RPL BIMBINGAN KLASIKAL POP


Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). 
penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. 
jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. 

berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER (GANJIL/GENAP)TAHUN PELAJARAN…



A.
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B.
Bidang Layanan
Bimbingan Karir
C.
Topik Layanan
Mengenal Perguruan Tinggi
D.
Fungsi Layanan
Pemahaman,
E.
Tujuan Umum
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan , pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif karir yang lebih terarah.( SKKPD : Wawasan dan kesiapan karir )
F.
Tujuan Khusus
Siswa mampu memanfaatkan internet untuk :
1.     Mencari  alamat situs PT di internet
2.      Menemukan  bentuk-bentuk PT
3.      Mengidentifikasi macam- macam fakultas dan prodi PT
4.      Membedakan  Status Akreditasi prodi PT
5.      Mengelompokkan program studi yang bisa dimasuki lulusan SMA sesuai peminatannya
6.      Membandingkan beaya kuliah di beberapa PT
G.
Sasaran Layanan
Kelas
H.
Materi Layanan
1.       Alamat situs Perguruan Tinggi
2.       Bentuk PT ( Universitas,Institut,Sekolah Tinggi,Politeknik, Akademi )
3.      Macam2 Fakultas dan prodi di PT
4.       Status Akreditasi PT
5.       Macam Prodi yang bisa dimasuki/ sesuai peminatan di SMA
6.       Beaya Kuliah di PT
I.
Waktu
1 x  jam pelajaran
J.
Sumber
Internet
K.
Metode/Teknik
Pemberian Tugas
L.
Media/Alat
Komputer,internet
N.
Pelaksanaan

1.       Tahap awal/Pendahuluan

a.       Pernyataan Tujuan
1.       Guru BK memberi salam, berdoa. mengabsen siswa
2.       Appersepsi dengan menampilkan gambar our education sistem[RK1] meminta siswa untuk menafsirkan
3.       Guru BK menyampaikan tentang tujuan khusus yang akan dicapai, agar siswa mengetahui macam2 PT fakultas dan prodi PT yang sesuai dengan peminatan SMA serta beayanya

b.      Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Guru BK/Konselor menjelaskan langkah-langkah kegiatan:
1.       Guru BK menjelaskan garis besar materi
2.       Siswa membuka internet dengan focus web PT
3.       Siswa mengerjakan tugas (LK)
4.       Siswa mengirim tugas ke email guru BK dikordinir ketua kelas dalam 1 folder


c.       Mengarahkan
(Konsolidasi)
Guru BK/Konselor menjelaskan tentang topik yang akan di bicarakan  : Macam Fakultas dan Prodi di PT ,status akreditasi dan beaya kuliah di PT melalui data situs PT di internet

d.      Tahap Peralihan
(Transisi)
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan dan memulai ke tahap inti




2.       Tahap Inti

a.       Kegiatan Peserta didik
1.       Mencari contoh bentuk perguruan tinggi dengan membuka alamat situsnya  (www.namapt.ac.id   dan  www.namadepartemen.go.id )
2.       Mengidentifikasi fakultas dan prodi di PT
3.       Membedakan status akreditasi prodi  PT
4.       Mengelompokkan prodi yang sesuai dg peminatan di SMA
5.       Membandingkan beaya kuliah di beberapa PT
6.       Menuliskan [RK4] temuannya di file lembar  kerja
7.       Mengumpulkan[RK5]  file ke ketua kelas dan mengirimkan ke email


b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
Guru BK :
1.       Menjelaskan cara mencari alamat situs PT
2.       Menampilkan lembar kerja siswa dalam bentuk tabel word
3.       Memandu siswa untuk mengerjakan tugas
4.       Mengamati keaktifan  siswa mengerjakan tugas
5.       Memberikan masukan/solusi jika ada permasalahan


3.       Tahap  Penutup


a.   Guru BK/Konselor memberikan penguatan:
Siswa sudah belajar tentang seluk beluk PT melalui akses  internet, sehingga siswa setiap saat bisa secara mandiri mencari informasi sesuai kebutuhannya
b.   Merencanakan tindak lanjut :
Pertemuan selanjutnya membahas tentang karakteristik tiap Program studi, persyaratan dan peluang kerjanya

O.
Evaluasi

1.       Evaluasi Proses
Guru BK/Konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
1.       Mengadakan refleksi
2.       Mengobservasi  peserta didik dalam mengikuti kegiatan


2.       Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal,antara lain :
1.       Suasana pertemuan
2.       Topik yang dibahas
3.       Cara guru BK/Konselor menyampaikan
4.       Kegiatan yang diikuti


 [RK1]literasi

 [RK2]mandiri

 [RK3]literasi

 [RK4]kreatif

 [RK5]tanggung jawab

No comments:

Post a Comment