Hadir lagi gayys...RPL sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru tak terkecuali guru BK/Konselor. RPL dibutuhkan dalam rangka membantu konselor me-manage
kegiatan belajar yang dia lakukan, baik melalui layanan klasikal maupun layanan kelompok. konselor dituntut mampu menyusun RPL yang bagus agar arah dan tujuan dari pembelajarannya dapat tercapai dengan baik. berikut ini adalah contoh RPL Bimbingan Klasikal.........
kegiatan belajar yang dia lakukan, baik melalui layanan klasikal maupun layanan kelompok. konselor dituntut mampu menyusun RPL yang bagus agar arah dan tujuan dari pembelajarannya dapat tercapai dengan baik. berikut ini adalah contoh RPL Bimbingan Klasikal.........
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A A.
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Tuhan selalu hadir di dalam hidupku
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik/konseli dapat memahami kehadiran Tuhan dalam hidupnya
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik/konseli dapat
memahami Tuhan selalu
hadir di dalam hidupku
2.
Peserta didik/konseli dapat mengenal lebih dekat tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan
YME
3.
Peserta didik/konseli dapat
meningkatkan iman dan tawqa kepada Tuhan YME
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
7...
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Mengenal Tuhan
2.
Tanda-tanda kebesaran Tuhan YME
3.
Pentingnya Iman dan Taqwa pada Tuhan YME,
|
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 45 Menit
|
J
|
Sumber
|
1. Slamet, dkk
2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 7, Yogyakarta,
Paramitra Publishing
2. Prayitno.2015. Keluhuran Iqro’ untuk Kehidupan. Padang: PT.Graha Cipta Media
3.
Triyono, Mastur, 2014, Materi
Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point Tuhan Selalu Hadir dalam Hidupku
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
Tahap
|
Uraian Kegiatan
|
|
1. Tahap Awal /
Pedahuluan
|
1.
Membuka dengan salam dan berdoa
2.
Membina hubungan baik dengan peserta didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.
Menyampaikan tujuan layanan materi Bimbingan dan
Konseling
4.
Menanayakan kesiapan kepada peserta didik
|
|
2. Tahap Inti
|
1.
Guru BK menayangkan media slide power point yang
berhubungan dengan materi layanan
2. Peserta didik
mengamati slide pp yang
berhubungan dengan materi layanan
3.
Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
4.
Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
5.
Guru BK memberi tugas kepada masing-masing
kelompok
6.
Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
7.
Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya
kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai
selesai.
|
|
3. Tahap Penutup
|
1.
Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan
yang terkait dengan materi layanan
2.
Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapat menghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.
Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan
datang
4.
Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan
salam
|
|
M
|
Evaluasi
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK atau
konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau atusias peserta didik dalam
mengikuti kegiatan
3. Cara peserta didik dalam menyampaikan
pendapat atau bertanya
4. Cara peserta didik memberikan penjelasan
dari pertanyaan guru BK
|
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi
setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1. Merasakan suasana pertemuan :
menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Topik yang dibahas : sangat penting/kurang
penting/tidak penting
3. Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau
konselor menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4. Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang
menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi/Slide power
point
2.
Lembar kerja siswa
No comments:
Post a Comment