Bagi seorang konselor kelengkapan administrasi dan instrumentasi bk adalah sebuah keniscayaan. konselor profesional tentu wajib menguasai segala sesuatu tentang kegiatan instrumentasi mulai dari penyusunan, pelaksanaan, pengolahan data, sampai menggunakan data tersebut untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling. diantara sekian banyak kegiatan administrasi bk yaitu penyusunan angket kebutuhan peserta didik. angket ini disusun guna menyaring data-data kebutuhan layanan bk setahun kedepannya.
setelah angket ini disebarkan dan mendapatkan kesimpulan data maka konselor akan menyusun program layanan tahunan, semester,bulanan dan hariannya berdasarkan hasil kesimpulan angket.
ANGKET KEBUTUHAN PESERTA DIDIK (AKPD)
PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Ajaran 20../20..
No. | Aspek | Pilihan | |
Ya | Tidak | ||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. | Anda pernah ke ruangan Bimbingan Konseling (BK)? Tahukah Anda dimana letak ruang Bimbingan Konseling (BK)? Apakah ada jam masuk kelas untuk Bimbingan Konseling (BK)? Pengenalan tentang sekolah Anda harapkan diberikan oleh: a. Konselor b. Kepala Sekolah c. Guru bidang studi d. Wali kelas e. OSIS f. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan g. Lainnya Materi yang Anda harapkan diperoleh dari pengenalan sekolah: a. Tata Tertib Sekolah b. Fasilitas sekolah c. OSIS d. Kegiatan Bimbingan dan Konseling e. Ekstrakurikuler f. Wawasan Wiyata Mandala g. Bimbingan Belajar h. Kegiatan Sekolah i. Metode Pengajaran j. Lainnya Materi yang ingin Anda peroleh dari layanan orientasi: a. Penjurusan b. Sekolah lanjutan c. Pekerjaan d. Lainnya Saya lebih suka layanan orientasi diberikan dengan menggunakan media: a. Papan bimbingan b. Majalah dinding c. Brosur d. Video/film e. Lainnya Anda berharap pengenalan tentang BK Anda peroleh dari : a. Konselor b. Kepala Sekolah c. Guru Bidang Studi d. Wali Kelas e. Teman f. Lainnya Materi yang Anda harapkan tentang BK yang Anda peroleh dari sekolah: a. Personil BK b. Ruangan BK c. Tujuan BK d. Manfaat BK e. Layanan yang diberikan f. Lainnya Anda berharap memperoleh materi tentang pengenalan BK, saat Anda berada di kelas: a. Kelas X b. Kelas XI c. Kelas XII Materi pengenalan BK Anda peroleh saat: a. Awal tahun ajaran baru b. Setiap semester c. Sekali-kali (kalau diperlukan) d. Lainnya Sekarang saya membutuhkan informasi tentang: A. Bidang Pribadi a. Cara mengendalikan emosi b. Cara mengatur waktu c. Cara memecahkan masalah d. Cara mengetahui bakat dan minat e. Cara menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat f. Cara meningkatkan rasa percaya diri g. Cara hidup sehat h. Narkoba, AIDA, Free Sex i. Lainnya B. Bidang Belajar a. Cara belajar efektif dan efisien b. Cara berfikir kreatif c. Cara meningkatkan konsentrasi dalam belajar d. Cara membaca dan mencatat yang efektif e. Cara menghafal dengan cepat f. Cara mengelola waktu belajar g. Cara mengatasi stres dalam belajar h. Lainnya C. Bidang Sosial a. Cara membina hubungan baik dengan teman b. Cara bergaul yang sehat dengan lawan jenis c. Cara melatih kerjasama d. Cara berkomunikasi yang baik e. Kiat-kiat menjadi pemimpin yang baik f. Cara menghargai orang lain g. Dampak pergaulan bebas h. Lainnya D. Bidang Karier a. Cara memilih jurusan b. Cara memilih kegiatan ekstra kurikuler c. Cara memilih studi lanjutan d. Informasi mengenai jenis-jenis pekerjaan e. Lainnya Metode atau cara yang Anda harapkan dalam memperoleh informasi: a. Ceramah b. Papan Bimbingan c. Survey ke lapangan d. Mendatangkan ahli e. Tayangan (film, slide) f. Lainnya Anda ingin memperoleh informasi secara: a. Individu b. Kelompok Apa saja kesulitan yang Anda alami dalam memperoleh informasi? a. Bentuk pemberian informasi berupa ceramah yang membosankan b. Informasi yang diberikan tidak baru c. Waktu pemberian informasi tidak menunjang d. Lainnya Macam-macam penempatan yang Anda inginkan ada di sekolah Anda: a. Penempatan dalam kelas b. Penempatan jurusan c. Penempatan kelompok belajar d. Penempatan posisi tempat duduk e. Penempatan kegiatan ekstrakurikuler f. Lainnya Saya menginginkan penempatan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan: a. Bakat dan minat b. Bakat c. Minat d. Pilihan guru/ konselor e. Lainnya Ekstrakurikuler yang Anda ikuti: a. Bahasa Jepang b. Bahasa Jerman c. Bahasa Mandarin d. Debat bahasa Inggris e. Olimpiade astronomi f. Olimpiade kebumian g. Olimpiade matematika h. Olimpiade fisika i. Olimpiade biologi j. KIR k. IC team l. Student company m. Basket n. Bola voli o. Bulu tangkis p. BX4 q. Ju jit su r. Tae kwon do s. Sepak bola t. Paskibra u. Paduan suara v. PMR w. MC x. Jurnalistik y. Teater z. Tari Masalah-masalah yang Anda alami berkaitan dengan penempatan jurusan: a. Campur tangan orang tua b. Prestasi/ nilai anda tidak sesuai c. Tidak sesuai dengan minat/ cita-cita anda d. Pengaruh teman e. Tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki f. Lainnya Masalah-masalah yang Anda alami berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler: a. Campur tangan orang tua b. Prestasi/ nilai anda tidak sesuai c. Tidak sesuai dengan minat/ cita-cita anda d. Pengaruh teman e. Tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki f. Lainnya Masalah-masalah yang sering dihadapi/ dialami berkaitan dengan: a. Pribadi b. Belajar c. Kesehatan d. Persiapan karier e. Keuangan f. Keluarga g. Pergaulan h. Lainnya Cara Anda mengatasi masalah biasanya: a. Menyelesaikan sendiri b. Minta bantuan orang lain c. Pergi ke ruang BK/ Konselor d. Lainnya Anda lebih suka menyelesaikan masalah dibantu oleh: a. Konselor b. Teman c. Wali kelas d. Guru Bidang Studi e. Orang Tua f. Pacar g. Saudara h. Lainnya Anda lebih suka membicarakan masalah pribadi Anda saat bersekolah di: a. Ruang kelas b. Ruang konseling c. Ruang guru d. Kantin e. Perpustakaan f. Tempat ibadah g. Lainnya Waktu yang lebih Anda sukai untuk membicarakan masalah Anda: a. Waktu istirahat b. Pulang sekolah c. Waktu pelajaran d. Waktu jam kosong e. Lainnya Apakah Anda pernah melakukan pemecahan masalah dalam konseling secara individual dengan konselor? Apakah Anda pernah melakukan pemecahan masalah dalam konseling kelompok? Bersediakah Anda mengungkapkan masalah dalam situasi individu? Bersediakah Anda mengungkapkan masalah dalam situasi kelompok? Jika melaksanakan pemecahan masalah secara individu, bagaimana cara Anda datang ke konselor? a. Dipanggil b. Datang sendiri c. Diajak teman d. Lainnya Pernahkah diadakan bimbingan kelompok di sekolah Anda? Materi bimbingan kelompok yang Anda inginkan: a. Keterampilan berkomunikasi b. Pengendalian emosi c. Pengelolaan belajar d. Kebiasaan belajar e. Informasi Perguruan Tinggi f. Informasi pekerjaan g. Cara bergaul h. Lainnya Metode yang Anda inginkan dalam bimbingan kelompok: a. Diskusi b. Ceramah c. Bermain peran d. Kunjungan e. Lainnya Di mana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang Anda inginkan: a. Ruang kelas b. Aula c. Perpustakaan d. Lapangan e. Ruang BK f. Lainnya Pernahkah pihak sekolah pernah mendatangkan ahli untuk bimbingan kelompok atau pemberian informasi? Jika pernah, bagaimana komentar Anda terhadap layanan yang diberikan? a. Menarik b. Kurang menarik Pernahkah konselor berkunjung ke rumah Anda? Apakah Konselor minta ijin terlebih dahulu pada siswa untuk berkunjung? Siapa saja yang pernah berkunjung ke rumah Anda? a. Konselor b. Kepala Sekolah c. Wakil Kepala Sekolah d. Guru e. Lainnya Jika pernah, bagaimana komentar Anda terhadap layanan kunjungan rumah tersebut? a. Bermanfaat b. Kurang bermanfaat c. Tidak bermanfaat |
No comments:
Post a Comment