Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......
BIMBINGAN
KLASIKAL
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
|
B
|
Bidang Layanan
|
Sosial
|
|
C
|
Topik / Tema
Layanan
|
Problem solving remaja
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
|
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta
didik/konseli dapat memahami dan menerima peran sosial pria dan wanita dengan
norma yang ada di masyarakat serta berprilaku sebagai pria dan wanita sesuai
dengan norma masyarakat
|
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta didik/konseli dapat memahami pengertian problem solving
2.
Peserta didik/konseli dapat memahami cara mensikapi masalah
3.
Peserta didik/konseli dapat memahami langkah-langkah dalam
penyelesaian masalah
|
|
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
11
|
|
H
|
Materi Layanan
|
1.
Pengertian problem solving
2.
Cara mensikapi masalah
3.
Langkah-langkah dalam penyelesaian masalah
|
|
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 45 Menit
|
|
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk
2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas 11,
Yogyakarta, Paramitra Publishing
2. Triyono,
Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal
Bimbingan dan Konseling bidang sosial,
Yogyakarta, Paramitra
3. Hutagalung, Ronal.
2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
4. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta:
Paramitra
|
|
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya
jawab
|
|
L
|
Media
/ Alat
|
LCD, Power
Point , Problem solving
|
|
M
|
Pelaksanaan
|
||
1. Tahap Awal /Pedahuluan
|
|||
a. Pernyataan Tujuan
|
1. Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2. Membina hubungan baik dengan peserta
didik
(menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3. Menyampaikan tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
|
||
b. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
1.
Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta
didik
2.
Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan
kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
|
||
c. Mengarahkan kegiatan
(konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan
dibicarakan
|
||
d. Tahap peralihan
( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
||
2. Tahap Inti
|
|||
a.
Kegiatan
peserta didik
|
1. Mengamati
tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2. Melakukan
Brainstorming/curah
pendapat
3. Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.
Setiap kelompok mempresetasikan
tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian
sampai selesai.
|
||
b.
Kegiatan
Guru BK/Konselor
|
1.
Menayangkan media
slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.
Mengajak peserta didik untuk
brainstorming/curah pendapat
3.
Membagi kelas menjadi beberapa
kelompok (6 kelompok)
4.
Memberi tugas (untuk diskusi
kelompok)
5.
Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.
Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.
Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan
|
||
3. Tahap Penutup
|
1.
Peserta didik menyimpulkan hasil
kegiatan
2.
Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan
kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara
lisan
3.
Guru
BK memberi penguatan dan rencana tindak
lanjut
4.
Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
|
||
N
|
Evaluasi
|
||
1. Evaluasi Proses
|
Guru BK
atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan di
kertas yang sudah
disiapkan.
2. Mengamati sikap atau atusias peserta didik
dalam mengikuti kegiatan
3. Mengamati cara
peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4. Mengamati cara peserta didik dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru BK
|
||
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi dengan
instrumen yang sudah disiapkan, antara lain :
1. Evaluasi tentang suasana pertemuan dengan
instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2. Evaluasi terhadap topik
yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3. Evaluasi terhadap cara Guru
BK dalam menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit
dipahami
4. Evaluasi terhadap kegiatan
yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Uraian materi
2.
Lembar kerja siswa
3. Instrumen penilaian
No comments:
Post a Comment