Didalam upaya mendalami permasalahan siswa terutama di sekolah, konselor dituntut mampu menghimpun data-data klien secara komprehensif. data-data yang terkait dengan permasalahan siswa wajib diketahui oleh seorang konselor profesional. himpunan data dapat dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. salah satu yang paling sering digunakan konselor adalah teknik wawancara.teknik ini terdiri dari wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. berikut ini adalah contoh format pedoman wawancara tidak terstruktur yang bisa digunakan konselor di dalam upaya menghimpun data kliennya.
PEDOMAN WAWANCARA TIDAK TERSTRUKTUR
UNTUK ASESMEN SISWA
Nama : ……………………………………..L/P
Tempat, tanggal lahir : …...…………………...
Pendidikan : ……………………………………
Wawancara ke : ….……………………………
Permasalahan : Tidak menyukai studi lanjutan di PTN
No. | Pokok-pokok Pertanyaan | Jawaban |
1. | Kronologis siswa memilih studi lanjutan di PTN | |
2. | Harapan orang tua terhadap siswa | |
3. | Upaya yang sudah dilakukan siswa | |
4. | Prestasi belajar yang dicapai di SMA | |
5. | Keinginan dan harapan siswa terhadap masa depannya | |
6. | Dan seterusnya … |
Kesimpulan wawancara :
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
Surabaya, ......................
Pewawancara,
No comments:
Post a Comment