Hobi Dan Kesukaanku
Hobi adalah
kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenagkan pikiran
seseorang. Kata hobi merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris “hobby”
Tujuan hobi adalah untuk memenuhi
keinginan dan mendapatkan kesenangan. Terdapat berbagai macam jenis hobi
seperti mengumpulkan sesuatu (koleksi, membuat, memperbaiki, bermain dan
pendidikan dewasa
Contoh jenis-jenis dari hobi antara
lain: filateli, fotografi, kaligrafi, melukis, menjahit, origami, otomatif.
Peserta didik
mempunyai latar belakang keluarga yang bervariasi. Ada beberapa sumber variasi
yang cukup berperan besar yaitu etnis,-budaya-bahasa-agama, dan status sosial
ekonomi. Kebhinekaan Indonesia tak dapat
disangkal lagi. Selalu ada kemungkinan pertemuan antar ethnis diruang kelas.
Ethnis budaya membawa kemajemukan tata perilaku akibat pengaruh dari
kebudayaan. Status sosial ekonomi orang tua ditinjau dari penghasilan,
pekerjaan, dan latar belakang pendidikan. Hal seperti inilah yang mempengaruhi
hobi/kesukaan terhadap sesuatu dari peserta didik.
Peran guru
adalah mengenali apa nilai yang paling penting bagi peserta didik dan
menggunakannya untuk memperlancar kegiatan pembelajaran. Untuk mengenali
kepribadian peserta didik, guru perlu mengamati, bergaul, dan bertanya pada
mereka. Catatan penting dalam aspek ini adalah guru semestinya mau menerima,
mendengar, dan menghargai apa yang menjadi minat, hal yang dirasakan, apa yang disukai dan apa
yang dipandang penting oleh peserta didik.
Jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah yang
terdiri atas Sekolah Dasar
(SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan
Sekolah Lanjutan Tingkat
Atas (SLTA) merupakan fundamental atau bisa disebut
sebagai pondasi dalam
bidang pendidikan. Pada jenjang tersebut, pemerintah
dalam hal ini
Kementerian Pendidikan atau apapun namanya telah mengutak-atik
beragam
kurikulum yang diperuntukkan pada jenjang tersebut. Dengan tujuan
utama,
untuk mencetak anak didik yang memiliki kepintaran intelegensi (IQ),
kepintaran emosional (EQ), dan kepintaran spiritual
No comments:
Post a Comment