BAB I
TUHANKU DAN TUHANMU
Standar Kompetensi / Tugas Perkembangan | Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. |
Kompetensi Dasar | Siswa mendalami agama yang dianutnya dan dapat hidup bersama dengan umat agama lain. |
Indikator | · Memahami agama dan imannya lebih mendalam. · Memahami makna ibadah kepada Tuhan · Mengenal peristiwa-peristiwa spiritual keagamaan · Memahami pentingnya dialog antar agama · Memahami pentingnya kerjasama antaragama |
Bidang / Fungsi Bimbingan | Pribadi/ Pemahaman dan Pemeliharaan |
A. Remaja Dan Agama
Definisi agama menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ajaran/ sistem yang mengatur tat keimanan (kepercayaan) dan Peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia serta lingkungan.
Proses terbentuknya seseorang menjadi orang yang beriman dan beragama tidaklah mudah. Menurut Antonius Atosokhi Gea dalam Character Building III, iman terbentuk melalui 2 proses. Adapun kedua proses tersebut adalah sebagai berikut :
1. Timbulnya rasa cinta pada Tuhan
Rasa cinta kepada Tuhan dapat ditimbulkan melalui hal-hal berikut :
a. Mengenal Tuhan
b. Mengembangkan dan mendalami ilmu tentang Tuhan
c. Mengatasi tantangan dengan beribadah kepada Tuhan
2. Berkembangnya rasa cinta kepada Tuhan
a. Menjadikan cinta kepada Tuhan sebagai prioritas utama
b. Membuktikan cinta kepada Tuhan melalui perbuatan
Self Evaluation (Kegiatan Evaluasi Diri Sendiri)
1. Apa saja yang membuat kecintaanmu kepada Tuhan semakin bertambah/ berkurang?
2. Bagaimana kamu menyikapi hal itu?
3. Apa saja wujud nyata dari penerapan iman yang kau miliki dalam kehidupan sehari-hari?
4. Apa saja yang kamu lakukan untuk menghidupkan dan meningkatkan keimananmu?
Lembar Kerja Siswa
Tujuan : Mengajak siswa untuk menumbuhkan dan menguatkan cinta
kepada Tuhan
Deskripsi Kegiatan :
- Tuliskan pengalaman yang menunjukkan keberhasilanmu dalam melalui suatu kesulitan/ hambatan!
- Jelaskan bagaimana peran Tuhan dalam kejadian tersebut! Temukan bagaimana cinta Tuhan kepadamu!
- Setelah selesai, ceritakan pengalaman tersebut kepada teman sebangkumu! Berikan komentar yang menguatkan pentingnya peran Tuhan dalam kehidupan keseharianmu!
B. Makna Ibadah Kepada Tuhan
Salah satu wujud penerapan iman kita adalah dengan beribadah pada Tuhan. Ibadah yang benar adalah ibadah yang dilakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Tuhan dan dilakukan dengan penuh keikhlasan semata-mata untuk mencari ridho-Nya.
Beberapa makna ibadah yang kita lakukan pada Tuhan antara lain :
1. Sebagai bentuk ketundukan kepada Tuhan
2. Sebagai wujud cinta pada Tuhan
3. Sebagai bentuk komunikasi dan penghargaan pada Tuhan
C. Peristiwa-peristiwa Spiritual Keagamaan
Menurut Antonius Atosokhi Gea, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menyikapi peristiwa-peristiwa spiritual keagamaan. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Meyesuaikan sudut pandang dan perasaan dengan penganut agama lainnya.
2. Menghormati peristiwa spiritual agama lain.
3. Menghadapi setiap perbedaan dengan cara yang bijak.
4. Mengutamakan hal yang lebih penting.
Self Evaluation
1. Apa makna ibadah yang kamu pahami?
……………………………………………………………………………………………
2. Bagaimana penghayatanmu terhadap ibadah yang kamu lakukan?
……………………………………………………………………………………………
3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu melakukan ibadah?
……………………………………………………………………………………………
4. Apa harapanmu terhadap ibadah yang kamu lakukan?
……………………………………………………………………………………………
5. Bagaimana cara untuk mencapai harapanmu tersebut?
……………………………………………………………………………………………
Activity (Lembar Kerja Siswa)
Tujuan : Mengenal makna ibadah yang dilakukan
Waktu : 30 menit
Deskripsi Kegiatan
- Buatlah kelompok bersama 3 orang temanmu! Diantara ibadah yang kamu lakukan, tentukan ibadah yang ingin kamu pahami secara lebih mendalam?
- Kemudian carilah dan bacalah tulisan mengenai makna dan tujuan ibadah tersebut! Contoh : Makna dan tujuan berdoa.
- Ceritakan makna ibadah tersebut kepada teman dikelompokmu! Sertakan juga pengalaman dan perasaanmu dalam menjalankan ibadah tersebut!
D. Dialog Antar Agama
Dialog antar agama dan inter agama merupakan hal yang perlu dikembangkan karena kita hidup dalam kemajemukan beragama. Dialog merupakan pembicaraan langsung antar orang-orang yang mempunyai pandangan berbeda tentang sesuatu hal, dengan maksud untuk saling bertukar informasi, sehingga dicapai saling pengertian.
Dialog antar agama adalah pembicaraan langsung diantara orang yang berbeda agamanya. Sedangkan dialog inter agama adalah pembicaraan langsung diantara pemeluk agama yang sama namun berbeda dalam pemahaman dan penghayatannya terhadap agama tersebut.
Untuk mewujudkan kedamaian dan kesejukan dalam hidup beragama, sehingga dapat mengenal dengan baik kebudayaan dan kebiasaan satu sama lain, dapat terbangun hubungan yang lebih teloran serta berguna untuk membina persatuan dan memperdalam, memurnikan keyakinan kita sendiri.
E. Kerjasama Antar Umat Beragama
Kerja sama merupakan hubungan yang dinilai paling berhasil dalam suatu kemajemukan. Kerja sama harus dilakukan untuk menghasilkan pembaruan yang diinginkan. Selain itu, kerja sama juga dapat memperkuat/ memberdayakan orang/ kelompok lain yang belum terlibat serta masalah-masalah akibat perbedaan dan etnis, agama dan budaya dapat diatasi.
Beberapa bidang kerjasama antar umat beragama antara lain sebagai berikut :
1. Penegak keadilan.
2. Perbaikan taraf hidup (ekonomi).
3. Perbaikan akhlak.
Self Evaluation
1. Apa peran agama dalam kehidupanmu ?
…………………………………………………………………………………………………
2. Sejauh mana peran itu kamu lakukan dalam hidupmu?
………………………………………………………………………………………………
3. Menurutmu, apakah agama lebih sebagai pembebas dari pada sebagai pengekang hidupmu?
Atau sebaliknya? Sebutkan alasannya!
…………………………………………………………………………………………………
4. Menurutmu apa saja yang kamu kuasai tentang agama dan adakah penghayatanmu terhadap agama yang saat itu perlu diperbaiki?
………………………………………………………………………………………………….
Activity (Lembar Kerja Siswa)
Tujuan : Menumbuhkan rasa saling menghargai.
Menumbuhkan kesadaran untuk bersikap pro aktif dalam bekerja.
Alat yang dibutuhkan :
Karton, kertas warna warni, pulpen, spidol warna warni, pensil warna
dan lain-lain tergantung kreatifitas.
Waktu : 10 menit (penjelasan dan pemilihan anggota kelompok), batas waktu
pembuatan kliping ditentukan oleh guru yang mengajar.
Deskripsi Kegiatan
- Buatlah sebuah kelompok yang terdiri atas 5 orang!
- Masing-masing kelompok membuat sebuah kliping yang berisi tentang seluruh agama yang ada di Indonesia.
- Hiasi kliping sekreatif mungkin!
- Didalam kliping tersebut cantumkanlah data-data pendukung mengenai inti dari masing-masing ajaran agama, ritual ibadahnya, hari-hari rayanya dan lain-lain.
- Setelah kliping selesai, presentasikanlah di depan kelas
No comments:
Post a Comment