Hadir lagi guyss...blogger pendidikan yang selalu menyajikan hal-hal positif dan selalu dibutuhkan banyak orang..hehehe....mudah-mudahan gak overconvidence....☺☺✌✌✌✌
Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......
Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI
BIMBINGAN KONSELING
NAMA SEKOLAH : SMA .....................................
MATA PELAJARAN : BIMBINGAN KONSELING
KELAS/SEMESTER : X I/
MATERI LAYANAN : PENGUMPULAN BIODATA KELAS XI
KOMPETENSI DASAR : MELENGKAPI DATA DIRI
INDIKATORNYA :
TERSUSUNNYA COMULATIVE RECORD/BUKU BIODATA SISWA
JAM PERTEMUAN : 4
JAM PELAJARAN
I. TUJUAN LAYANAN INFORMASI
|
A. Siswa
melengkapi data agar memahami diri dan keluarganya melalui data dirinya.
B. Mengumpulkan
data pribadi siswa untuk di susun menjadi data base kelas XI/data Induk/Comulative
Record Data untuk Bimbingan Konseling.
C. Mempermudah
proses pencarian data jika diperlukan segera.
II. MATERI LAYANAN INFORMASI
|
A. Pengertian
Biodata.
B. Manfaat
dan guna Biodata
1-Sebagai data diri
2-Sebagai rujukan mengisi Rapot/Laporan
Penilaian Siswa
3- Sebagai rujukan data jika konselor akan home visit
4
-Sebagai rujukan untuk memilih siswa yang layak mendapat bantuan
beasiswa.
5.
Pengusulan program siswa berprestasi.
6.
Rekomendasi setting Praktek kerja Industri berdasarkan data dekat rumah
dengan
lokasi praktek.
III. PENDEKATAN / METODE LAYANAN
INFORMASI
|
A. Ceramah
dan penyampaian informasi secara verbal.
B. Diskusi dan Tanya jawab.
B. Penugasan
mengumpulkan data
IV.LANGKAH – LANGKAH
PEMBERIAN INFORMASI
|
A. PERTEMUAN KE 1 :
PENGISIAN BIO DATA.
1.Kegiatan awal
a- Konselor menerangkan pengertian biodata
b-
Siswa mendengarkan ,menyimak dan mencatat
2. Kegiatan Inti
- Pengisian Format Data
Baru untuk kelas XI :
a. Data diri, nama,tempat
tanggal lahir,alamat rumah,no.telepon,
suku bangsa.
b. Riwayat Pendidikan ,TK, SD
, SLTP/SMP, Kursus kursus.
c. Riwayat kesehatan , tinggi
badan, berat badan, gol. Darah,warna
kulit, bentuk wajah, jenis
rambut,warna mata,ciri fisik lain.
d.Data Keluarga, data ayah,
nama, alamat, usia,pekerjaan,data ibu,data
saudara,kakak,adik,saudara
tiri,saudara angka
3. Kegitan Akhir
-
Konselor menugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan data data
pada pertemuan kedua :
a. Format Biodata (diberi oleh konselor)
b. Foto Copy Raport Kelas
I,semester I dan Semester II.ss
d. Foto CloseUp 4x6 ,2 lembar
e. Akte kelahiran/Surat Kenal
Lahir
f. Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT dan RW
g. Foto Copy sertifikat
prestasi
h. Map Plastik untuk data
siswa,tiap kelas beda warna
-
Layanan informasi diakhiri.
B. PERTEMUAN KE
2 : PENGUMPULAN FORMAT BIO DATA.
1.Kegiatan Awal
- Konselor memerintahkan siswa
mengeluarkan/menyiapkan data diri
yang ditugaskan pada pertemuan pertama.
2.
Kegiatan Inti
a
- Menginventaris semua data yang dikumpulkan siswa.
b
- Meminta kejelasan pada siswa yang datanya belum lengkap.
c- Mengadakan Tanya jawab tentang kesulitan apa
yang dialami siswa dalam melengkapi data dirinya.
3. Kegiatan Akhir
a- Siswa mengumpulkan semua data dirinya
pada konselor.
b-
Layanan informasi diakhiri.
C. PERTEMUAN KE 3 : TES WHO AM I DAN
TULISAN POTRET DIRI.
1.Kegiatan awal
a. Konselor menjelaskan
tentang TES Who Am I.
b. Manfaat Tes Who am I.
2. Kegiatan Inti.
- Siswa mengerjakan Tes Who am I.
3. Kegiatan Akhir.
a. Tes Who am I dikumpulkan.
b. Konselor memberi tugas siswa untuk membuat
tulisan/Karangan
tentang POTRET
DIRI siswa di rumah dan dikumpulkan pada
pertemuan ke 4.
D. PERTEMUAN KE 4 : DAFTAR CEK
MASALAH DAN STUDY HABIT.
1. Kegiatan Awal.
a. Konselor meminta
pada siswa agar mengumpulkan tugas Karangan
POTRET DIRI.
b. Konselor
menjelaskan tentang Daftar Cek Masalah dan Study Habit.
2. Kegiatan Inti.
a. Siswa mengerjakan Daftar Cek Masalah.
b. Siswa mengerjakan Study
Habit.
3.
Kegiatan Akhir.
a. Format Daftar Cek Masalah
dan Study Habit dikumpulkan.
b. Konselor membuka diskusi
Tanya jawab.
c. Layanan Informasi
disimpulkan.
V. ALAT / BAHAN/ SUMBER BELAJAR.
|
A. Format
Biodata siswa/Comulative Record
B. Data
pendukung diri siswa,fc.ijasah,fc.raport smp,fc.akta kelahiran,surat
dokter, surat
keterangan RT dan RW.DLL
VI. PENILAIAN
|
.
A. Jenis
Penilaian
Untuk materi
layanan Informasi Bimbingan Konseling penilaian diberikan pada siswa diukur
dari KETUNTASAN kasus yang dialami
pada siswa:
1.Siswa
prosentase kehadiran di kelas lebih dari 90%,selalu menyerahkan
/mengumpulkan tugas yang diberikan dan
masalah yang dialaminya bisa
terselesaikan maka diberikan nilai :
A.
2.Siswa prosentase kehadiran kurang dari
90%,tugas yang diberikan tidak
pernah diselesaikan maka diberikan
nilai : B.
B. Pedoman
Penilaian.
Penilaian Materi
Bimbingan konseling tidak seperti pelajaran regular yang diterima siswa. Khusus
untuk Bimbingan Konseling penilaian siswa didasarkan pada kualitas KETUNTASAN
kasus siswa yang ditangani Konselor, seperti telah diatur pada buku pegangan
untuk Konselor :PROGRAM DAN MATERI PENGEMBANGAN DIRI SISWA SESUAI
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
/ KTSP.Diterbitkan
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Propinsi Jawa Timur,tahun 2006
C. Naskah
Soal.
1. Bentuklah
kelompok Diskusi,masing-masing kelompok beranggota 5 – 7
siswa.
2. Kumpulkan
permasalahan permasalahan yang pernah anda alami sesuai
bidang
masalahnya.
3. Presentasikan
hasil diskusi di depan kelas secara bergiliran.
4. Kumpulkan
hasil diskusi pada konselor.
D. Kunci
Jawaban.
1. Lampiran
Format problem checklist/Daftar Cek
Masalah.
2. Lampiran
Format Tes Who am I.
3. Lampiran
Format Study Habit.
No comments:
Post a Comment