PANDUAN OBSERVASI PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN










 Pedoman observasi adalah suatu perangkat acuan yang wajib digunakan oleh observer dalam melakukan observasi. observasi dapat pula diartikan sebagai pengamatan baik langsung maupun tidak langsung terhadap respondennya. keberadaan pedoman observasi sangatlah penting agar pengamatan selalu terukur dan terarah kepada tujuan yang diinginkan. nah, berikut ini adalah contoh panduan pedoman observasi yang seringkali digunakan di sekolah-sekolah. observasi bisa dilakukan dimana saja, baik didalam kelas maupun diluar kelas.




PANDUAN OBSERVASI :PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN


Nama Siswa         : …………………………………                Nama Guru Penilai              : ………………………………
Kelas                      : ………………………………….                    Pengajar Mapel   : ………………...…………….
Tapel .                    : …………..    /    ……………….                      WALI KELAS                      : ………………………………

NO
 ASPEK DAN
INDIKATOR SIKAP  BERAKHLAK
NILAI PER INDIKATOR
RERATA NILAI ASPEK
4
3
2
1
0
A
1
KEDISIPLINAN :
Datang pada setiap kegiatan Sekolah sebelum waktu dimulai.






2
Mematuhi tatatertib dalam setiap kegiatan di Sekolah.





3
Tunduk kepada ketentuan yang berlaku.





4
Mengikuti kegiatan yang diadakan Sekolah sesuai dengan jadwal .





5
Mengerjakan tugas tepat waktu






B
1

KEBERSIHAN :
Menjaga penampilan rambut dengan rapih, serta tidak panjang mencapai alis mata, kerah baju dan daun telinga.






2
Memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku.





3
Selalu menjaga kebersihan gigi dan bau mulut.





4
Berpakaian bersih, rapih dan sopan secara adat dan syara’.





5
Memungut sampah dan membuang sampah pada tempat yang ditentukan.






C.
1

KESEHATAN :
Menjaga pola makan yang sehat dan teratur.






2
Tidak mengkonsumsi rokok dan minuman keras serta makanan/ minuman yang membahayakan.





3
Rajin berolah raga dan menjaga kebugaran tubuh





4
Melakukan pola hidup sehat dengan mengatur keseimbangan waktu istirahat dan aktifitas jasmani secara seimbang





5
Makan dan minum ketika perlu, berhenti sebelum kenyang dan tidak berlebihan






D.
1

TANGGUNG JAWAB :
Tidak menghindari tanggungjawab sebagai siswa dengan cara menarik diri dari kegiatan yang positif.






2
Mengerjakan tugas-tugas sekolah, atau tugas lain yang diberikan oleh guru.





3
Mengerjakan tugas piket kelas dan piket lain yang diterimanya.





4
Menjalankan semua tugas dan tanggungjawab yang melekat pada jabatannya.





5
Turut menjaga dan merawat fasilitas Sekolah






E.
1

SOPAN SANTUN :
Menghargai dan bersikap hormat kepada warga Sekolah.






2
Tidak berkata kotor, kasar atau bohong kepada warga Sekolah.





3
Tidak mendahului ataupun berjalan di depan guru.





4
Tidak memandang mata atau melotot kepada guru.





5
Melakuan senyum, salam dan sapa kepada semua warga Sekolah.






F.
1

PERCAYA DIRI :
Berani mengajukan pertanyaan , pendapat, argument dan saran/kritikan.






2
Gigih dalam mempertahankan argument yang diyakininya benar.





3
Mengandalkan kemampuan diri dari pada bantuan orang lain.





4
Menghindari minta tolong/ bantuan orang lain.





5
Berani tampil beda dalam hal yang diyakini benar dan bermanfaat.






G.
1

KOMPETITIF:
Menampakakan sikap bersaing tanpa merendahkan orang laian.






2
Menunjukkan sikap ingin tahu yang besar.





3
Menunjukan sikap ingin menjadi yang terbaik dari yang baik.





4
Melakuklan segala hal dengan cara yang terbaik dan bermutu





5
Mempengaruhi orang lain untuk lebih maju.






H.
1

HUBUNGAN SOSIAL:
Menghindari membuat masalah dengan teman.






2
Membantu teman sebelum diminta.





3
Dapat bekerja sama dengan teman dalam melakukan tugas bersama.





4
Toleransi terhadap teman, dan tidak mudah menyalahkan .





5
Dapat merasakan penderitaan dan kebahagiaan teman serta mengekspresikan sesuai konteksnya.






I.
1

KEJUJURAN :
Menyampaikan informasi apa adanya , tanpa menambah dan mengurangi dan tidak berbohong






2
Tidak menyonyek dalam ulangan.





3
Melakukan penilian diri / antar teman secara obyektif / apa adanya.





4
Tidak berbuat curang dalam permainan





5
Sportif ( mengakui keberhasilan orang lain dan bisa menerima kekalahan dengan lapang dada).






J.
1

PELAKSANAAN IBADAH RITUAL :
Melaksanakan shalat berjamaah.






2
Melakauakan puasa pada bulan Ramadhan.





3
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar





4
Membaca basmalah ketika akan melakukan hal kebaikan, dan mengakhirinya dengan bacaan hamdalah





5
Menjaga shalat lima waktu






Keterangan :
  1. Penialaian masing-masing indikator dengan angka sebagai berikut :
    • Angka 4  : Jika selalu melaksanakan indikator.
    • Angka 3  : Jika sering melaksanakan indicator.
    • Angka 2  : Jika kadang-kadang melaksanakan indikator.
    • Angka 1  : Jika jarang melaksanakan indikator pada
    • Angka 0  : Jika  tidak pernah melaksanakan indikator.
  2. Pada kolom rerata diisi dengan jumlah nilai masing-masing indikator dibagi 5 (jumlah indikator),
  3. Selanjutnya nilai rerata masing-masing aspek dimasukkan pada daftar rekapitulasi nilai (format :2)


No comments:

Post a Comment