Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan).
penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal.
jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan.
berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
(GANJIL/GENAP)TAHUN PELAJARAN…
A.
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
B.
|
Bidang Layanan
|
Bimbingan Karir
|
C.
|
Topik Layanan
|
Mengenal Perguruan Tinggi
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman,
|
E.
|
Tujuan Umum
|
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam
pekerjaan , pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan
alternatif karir yang lebih terarah.( SKKPD : Wawasan dan kesiapan karir )
|
F.
|
Tujuan Khusus
|
Siswa mampu memanfaatkan internet untuk :
1.
Mencari alamat situs PT di internet
2.
Menemukan bentuk-bentuk PT
3.
Mengidentifikasi macam- macam fakultas dan
prodi PT
4.
Membedakan Status Akreditasi prodi PT
5.
Mengelompokkan program studi yang bisa dimasuki
lulusan SMA sesuai peminatannya
6.
Membandingkan beaya kuliah di beberapa PT
|
G.
|
Sasaran Layanan
|
Kelas
|
H.
|
Materi Layanan
|
1.
Alamat situs Perguruan Tinggi
2.
Bentuk PT ( Universitas,Institut,Sekolah
Tinggi,Politeknik, Akademi )
3.
Macam2 Fakultas dan prodi di PT
4.
Status Akreditasi PT
5.
Macam Prodi yang bisa dimasuki/ sesuai
peminatan di SMA
6.
Beaya Kuliah di PT
|
I.
|
Waktu
|
1 x jam pelajaran
|
J.
|
Sumber
|
Internet
|
K.
|
Metode/Teknik
|
Pemberian Tugas
|
L.
|
Media/Alat
|
Komputer,internet
|
N.
|
Pelaksanaan
|
|
1.
Tahap awal/Pendahuluan
|
||
a. Pernyataan
Tujuan
|
1. Guru
BK memberi salam, berdoa. mengabsen siswa
3. Guru
BK menyampaikan tentang tujuan khusus yang akan dicapai, agar siswa
mengetahui macam2 PT fakultas dan prodi PT yang sesuai dengan peminatan SMA
serta beayanya
|
|
b.
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
Guru BK/Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan:
1. Guru
BK menjelaskan garis besar materi
2. Siswa
membuka internet dengan focus web PT
3. Siswa
mengerjakan tugas (LK)
4. Siswa
mengirim tugas ke email guru BK dikordinir ketua kelas dalam 1 folder
|
|
c. Mengarahkan
(Konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor menjelaskan tentang topik yang
akan di bicarakan : Macam Fakultas dan
Prodi di PT ,status akreditasi dan beaya kuliah di PT melalui data situs PT
di internet
|
|
d. Tahap
Peralihan
(Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta
didik melaksanakan kegiatan dan memulai ke tahap inti
|
|
2.
Tahap Inti
|
||
a.
Kegiatan Peserta didik
|
1.
Mencari contoh bentuk perguruan tinggi dengan
membuka alamat situsnya (www.namapt.ac.id dan
www.namadepartemen.go.id )
2.
Mengidentifikasi fakultas dan prodi di PT
3.
Membedakan status akreditasi prodi PT
4.
Mengelompokkan prodi yang sesuai dg peminatan
di SMA
5.
Membandingkan beaya kuliah di beberapa PT
|
|
b.
Kegiatan Guru BK/Konselor
|
Guru BK :
1.
Menjelaskan cara mencari alamat situs PT
2.
Menampilkan lembar kerja siswa dalam bentuk
tabel word
3.
Memandu siswa untuk mengerjakan tugas
4.
Mengamati keaktifan siswa mengerjakan tugas
5.
Memberikan masukan/solusi jika ada
permasalahan
|
|
3.
Tahap
Penutup
|
||
a.
Guru BK/Konselor memberikan penguatan:
Siswa
sudah belajar tentang seluk beluk PT melalui akses internet, sehingga siswa setiap saat bisa secara
mandiri mencari informasi sesuai kebutuhannya
b.
Merencanakan tindak lanjut :
Pertemuan selanjutnya membahas
tentang karakteristik tiap Program studi, persyaratan dan peluang kerjanya
|
||
O.
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
Guru BK/Konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang
terjadi:
1. Mengadakan
refleksi
2. Mengobservasi
peserta didik dalam mengikuti kegiatan
|
|
2.
Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal,antara lain :
1. Suasana
pertemuan
2. Topik
yang dibahas
3. Cara
guru BK/Konselor menyampaikan
4. Kegiatan
yang diikuti
|
No comments:
Post a Comment