TUHANKU DAN
TUHANMU
Standar
Kompetensi /
Tugas
Perkembangan
|
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
Kompetensi Dasar
|
Siswa mendalami agama yang dianutnya dan dapat hidup
bersama dengan umat agama lain.
|
Indikator
|
· Memahami agama dan
imannya lebih mendalam.
· Memahami makna ibadah
kepada Tuhan
· Mengenal
peristiwa-peristiwa spiritual
keagamaan
· Memahami pentingnya
dialog antar agama
· Memahami pentingnya
kerjasama antaragama
|
Bidang / Fungsi Bimbingan
|
Pribadi/ Pemahaman
dan Pemeliharaan
|
A.
Remaja Dan Agama
Definisi agama menurut
kamus besar bahasa Indonesia adalah ajaran/ sistem yang mengatur tat keimanan
(kepercayaan) dan Peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang
berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia serta lingkungan.
Proses
terbentuknya seseorang menjadi orang yang beriman dan beragama tidaklah mudah.
Menurut Antonius Atosokhi Gea dalam Character Building III, iman terbentuk
melalui 2 proses. Adapun kedua proses tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Timbulnya rasa cinta pada Tuhan
Rasa cinta kepada Tuhan dapat ditimbulkan melalui hal-hal berikut :
a.
Mengenal Tuhan
b.
Mengembangkan dan mendalami ilmu tentang Tuhan
c.
Mengatasi tantangan dengan beribadah kepada Tuhan
2.
Berkembangnya rasa cinta kepada Tuhan
a.
Menjadikan cinta kepada Tuhan sebagai prioritas utama
b.
Membuktikan cinta kepada Tuhan melalui perbuatan
Self Evaluation (Kegiatan Evaluasi Diri Sendiri)
1.
Apa saja yang membuat kecintaanmu kepada Tuhan semakin bertambah/
berkurang?
2.
Bagaimana kamu menyikapi hal itu?
3.
Apa saja wujud nyata dari penerapan iman yang kau miliki dalam
kehidupan sehari-hari?
4.
Apa saja yang kamu lakukan untuk menghidupkan dan meningkatkan
keimananmu?
Lembar Kerja Siswa
Tujuan :
Mengajak siswa untuk menumbuhkan dan menguatkan cinta
kepada Tuhan
Waktu : 20 menit
Deskripsi Kegiatan :
-
Tuliskan pengalaman yang menunjukkan keberhasilanmu dalam melalui
suatu kesulitan/ hambatan!
-
Jelaskan bagaimana peran Tuhan dalam kejadian tersebut! Temukan
bagaimana cinta Tuhan kepadamu!
-
Setelah selesai, ceritakan pengalaman tersebut kepada teman sebangkumu!
Berikan komentar yang menguatkan pentingnya peran Tuhan dalam kehidupan
keseharianmu!
B.
Makna Ibadah Kepada Tuhan
Salah satu wujud
penerapan iman kita adalah dengan beribadah pada Tuhan. Ibadah yang benar
adalah ibadah yang dilakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Tuhan
dan dilakukan dengan penuh keikhlasan semata-mata untuk mencari ridho-Nya.
Beberapa makna
ibadah yang kita lakukan pada Tuhan antara lain :
1.
Sebagai bentuk ketundukan kepada Tuhan
2.
Sebagai wujud cinta pada Tuhan
3.
Sebagai bentuk komunikasi dan penghargaan pada Tuhan
C.
Peristiwa-peristiwa Spiritual Keagamaan
Menurut
Antonius Atosokhi Gea, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menyikapi
peristiwa-peristiwa spiritual keagamaan. Hal-hal tersebut antara lain sebagai
berikut :
1.
Meyesuaikan sudut pandang dan perasaan dengan penganut agama
lainnya.
2.
Menghormati peristiwa spiritual agama lain.
3.
Menghadapi setiap perbedaan dengan cara yang bijak.
4.
Mengutamakan hal yang lebih penting.
Self Evaluation
1.
Apa makna
ibadah yang kamu pahami?
……………………………………………………………………………………………
2.
Bagaimana
penghayatanmu terhadap ibadah yang kamu lakukan?
……………………………………………………………………………………………
3.
Apa yang kamu
rasakan ketika kamu melakukan ibadah?
……………………………………………………………………………………………
4.
Apa harapanmu
terhadap ibadah yang kamu lakukan?
……………………………………………………………………………………………
5.
Bagaimana cara
untuk mencapai harapanmu tersebut?
……………………………………………………………………………………………
Activity
(Lembar Kerja Siswa)
Tujuan : Mengenal makna ibadah yang
dilakukan
Waktu : 30 menit
Deskripsi Kegiatan
-
Buatlah kelompok bersama 3 orang temanmu! Diantara ibadah yang kamu
lakukan, tentukan ibadah yang ingin kamu pahami secara lebih mendalam?
-
Kemudian carilah dan bacalah tulisan mengenai makna dan tujuan
ibadah tersebut! Contoh : Makna dan tujuan berdoa.
-
Ceritakan makna ibadah tersebut kepada teman dikelompokmu! Sertakan
juga pengalaman dan perasaanmu dalam menjalankan ibadah tersebut!
D.
Dialog Antar Agama
Dialog antar
agama dan inter agama merupakan hal yang perlu dikembangkan karena kita hidup
dalam kemajemukan beragama. Dialog merupakan pembicaraan langsung antar
orang-orang yang mempunyai pandangan berbeda tentang sesuatu hal, dengan maksud
untuk saling bertukar informasi, sehingga dicapai saling pengertian.
Dialog antar agama adalah
pembicaraan langsung diantara orang yang berbeda agamanya. Sedangkan dialog
inter agama adalah pembicaraan langsung diantara pemeluk agama yang sama namun
berbeda dalam pemahaman dan penghayatannya terhadap agama tersebut.
Untuk
mewujudkan kedamaian dan kesejukan dalam hidup beragama, sehingga dapat
mengenal dengan baik kebudayaan dan kebiasaan satu sama lain, dapat terbangun
hubungan yang lebih teloran serta berguna untuk membina persatuan dan
memperdalam, memurnikan keyakinan kita sendiri.
E.
Kerjasama Antar Umat Beragama
Kerja sama merupakan hubungan yang dinilai paling berhasil dalam
suatu kemajemukan. Kerja sama harus dilakukan untuk menghasilkan pembaruan yang
diinginkan. Selain itu, kerja sama juga dapat memperkuat/ memberdayakan orang/
kelompok lain yang belum terlibat serta masalah-masalah akibat perbedaan dan
etnis, agama dan budaya dapat diatasi.
Beberapa
bidang kerjasama antar umat beragama antara lain sebagai berikut :
1.
Penegak keadilan.
2.
Perbaikan taraf hidup (ekonomi).
3.
Perbaikan akhlak.
Self
Evaluation
1.
Apa peran agama dalam kehidupanmu ?
…………………………………………………………………………………………………
2.
Sejauh mana peran itu kamu lakukan dalam hidupmu?
………………………………………………………………………………………………
3.
Menurutmu, apakah agama lebih sebagai pembebas dari pada sebagai
pengekang hidupmu?
Atau
sebaliknya? Sebutkan alasannya!
…………………………………………………………………………………………………
4.
Menurutmu apa saja yang kamu kuasai tentang agama dan adakah
penghayatanmu terhadap agama yang saat itu perlu diperbaiki?
………………………………………………………………………………………………….
Activity
(Lembar Kerja Siswa)
Tujuan :
Menumbuhkan rasa saling menghargai.
Menumbuhkan kesadaran untuk bersikap pro
aktif dalam bekerja.
Alat
yang dibutuhkan :
Karton, kertas warna warni, pulpen, spidol warna warni, pensil warna
dan lain-lain tergantung kreatifitas.
Waktu : 10 menit
(penjelasan dan pemilihan anggota kelompok), batas waktu
pembuatan kliping ditentukan oleh guru yang mengajar.
Deskripsi
Kegiatan
-
Buatlah sebuah kelompok yang terdiri atas 5 orang!
-
Masing-masing kelompok membuat sebuah kliping yang berisi tentang
seluruh agama yang ada di Indonesia.
-
Hiasi kliping sekreatif mungkin!
-
Didalam kliping tersebut cantumkanlah data-data pendukung mengenai
inti dari masing-masing ajaran agama, ritual ibadahnya, hari-hari rayanya dan
lain-lain.
-
Setelah kliping selesai, presentasikanlah di depan kelas
No comments:
Post a Comment