PEDOMAN WAWANCARA:Pedoman Wawancara Terstruktur Untuk Asesmen Siswa


Dalam upaya mendalami permasalahan siswa terutama di sekolah, konselor dituntut mampu menghimpun data-data klien secara komprehensif.  himpunan data dapat dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. salah satu yang paling sering digunakan konselor adalah teknik wawancara.teknik ini terdiri dari wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. berikut ini adalah contoh format pedoman wawancara terstruktur yang bisa digunakan di sekolah.





PEDOMAN WAWANCARA
         Pedoman Wawancara Terstruktur
       Untuk Asesmen Siswa

Nama                          : …………………………… L/P
Kelas                           : ………...…………………….
Wawancara ke           : ………………………………
Tempat                       : ………………………………
Masalah                      : Hubungan dalam keluarga yang kurang harmonis
Tujuan                        : Mendapatkan informasi tentang kehidupan siswa siswa di
  rumah
No
Pokok Pertanyaan
Butir Pertanyaan
Jawaban
1.
Jumlah anggota keluarga dan status dalam keluarga
1.      Berapa orang tinggal di dalam rumah Anda ?

2.      Siapa saja mereka ?
3.      Bagaimana status hubungannya dalam keluarga termasuk status siswa dalam keluarga.
4.      Dan lain-lain

2.
Latar belakang sosial ekonomi keluarga
1.      Apakah kedua orang tua Anda bekerja ?

2.      Dimana ayah Anda bekerja ?
3.      Dimana ibu Anda bekerja ?
4.      Siapa saja anggota keluarga yang bekerja ?

5.      Dimana mereka bekerja ?
6.      Dimana alamat Anda tinggal ?
7.      Apakah rumah yang ditempati keluarga  milik sendiri ?
8.      Bila kontrak/ sewa, berapa biaya kontrak 1 tahun ?
9.      Siapa yang menanggung biaya kontrak/sewa rumah ?

10.  Apakah keluarga anda memiliki kendaraan pribadi ?

11.  Apa jenis kendaraan tersebut ?
12.   Dan lain- lain

3.
Pengaturan pembagian tugas rumah tangga dalam keluarga
1.      Apakah keluarga Anda mempunyai pembantu rumah tangga ?
2.      Berapa orang ?
3.      Kalau tidak mempunyai PRT, bagaimana pengaturan pembagian tugas rumah tangga?

4.      Anda mendapat tugas/tanggung jawab apa ?
5.      Apakah semua anggota keluarga mendapatkan tugas ?
6.      Menurut Anda siapa yang paling banyak mendapatkan tugas ?

7.      Anda mendapat tugas apa ?
8.      Dan lain-lain

4.
Pengaturan waktu siswa di rumah
1.      Bagaimana anda mengatur waktu agar dapat mengerjakan semua tugas tersebut ?

2.      Bagaimana perasaan anda ketika mengerjakan tugas –tugas itu ?
3.      Apakah ada yang membantu Anda menyelesaikan tugas itu ? Siapa ?

4.      Kapan Anda belajar?  Berapa lama ?
5.      Dan lain-lain


5.
Sikap orang tua terhadap siswa
1.      Bagaimana sikap orang tua anda melihat anda bekerja ?
2.      Pernahkah mereka melarang anda bekerja ?
3.      Pernahkah mereka mengingatkan waktu belajar Anda?
4.      Dan lain-lain

6.
Cara belajar siswa di rumah


7.
Hubungan sosial antara anggota keluarga


8.
Dll.


Kesimpulan wawancara :
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................
………………………………………………………...........................................................................................................

jakarta, ...................
konselor,
















No comments:

Post a Comment