RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
A.
|
Komponen
Layanan
|
Layanan Dasar
|
B.
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C.
|
Topik Layanan
|
Selamat
Berhasil
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E.
|
Tujuan Umum
|
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan
melanjutkan pelajaran dan atau mempersiapkan karier serta berperan dalam
kehidupan masyarakat (kematangan intelektual)
|
F.
|
Tujuan Khusus
|
Memiliki
keterampilan belajar yang efektif
|
G.
|
Sasaran
Layanan
|
Siswa kelas XI
|
H.
|
Materi Layanan
|
Cara
berprestasi dan mendapat nilai yang bagus
|
I.
|
Waktu
|
1 jam
pelajaran
|
J.
|
Sumber
|
Buku modul BK
Kelas XI
|
K.
|
Metode/teknik
|
Diskusi, tanya
jawab
|
L.
|
Media/ alat
|
Menyesuaikan
|
M.
|
Pelaksanaan
|
|
1. Tahap
awal
|
||
a. Pernyataan
tujuan
|
Ø Menyapa pesertadidik
dengan kalimat
yang membuat siswa bersemangat.
Ø IceBreaking/ games sederhana.
Ø Menyampaikan tentang tujuan
tujuan khusus yang
akan dicapai
|
|
b. Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
Ø Menjelaskan langkah-langkah
kegiatan,
tugas dan tanggung jawab pesertadidik.
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan(konsolidasi)
|
Ø Memberikan penjelasan
tentang topik yang akan dibicarakan
|
|
d. Tahap Peralihan
|
Ø Menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kgeiatan, dan
memulai ke tahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
||
a. Kegiatan peserta didik
|
Ø Peserta
didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah
dan
tugas serta tangggung
jawab
yang telah
dijelaskan.
|
|
b.
Kegiatanguru Bimbingan dan Konseling atau
konselor
|
Ø Memberikan materi yang
telah disiapkan
|
|
3. Tahap Penutup
|
Ø Memberikan penguatan
Ø Merencanakan tindak lanjut
|
|
N.
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
Guru Bimbingan
dan Konseling atau Konselor
Melakukan
evaluasi dengan memperhatikan proses
yang terjadi:
Ø Mengadakanrefleksi
Ø Sikap peserta
didik dalam
mengikuti
kegiatan: (contoh
:semangat/kurangsemangat/ tidak semangat)
Ø Cara
peserta didik menyampaikan
pendapat
atau bertanya:sesuai dengan
topik/kurang sesuai dengan topik/tidak
sesuai dengan topik
Ø Cara
peserta didik memberikan
penjelasan terhadap
pertanyaan Guru
Bimbingan dan Konseling
atau konselor :mudah dipahami/tidak
mudah/sulit dipahami
|
|
2.
Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan
klasikal, antaralain:
Ø
Merasakan suasana
pertemuan: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak
menyenangkan
Ø
Topikyang dibahas:sangatpenting/kurangpenting/tidak penting
Ø Cara
Guru Bimbingan dan Konseling atau
konselor menyampaikan:
mudah dipahami/tidak mudah/ sulit dipahami
Ø Kegiatan
yang diikuti: menarik/kurang menarik/tidak
menarik untuk diikuti
|
No comments:
Post a Comment