RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL) BIMBINGAN KLASIKAL BK SMP


Hadir lagi gayys...RPL sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru tak terkecuali guru BK/Konselor. RPL dibutuhkan dalam rangka membantu konselor me-manage
kegiatan belajar yang dia lakukan, baik melalui layanan klasikal maupun layanan kelompok. konselor dituntut mampu menyusun RPL yang bagus agar arah dan tujuan dari pembelajarannya dapat tercapai dengan baik. berikut ini adalah contoh RPL Bimbingan Klasikal.........


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A  ­­­­­­­­­­­­­A.
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik / Tema Layanan
Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya
F
Tujuan Khusus
1.   Peserta didik/konseli dapat memahami Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
2.   Peserta didik/konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan YME
3.   Peserta didik/konseli dapat meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME
G
Sasaran Layanan
Kelas 7...
H
Materi Layanan
1.     Mengenal Tuhan
2.     Tanda-tanda kebesaran Tuhan YME
3.     Pentingnya Iman dan Taqwa pada Tuhan YME,
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber
1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2.  Prayitno.2015. Keluhuran Iqro’ untuk Kehidupan.    Padang: PT.Graha Cipta Media
3.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku
M
Pelaksanaan

Tahap
Uraian Kegiatan



1. Tahap Awal /
Pedahuluan
1.    Membuka dengan salam dan berdoa
2.    Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.    Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan Konseling
4.    Menanayakan kesiapan kepada peserta didik





2. Tahap Inti
1.   Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.   Peserta didik mengamati slide pp yang berhubungan dengan materi layanan
3.   Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4.   Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
5.   Guru BK memberi tugas kepada masing-masing kelompok
6.   Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
7.   Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.


3. Tahap Penutup
1.    Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2.    Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapat menghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.    Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang
4.    Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam
M
Evaluasi


1.  Evaluasi Proses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2.  Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1.  Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       Uraian materi/Slide power point
2.       Lembar kerja siswa

No comments:

Post a Comment