Pada saat memberikan layanan klasikal maupun kelompok, guru bk/konselor wajib memantau atau mengobservasi keadaan kelasnya, terutama siswa yang menjadi sasaran layanannya. observasi ini penting guna mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pemberian layanan.
Kegiatan observasi juga wajib memiliki pedoman yang jelas agar tidak terkesan ngawur. konselor dapat mempergunakan pedoman yang sudah disusun oleh para akademisi maupun menyusun sendiri pedomannya jika dia memiliki kemampuan dan keahlian.
Berikut ini adalah contoh pedoman observasi klasikal dan kelompok yang dapat dipergunakan.
Simak selanjutnya..........!!!!!!!
PEDOMAN OBSERVASI KONSELING INDIVIDUAL
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN
2018-2019
IDENTITAS :
Nama
Konseli :
…………………………………………………………………….
Kelas :
…………………………………………………………………….
PETUNJUK :
Beri
tanda centang (√) pada kolom skor sesuai dengan hasil penilaian anda :
No.
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Konseli aktif mengikuti
proses konseling
|
|
|
|
|
2.
|
Konseli mengungkapkan permasalahan dengan terbuka
|
|
|
|
|
3.
|
Konseli menemukan penyebab masalah
|
|
|
|
|
4.
|
Konseli mampu menemukan alternative pemecahan masalah
|
|
|
|
|
5.
|
Konseli mampu merencanakan langkah pelaksanaan hasil konseling
|
|
|
|
|
6.
|
Konseli bersedia diajak konseling lanjutan
|
|
|
|
|
7.
|
Layanan terselenggara
dengan menyenangkan
|
|
|
|
|
8.
|
Layanan sesuai
alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
Total Skor = ……………………….
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor
minimal yang dicapai adalah 1 x 6 = 6, dan skor tertinggi adalah 4 x 6 = 24
2.
Kategori
hasil :
3.
Skor 4 = Sangat Baik = 21 - 24
Skor
3 = Baik = 17 - 20
Skor
2 = Cukup Baik = 13 - 16
Skor
1
= Kurang Baik =
……12
No comments:
Post a Comment