RPL BIMBINGAN KLASIKAL SMA



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018



A.     
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B.      
Bidang Layanan
Belajar
C.     
Topik Layanan
Selamat Berhasil
D.     
Fungsi Layanan
Pemahaman
E.      
Tujuan Umum
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat (kematangan intelektual)
F.      
Tujuan Khusus
Memiliki keterampilan belajar yang efektif
G.     
Sasaran Layanan
Siswa kelas XI
H.     
Materi Layanan
Cara berprestasi dan mendapat nilai yang bagus
I.        
Waktu
1 jam pelajaran
J.       
Sumber
Buku modul BK Kelas XI
K.     
Metode/teknik
Diskusi, tanya jawab
L.      
Media/ alat
Menyesuaikan
M.    
Pelaksanaan

1.      Tahap awal

a.       Pernyataan tujuan
Ø  Menyapa pesertadidik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat.
Ø  IceBreaking/ games sederhana.
Ø  Menyampaikan tentang tujuan tujuan khusus yang akan dicapai

b.      Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Ø  Menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab pesertadidik.

c.       Mengarahkan kegiatan(konsolidasi)
Ø  Memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan

d.      Tahap Peralihan
Ø  Menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kgeiatan, dan memulai ke tahap inti

2.      Tahap Inti


a.       Kegiatan peserta didik
Ø  Peserta didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan.

b.      Kegiatanguru Bimbingan dan Konseling atau konselor
Ø  Memberikan materi yang telah disiapkan

3.      Tahap Penutup
Ø  Memberikan penguatan
Ø  Merencanakan tindak lanjut
N.     
Evaluasi


1.      Evaluasi Proses
Guru   Bimbingan   dan   Konseling   atau   Konselor
Melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
Ø  Mengadakanrefleksi
Ø  Sikap  peserta   didik  dalam  mengikuti  kegiatan: (contoh :semangat/kurangsemangat/ tidak semangat)
Ø  Cara peserta didik menyampaikan pendapat   atau bertanya:sesuai dengan topik/kurang sesuai dengan topik/tidak sesuai dengan topik
Ø  Cara peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor :mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami

2.      Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antaralain:
Ø  Merasakan   suasana   pertemuan: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
Ø  Topikyang dibahas:sangatpenting/kurangpenting/tidak penting
Ø  Cara Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor menyampaikan: mudah dipahami/tidak mudah/ sulit dipahami
Ø  Kegiatan yang diikuti: menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

No comments:

Post a Comment