Menyusun rpp atau perangkat pembelajaran merupakan suatu kewajiban bagi seorang guru,termasuk guru bk/konselor. rpp menjadi acuan atau ambu-rambu bagi sang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. dengan adanya rpp maka pembelajaran akan terarah dan terukur serta memiliki tujuan yang jelas sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan. berikut adalah contoh rpp bk terbaru sesuai dengan kurikulum 2013.....
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (RPLBK)
Sekolah : SMA.....................
Kelas / Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
Topik/ Materi : Menghindari Bulliying
Tugas Perkembangan : Mencapai kematangan dalam hubungan
dengan teman sebaya
Bidang Bimbingan : Bimbingan Sosial
Fungsi Bimbingan : Fungsi pemahaman dan pencegahan
Jenis Layanan : Layanan Informasi
I. STANDART KOMPETENSI :
Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat di terima dalam kehidupan yang lebih luas.
II. KOMPETENSI DASAR :
Pengaruh positif dan menghindari pengeruh negatif dan hubungan dalam kehidupan sosial yang lebih luas terhadap kegiatan belajar
III. INDIKATOR
Kognitif:
- Konten
- Menjelaskan pengertian bullying
- Menjelaskan faktor penyebab bulliying
- Menjelasan dampak dari bulliying
- Cara mengatasi bulliying
- Layanan yang digunakan untuk bulliying
- Proses:
- Mengidentifikasi contoh perilaku bulliying dalam pergaulan
- Meragakan 1 contoh perilaku bulliying dalam pergaulan
Afektif:
Perilaku Berkarakter
- Tanggung jawab,
- Peduli Sosial
Ketrampilan Sosial:
- Melakukan komunikasi meliputi, bertanya, dan berpendapat, kerjasama, menjadi pendengar yang baik tentang materi bulliying
IV. TUJUAN
Kognitif:
- Konten
- Diberi pertanyaan tentang pengertian bulliying, peserta didik dapat menjawab dengan benar
- Diberi tayangan tentang bulliying, peserta didik dapat menyebutkan 5 dampak bullying dengan lengkap
- Diajukan suatu contoh kasus, peserta didik dapat membedakan cara bergaul yang sehat dan yang tidak sehat.
- Proses:
- Diberi contoh suatu perilaku, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku bulliying dan tidak bulliying dalam pergaulan
- Diberi contoh kasus, peserta didik dapat memperagakan 1 contoh perilaku bulliying
Afektif:
- Perilaku Berkarakter
1. Terlibat dalam proses bimbingan konseling yang berpusat pada peserta didik, peserta didik dapat menunjukkan tanggung jawab, peduli sosial, minimal dinilai membuat kemajuan dengan pemahaman mengindari perilaku bulliying
- Ketrampilan Sosial:
1. Terlibat dalam proses bimbingan konseling yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat, minimal dinilai membuat kemajuan dengan pemahaman menghindari bulliying
V. TOPIK/MATERI:
Bulliying (materi terlampir)
VI. METODE :
Strategi :
1. Model Bimbingan Klasikal
2. Model Bimbingan Kelompok
Metode:
1. Presentasi
2. Diskusi, dan
3. Pemberian tugas
VII. KEGIATAN
No | Kegiatan | waktu |
1 | Pendahuluan 1. Peserta didik memberi salam, guru menjawab salam siswa 2. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa dengan khusyu’; 3. Guru menanyakan kehadiran peserta didik dengan mengabsen satu per satu, peserta didik mengangkat tangan ketika namanya dipanggil; 4. Guru berkeliling kelas menanyakan kebersihan dan kerapian kelas, peserta didik menjawab dengan baik; 5. Guru menayakan kesiapan buku tulis dan sumber belajar, peserta didik menyiapkan buku tulis; 6. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai materi pertemuan sebelumnya, peserta didik menjawab dengan tepat; 7. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai, peserta didik memperhatikan dengan seksama; 8. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran. 9. Guru menjelaskan materi dan kegiatan; pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik, peserta didik memperhatikan dengan baik; | 10 menit |
2 | Kegiatan Inti 1. Guru membagi peserta didik dalam menjadi 6 kelompok; 2. Guru menayangkan 4 tambilan bulliying, peserta didik mengamati gambar bulliying dan mencatat hal-hal yang penting atau yang ingin diketahui dalam gambar tersebut; 3. Guru memberi penjelasan singkat tentang empat gambar, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik berkaitan dengan bulliying; 4. Guru menjelaskan pengertian bullying, peserta didik memperhatikan dengan baik; 5. Guru menjelaskan faktor penyebab bulliying, peserta didik mengidentifikasi factor-faktor penyebab bulliying; 6. Peserta didik mempraktikkan bullyling, guru mengamati keterampilan perorangan; 7. Menjelasan dampak dari bulliying, peserta didik menyimak dengan baik; 8. Guru menanyakan cara menghindari bulliying, peserta didik menjawab dengan tepat; 9. Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi peserat didik yang menjawab benar cara menghindari bulliying; 10. Guru melengkapi penjelasan cara menghindari bulliying, peserta didik memperhatikan dengan baik; 11. Guru menjelaskan cara menghubungi layanan menghindari bulliying, siswa memberhatikan dan mencatat dengan baik; 12. Selama penyajian materi praktik bulliying oleh kelompok, seperti berikut ini. a) Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain; b) Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat; c) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh guru; d) Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat. e) Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain f) Guru membimbing sebagai moderator kegiatan penyajian kelompok 13. Guru memberi pertanyaan secara lisan, peserta didik menjawab dengan benar 14. Guru meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama. | 25 menit |
3 | Kegiatan Penutup ( 15 menit) 1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal. 2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan tindakan menghindari bulliying, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut. a. Apa pengertian bulliying b. Factor penyebab bulliying c. Dampak bulliying d. Bagaimana cara mencegah bulliying e. Layanan bulliying 3. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan? 4. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan 5. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya? 6. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telah kelompok. 7. Guru menjelaskan rencana pembelajaran selanjutnya dan menugaskan peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya | 10 menit |
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber :
1. Bahan bacaan : Pergaulan yang sehat
2. Kunci jawaban kasus
3. File
4. Lembar Penilaian kognitif
5. Lembar Penilaian proses
Alat :
LCD
Buku Siswa
IX. PENILAIAN
1. Pengamatan terhadap proses Layanan Bimbingan dan Konseling
a.Lembar Pengamatan Aktivitas siswa
2. Tertulis
1. Lembar Penilaian kognitif
2. Lember Penilaian proses
No comments:
Post a Comment