MENGATASI KONFLIK DALAM DIRI DAN LINGKUNGAN SEKITAR; MATERI RPL BK



MENGATASI KONFLIK DALAM DIRI DAN LINGKUNGAN SEKITAR

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan 
Mengenal system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia.
Kompetensi dasar      
Siswa dapat mengatasi konflik dalam diri dan lingkungan sekitar
Indikator
·       Mampu mengatasi konflik yang dialaminya
·       Mampu mengenal dirinya sendiri. Mampu mengenal dirinya sendiri.
Bidang / Fungsi Bimbingan
Pribadi dan Sosial / Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
 
A.       Mengatasi Konflik
     Konflik merupakan suatu kondisi dimana terjadi pertarungan psikologis dalam diri manusia, yang lazimnya terjadi secara tidak sadar dan berasal dari munculnya sikap opsisi dari pihak lawan. Konflik dapat dilihat sebagai sebuah kondisi ketidakharmonisan antar individu, yang muncul dari adanya perbedaan ide, kepentingan, pendapat, pandangan dan tujuan.
     Dalam menangani konflik pola yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan terlebih dahulu memunculkan niat, baik dari para individu di dalam masyarakat.
     Langkah-langkah yang dilakukan untuk meredam konflik adalah niat baik di dalam hati untuk tidak mengulangi konflik serupa dimasa yang akan datang.
Contohnya : dua orang remaja yang sedang berkelahi, kemudian datang seorang untuk melerai, kemudian diajak berdamai.

B.        Mengenali Diri Sendiri
     Untuk dapat menghindari munculnya konflik, kita harus`dapat mengenali diri kita sendiri. Proses ini dilakukan dengan menganalisis dan mengupas kehidupan kita sehari-hari, sejak bangun tidur di pagi hari hingga akan berangkat tidur di malam hari. Cara ini lebih efektif untuk mengetahui kekurangan diri kita dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengenali letak kelemahan diri.
     Aktifitas kita sehari-hari bagi pemeluk agama Islam, dimulai dengan melaksanakan sholat subuh. Bagi pemeluk agama Katolik melakukan doa pagi. Demikian seterusnya bagi pemeluk agama lain.
Contoh dari beberapa hal yang terkadang menjadi pemicu munculnya konflik dalam diri kita di pagi hari adalah sebagai berikut :
1.         Mandi.
2.         Persiapan sekolah.
3.         Berangkat sekolah.
Persoalan-persoalan yang berpotensi menimbulkan konflik disekolah adalah sebagai berikut :
1.      Terlambat masuk sekolah.
2.      Tidak membawa pekerjaan rumah (PR)
3.      Teman.
Langkah-langkah untuk menyelesaikan konflik apabila terjadi dengan teman adalah sebagai berikut :
1.         Tenangkan diri.
2.         Paparkan konflik.
3.         Paparkan dengan jelas apa yang menyebabkan konflik.
4.         Ungkapkan perasaan-perasaan yang muncul akibat konflik.
5.         Dengarkan dengan cermat dan penuh rasa hormat pada saat teman sedang berbicara.
6.         Diskusikan penyelesaian konflik.
7.         Cobalah menyelesaikannya.
8.         Kalau sebuah penyelesaian tidak berhasil dengan baik, cobalah penyelesaian yang lain.


Tugas Siswa
I.          Lengkapilah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Untuk mengenali apakah dirimu termasuk pemarah atau tidak, renungkanlah hal-hal apa saja yang pernah membuatmu marah di masa lalu! Kemudian isilah tabel berikut ini.

No
Hal-hal yang pernah membuatmu marah
Dampak yang muncul bagi lingkungan sekitar akibat kemarahanmu
Langkah-langkah yang kamu lakukan untuk mengatasi kemarahanmu
1
2
3




2.      Menurutmu apakah dengan amarahmu itu permasalahan dapat terselesaikan dengan baik?
Jelaskan !
……………………………………………………………………………………………..
3.      Apakah kamu setuju bahwa dengan pengendalian amarah kamu akan dapat meraih kesuksesan di masa depan dengan mudah? Mengapa? Jelaskan!
…………………………………………………………………………………………….


II.       Eksplorasilah dirimu lebih dalam! Berilah tanda silang (x) pada pernyataan-pernyataan yang disajikan dibawah ini yang sesuai dengan keadaanmu! Kemudian isilah penilaian yang berada dibawahnya!
No
Kondisi dalam Kehidupan
Apakah Kamu Mengalaminya?
Ya
Tidak
1
2
3

4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23

24
25
Takut terhadap ulangan
Uang saku tidak mencukupi
Terpaksa harus bekerja karena ekonomi tidak mencukupi
Ingin mempunyai kamar sendiri
Tidak ada uang untuk membeli pakaian
Mengharapkan mendapatkan beasiswa
Jantung sering terasa berdebar-debar
Keringat dingin keluar bila sedang tidur
Merasa terlalu bingung
Merasa terlalu kurus
Selalu kurang nafsu makan
Sering kurang dan sulit tidur
Merasa kurang bahagia karena cacat
Merasa lelah dan tidak bersemangat
Ingin pindah sekolah lain
Tidak dapat memusatkan perhatian di sekolah
Sering melamun dalam kelas
Merasa dibenci oleh kawan-kawan di sekolah
Merasa diperlakukan rurang adil
Sulit mengerti isi buku
Sering mendapat angka rendah
Merasa kurang memiliki pengetahuan dasar
Sukar menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah
Kawatir tidak dapat berdiri sendiri
Kawatir tidak dapat diterima di SMA
……..
……..
……..

…......
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..

……..
……...

……..
……..
……..

…......
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..

……..
……...

No comments:

Post a Comment