalamkonselingkelompok)
4.      Format terlampir



Subang, 4 April 2017
Mengetahui :
KepalaSekolah,                                                                               Guru BK/ Konselor




...................................... ........................................



No comments:

Post a Comment