MENGATASI KONFLIK DALAM DIRI DAN LINGKUNGAN SEKITAR
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan
|
Mengenal system etika dan
nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat
manusia.
|
Kompetensi dasar
|
Siswa dapat mengatasi konflik
dalam diri dan lingkungan sekitar
|
Indikator
|
· Mampu mengatasi konflik
yang dialaminya
· Mampu mengenal dirinya
sendiri. Mampu mengenal dirinya sendiri.
|
Bidang / Fungsi Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial / Pemahaman, Pemeliharaan dan
Pengembangan
|
Konflik merupakan suatu kondisi dimana
terjadi pertarungan psikologis dalam diri manusia, yang lazimnya terjadi secara
tidak sadar dan berasal dari munculnya sikap opsisi dari pihak lawan. Konflik
dapat dilihat sebagai sebuah kondisi ketidakharmonisan antar individu, yang
muncul dari adanya perbedaan ide, kepentingan, pendapat, pandangan dan tujuan.
Dalam
menangani konflik pola yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan
terlebih dahulu memunculkan niat, baik dari para individu di dalam masyarakat.
Langkah-langkah
yang dilakukan untuk meredam konflik adalah niat baik di dalam hati untuk tidak
mengulangi konflik serupa dimasa yang akan datang.
Contohnya : dua
orang remaja yang sedang berkelahi, kemudian datang seorang untuk melerai,
kemudian diajak berdamai.
B.
Mengenali Diri Sendiri
Untuk
dapat menghindari munculnya konflik, kita harus`dapat mengenali diri kita
sendiri. Proses ini dilakukan dengan menganalisis dan mengupas kehidupan kita
sehari-hari, sejak bangun tidur di pagi hari hingga akan berangkat tidur di
malam hari. Cara ini lebih efektif untuk mengetahui kekurangan diri kita dalam
kehidupan sehari-hari dan dapat mengenali letak kelemahan diri.
Aktifitas
kita sehari-hari bagi pemeluk agama Islam, dimulai dengan melaksanakan sholat
subuh. Bagi pemeluk agama Katolik melakukan doa pagi. Demikian seterusnya bagi
pemeluk agama lain.
Contoh
dari beberapa hal yang terkadang menjadi pemicu munculnya konflik dalam diri
kita di pagi hari adalah sebagai berikut :
1.
Mandi.
2.
Persiapan sekolah.
3.
Berangkat sekolah.
Persoalan-persoalan
yang berpotensi menimbulkan konflik disekolah adalah sebagai berikut :
1.
Terlambat masuk sekolah.
2.
Tidak membawa pekerjaan rumah (PR)
3.
Teman.
Langkah-langkah
untuk menyelesaikan konflik apabila terjadi dengan teman adalah sebagai berikut
:
1.
Tenangkan diri.
2.
Paparkan konflik.
3.
Paparkan dengan jelas apa yang menyebabkan konflik.
4.
Ungkapkan perasaan-perasaan yang muncul akibat konflik.
5.
Dengarkan dengan cermat dan penuh rasa hormat pada saat teman
sedang berbicara.
6.
Diskusikan penyelesaian konflik.
7.
Cobalah menyelesaikannya.
8.
Kalau sebuah penyelesaian tidak berhasil dengan baik, cobalah
penyelesaian yang lain.
Tugas Siswa
I.
Lengkapilah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
1.
Untuk mengenali apakah dirimu termasuk pemarah atau tidak,
renungkanlah hal-hal apa saja yang pernah membuatmu marah di masa lalu!
Kemudian isilah tabel berikut ini.
No
|
Hal-hal yang pernah
membuatmu marah
|
Dampak yang
muncul bagi lingkungan sekitar akibat kemarahanmu
|
Langkah-langkah
yang kamu lakukan untuk mengatasi kemarahanmu
|
1
2
3
|
2.
Menurutmu apakah dengan amarahmu itu permasalahan dapat
terselesaikan dengan baik?
Jelaskan !
……………………………………………………………………………………………..
3. Apakah
kamu setuju bahwa dengan pengendalian amarah kamu akan dapat meraih kesuksesan
di masa depan dengan mudah? Mengapa? Jelaskan!
…………………………………………………………………………………………….
II.
Eksplorasilah dirimu lebih dalam! Berilah tanda silang (x) pada
pernyataan-pernyataan yang disajikan dibawah ini yang sesuai dengan keadaanmu!
Kemudian isilah penilaian yang berada dibawahnya!
No
|
Kondisi
dalam Kehidupan
|
Apakah
Kamu Mengalaminya?
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
Takut
terhadap ulangan
Uang saku
tidak mencukupi
Terpaksa
harus bekerja karena ekonomi tidak mencukupi
Ingin
mempunyai kamar sendiri
Tidak ada uang
untuk membeli pakaian
Mengharapkan
mendapatkan beasiswa
Jantung
sering terasa berdebar-debar
Keringat
dingin keluar bila sedang tidur
Merasa
terlalu bingung
Merasa
terlalu kurus
Selalu kurang
nafsu makan
Sering kurang
dan sulit tidur
Merasa kurang
bahagia karena cacat
Merasa lelah
dan tidak bersemangat
Ingin pindah
sekolah lain
Tidak dapat
memusatkan perhatian di sekolah
Sering
melamun dalam kelas
Merasa
dibenci oleh kawan-kawan di sekolah
Merasa
diperlakukan rurang adil
Sulit
mengerti isi buku
Sering mendapat
angka rendah
Merasa kurang
memiliki pengetahuan dasar
Sukar
menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah
Kawatir tidak
dapat berdiri sendiri
Kawatir tidak
dapat diterima di SMA
|
……..
……..
……..
…......
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……...
|
……..
……..
……..
…......
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……..
……...
|
No comments:
Post a Comment