Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......
BIMBINGAN
KELOMPOK
SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2017
A
|
KomponenLayanan
|
LayananDasar
|
B
|
BidangLayanan
|
Belajar
|
C
|
FungsiLayanan
|
PemahamandanPengembangan
|
D
|
Tujuan
|
1. Mendeskripsikanbelajar yang efektif.
2. Memilikidanmengembangkanketrampilanbelajar
yang efektif
|
E
|
Topik
|
|
F
|
SasaranLayanan
|
Kelas X semester
Genap
|
G
|
MetodedanTeknik
|
|
H
|
Waktu
|
1 x 60 menit
|
I
|
Media/Alat
|
|
J
|
TanggalPelaksanaan
|
6 April 2017
|
K
|
SumberBacaan
|
|
L
|
UraianKegiatan
|
|
1. TahapAwal
|
||
a. PernyataanTujuan
|
a. Guru bimbingandankonselingmenerimasecaraterbukadenganberjabattangandanmempersilahkanduduk
di tempat yang disediakan.
c. Guru
bimbingandankonselingataukonselormenyampaikantentangtujuanbimbinganyaitu:
-
Psikomotor
: PD trampilbelajarsecaraefektif
|
|
b. Penjelasantentanglangkah-langkahkegiatankelompok
(Pembentukankelompok)
|
1.
Guru BK
memperkenalkandirisecaraterbukadenganperanannyasebagaipimpinankelompok
2.
Guru BK menjelaskanpengertian,tujuandanasas-asasbimbingankelompok
3.
Melaksanakanperkenalandandilanjutkan
game ringan (berhitung 3 dot)
|
|
c. Mengarahkankegiatan (konsolidasi)
|
BimbinganKelompokinimenggunakanteknikexpressive
writing.
|
|
d. TahapPeralihan (Transisi)
|
||
Guru
bimbingandankonselingataukonselormenanyakankalaukalauadasiswa yang
belummengertidanmemberikanpenjelasannya (Storming)
|
||
Guru
bimbingandankonselingataukonselormenyiapkansiswauntukmelakukankomitmententangkegiatan
yang akandilakukannya (Norming)
|
2.
Mari anak-anak kita mulai kegiatan kelompok
saat ini.......
|
|
TahapInti/Kerja
|
||
Proses/kegiatan
yang dialamipesertadidikdalamsuatukegiatanbimbinganberdasarkantekniktertentu
(Eksperientasi)
|
BimbinganKelompokinimenggunakanteknik
expressive writing denganlangkah-langkah :
1.
Guru BK
ataukonselormembagikankertas HVS danspidolberwarnakepadamasing-masing PD
2.
PD menuliskan[WU12] pengalamanbelajar yang
pernahdilakukanpadakertas yang telahdibagikan.
3.
Masing-masing
PD dimintamenyampaikan[WU13] apa yang telahdituliskan.
4.
PD salingmenanggapi[WU14] danmemberipendapatatas yang
telahdisampaikan.
|
|
Pengungkapanperasaan,
pemikirandanpengalamantentangapa yang terjadidalamkegiatanbimbingan(refleksi)
|
1.
RefleksiIdentifikasi.Coba secara
bergantian kalian ungkapkan pengalaman-pengalaman yang anda dapat dari
kegiatan diskusi saat ini.
2.
RefleksiAnalisis
Dari-pengalaman-pengalaman yang kalian dapat pada
kegiatan diskusi saat ini, kegiatan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya
berkaitan dengan ketrampilan belaja yang baik.
3. RefleksiGeneralisasi
Setelah kegiatan ini, coba masing-masing tuliskan
rencana kegiatan yang akan kalian lakukan untuk memperbaiki ketrampilan
belajar yang selama ini kalian lakukan seperti yang sudah kalian tuliskan
pada kegiatan awal tadi.
Tuliskan juga kapan rencana tersebut akan kalian mulai ? dan langkah
terdekat apa yang akan kalian lakukan ?
|
|
TahapPengakhiran
(Terminasi)
|
||
Menutupkegiatandantindaklanjut
|
1. Guru BK ataukonselormemberikanpenguatantentangmateriKetrampilanBelajar
yang Efektifmelaluitayangan LCD.
2. Merencanakantindaklanjutyaitumengembangkanketrampilanbelajar
yang efektifdalamkehidupansehari-hari
3.
Akhirdaritahapiniadalah guru bimbingan
dan konseling/konselor menutup kegiatan dengan doa penutup.
|
|
M
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi
Proses
|
Evaluasiinidilakukanoleh guru
bimbingandankonselingataukonselordenganmelihat proses yang
terjadidalamkegiatanbimbingankelompok, meliputi :
1.
Guru
bimbingandan konseling atau konselor mengamati keaktifan peserta
dalam kegiatan kelompok seperti aktif mengungkapkan pendapat, menanggapi
pendapat teman yang lain dsb.
2.
Guru
bimbingandankonseling atau konselor
membangun dinamika kelompok dengan mengarahkan agar masing-masing
peserta aktif dan tidak didominasi oleh salah satu atau beberapa peserta.
3.
Guru
bimbingandankonselingataukonselormemberikanpenguatankepada peserta
dalam membuat langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya.
4.
Format
terlampir
|
|
2.
EvaluasiHasil
|
Evaluasisetelahmengikutbimbingankelompokantara
lain :
1.
Mengajukanpertanyaanuntukmengungkappengalamankonselidalambimbingankelompok
2.
Mengamatiperubahanperilakupesertasetelahbimbingankelompok.
3.
Konselimengisiinstrumenpenilaiandari
guru bimbingandankonselingataukonselor (seperticontohdalamkonselingkelompok)
4.
Format
terlampir
|
Subang, 4 April 2017
Mengetahui :
KepalaSekolah, Guru
BK/ Konselor
......................................
........................................
No comments:
Post a Comment