DESKRIPSI LAPORAN
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. NAMA KEGIATAN:
Workshop Implementasi Pelaksanaan
Kurikulum 2013 (K-13)
B. WAKTU PELAKSANAAN:
12-15
Oktober 2016
C. TEMPAT:
UPT SMAN 1 Sapeken – Kabupaten Sumenep
D. DASAR HUKUM
1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. PP No.19 tentang Standar Nasional
Pendidikan.
3. Permendiknas No. 23 tentang Standar
Kompetensi Lulusan.
4. Permendiknas No. 41 tentang Standar
Proses.
5. Permendiknas No. 20 tentang Standar
Penilaian.
E. TUJUAN :
Kegiatan ini bertujuan:
1. Meningkatkan mutu pembelajaran,untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran.
2. Mengetahui, mengidentifikasi,dan
mendeskripsikan manfaat hasil-hasil kegiatan mata pelajaran bagi peningkatan
mutu guru, proses pembelajaran dan mutu siswa atau hasil belajar siswa.
3.
Memahami
Implementasi Kurikulum 2013
F. MANFAAT KEGIATAN
1. Menambah inisiatif dan kreatifitas
guru.
2. Meningkatkan profesionalisme guru
3. Memperbaiki kinerja guru.
G. MATERI WORKSHOP
1. Materi
Umum
a. Kebijakan dan Dinamika
Perkembangan Kurikulum
b. Gerakan Penumbuhan
Budi Pekerti Dan Sekolah Aman
c. Peran Keluarga Dalam Pembelajaran Siswa
d. Penguatan Literasi
Dalam Pembelajaran
e. Kompetensi Materi
Pembelajaran Dan Penilaian
f. Pembelajaran Aktif
g. Pendampingan Berbasis Sekolah
2. Materi
Pokok
a. Analisis Kompetensi, Materi,Pembelajaran
dan Penilaian
b. Perancangan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
c. Praktek Pembelajaran dan Penilaian
d. Praktek Pengolah dan Pelaporan Penilaian
Hasil Belajar
3. Materi
Penunjang
a. Tes
Awal
b. Pembukaan
: Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan
c. Tes
Akhir
d. Penutupan
: Review dan Evaluasi Pelatihan dan Pendampingan
Secara rinci
disajikan dalam tabel berikut:
No
|
Materi
|
Alokasi Waktu JP
|
A
|
Materi
Umum
|
16
|
1.1
|
Kebijakan dan Dinamika
Perkembangan Kurikulum
|
2
|
1.2
|
Gerakan Penumbuhan Budi
Pekerti Dan Sekolah Aman
|
3
|
1.3
|
Peran Keluarga Dalam Pembelajaran
Siswa
|
2
|
1.4
|
Penguatan Literasi Dalam
Pembelajaran
|
2
|
1.5
|
Kompetensi Materi
Pembelajaran Dan Penilaian
|
3
|
1.6
|
Pembelajaran Aktif
|
2
|
1.7
|
Pendampingan Berbasis
Sekolah
|
2
|
B
|
Materi
Pokok
|
32
|
2.1
|
Analisis Kompetensi,
Materi,Pembelajaran dan Penilaian
|
|
|
a.
Analisis
Dokumen, SKIKI-KD dan Pedoman Mata Pelajaran
|
3
|
|
b.
Analisis Materi
Dalam Buku Pembelajaran
|
3
|
|
c.
Analisis
penerapan model pembelajaran
|
3
|
|
d.
Analisis
penilaian hasil belajar
|
3
|
2.2
|
Perancangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
|
6
|
2.3
|
Praktek Pembelajaran dan
Penilaian
|
|
|
a.
Praktek
Pembelajaran dan Penilaian
|
8
|
|
b.
Review Hasil
Praktek
|
2
|
2.4
|
Praktek Pengolah dan
Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
|
4
|
C
|
Materi
Penunjang
|
4
|
3.1
|
Tes Awal
|
1
|
3.2
|
Pembukaan : Kebijakan
Peningkatan Mutu Pendidikan
|
1
|
3.3
|
Tes Akhir
|
1
|
3.4
|
Penutupan : Review dan
Evaluasi Pelatihan dan Pendampingan
|
1
|
|
JUMLAH
|
52JP
|
H. TINDAK LANJUT
1. Terselenggaranya
kegiatan pembinaan kompetensi lanjutan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep.
2. Terbentuknya
kelompok-kelompok pengembangan profesi sebagai wadah pembinaan profesi di
masing-masing kabupaten/kota, baik secara mandiri maupun terintegrasi dengan
organisasi profesi yang sudah ada.
G. DAMPAK
Dampak dari
kegiatan ini terhadap peningkatan kompetensi peserta selaku pendidik antara
lain sebagai berikut.
1. Secara
umum workshop ini berdampak
pada meningkatnya kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, khususnya
kompetensi pedagogik dan kompetensi professional.
2. Secara
khusus workshop ini berdampak
pada meningkatnya pemahaman peserta tentang Kurikulum 2013 dan peserta bisa
membagikan pemahaman itu kepada pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan
bekerja.
H. PENUTUP
Demikian laporan
ini kami buat sebagai wujud pertanggungjawaban kami atas tugas yang diberikan.
Mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih atas semua
dukungan. Semoga bermanfaat.
...................., 17 Oktober 2016
Dilaporkan kepada
Yang Diberi Tugas,
Kepala SMAN 1 ..........
.......................................... ............................................
......................................... .................................................
No comments:
Post a Comment