Menyusun Rencana pelaksanaan layanan Bimbingan susah-susah gampang pak bro...bagi yang sudah terbiasa dan sudah terlatih mungkin hal itu adalah pekerjaan yang cukup mudah dan diluar kepala, tetapi bagi teman-teman guru yang belum pernah membuat apalagi belum mengikuti diklat penyusunan RPL BK kurikulum 2013 merupakan sesuatu yang sangat rumit dan membebani tugas-tugas mengajar mereka. berikut ini kami share contoh rpl bk yang sesuai dengan POP BK K13....Cekidot........................
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN
KLASIKAL
A A.
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Cara mengendalikan emosi
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat mengendalikan emosi dan memantapkan nilai serta cara bertingkah laku yang
dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Peserta didik/konseli dapat mendifinisikan
pengertian emosi
2. Peserta didik
dapat mengidentifikasi macam-macam emosi melalui diskusi kelompok
3. Peserta didik
dapatmempraktekancara mengendalikan emosi melalui sosiodrama
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
9
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Pengertian emosi
2.
Macam-macam emosi
3.
Cara mengendalikan emosi
|
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber
|
1. Slamet, dkk
2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 9,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
3. Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan
Konseling Bidang Pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania
Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games)
dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point, Cara mengendalikan emosi
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Awal /
Pedahuluan
|
1.
Membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.
Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan
Konseling
4.
Menanayakan kesiapan kepada peserta didik
|
|
2. Tahap Inti
|
1.
Guru BK menayangkan media slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2. Peserta didik
mengamati slide pp yang
berhubungan dengan materi layanan
3.
Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4.
Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
5.
Guru BK memberi tugas kepada masing-masing
kelompok
6.
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
7.
Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya
kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan
yang terkait dengan materi layanan
2.
Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapat menghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.
Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan
datang
4.
Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan
salam
|
|
M
|
Evaluasi
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK atau
konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau atusias peserta didik dalam
mengikuti kegiatan
3. Cara peserta didik dalam menyampaikan
pendapat atau bertanya
4. Cara peserta didik memberikan penjelasan
dari pertanyaan guru BK
|
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi
setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1. Merasakan suasana pertemuan :
menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang dibahas : sangat penting/kurang
penting/tidak penting
3. Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau
konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang
menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi
2.
Lembar kerja siswa
3. Instrumen penilaian
No comments:
Post a Comment