PEDOMAN OBSERVASI KONSELING INDIVIDUAL

Salah satu bentuk layanan bimbingan dan konseling adalah memberikan layanan klasikal dan juga kelompok. layanan ini mirip sekali dengan kegiatan pembelajaran oleh guru mapel, hanya saja materi dan teknik yang digunakan yang tentu banyak berbeda. 

Pada saat memberikan layanan klasikal maupun kelompok, guru bk/konselor wajib memantau atau mengobservasi keadaan kelasnya, terutama siswa yang menjadi sasaran layanannya. observasi ini penting guna mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pemberian layanan. 

Kegiatan observasi juga wajib memiliki pedoman yang jelas agar tidak terkesan ngawur. konselor dapat mempergunakan pedoman yang sudah disusun oleh para akademisi maupun menyusun sendiri pedomannya jika dia memiliki kemampuan dan keahlian.


Berikut ini adalah contoh pedoman observasi klasikal dan kelompok yang dapat dipergunakan. 

Simak selanjutnya..........!!!!!!!



PEDOMAN OBSERVASI  KONSELING INDIVIDUAL
            SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018-2019



IDENTITAS              :
Nama Konseli             : …………………………………………………………………….
Kelas                           : …………………………………………………………………….
PETUNJUK              :
Beri tanda centang (√) pada kolom skor sesuai dengan hasil penilaian anda :

No.

PERNYATAAN

       SKOR
1
2
3
4
1.
Konseli aktif mengikuti proses konseling




2.
Konseli mengungkapkan permasalahan dengan terbuka




3.
Konseli menemukan penyebab masalah




4.
Konseli mampu menemukan alternative pemecahan masalah




5.
Konseli mampu merencanakan langkah pelaksanaan hasil konseling




6.
Konseli bersedia diajak konseling lanjutan




7.
Layanan terselenggara dengan menyenangkan




8.
Layanan sesuai alokasi waktu





Total Skor  = ……………………….




Keterangan:
1.      Skor minimal yang dicapai adalah 1 x 6 = 6, dan skor tertinggi adalah 4 x 6 = 24
2.      Kategori hasil :                                                           
3.      Skor  4                 = Sangat Baik         =  21 - 24
Skor  3                 = Baik                     =  17 - 20
Skor  2                 = Cukup Baik          =  13 - 16
Skor  1                 = Kurang Baik        =  ……12

No comments:

Post a Comment