RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BK SMA


      Hadir lagi guyss...blogger pendidikan yang selalu menyajikan hal-hal positif dan selalu dibutuhkan banyak orang..hehehe....mudah-mudahan gak overconvidence....☺☺✌✌✌✌

Setiap awal tahun ajaran baru seorang guru dan konselor selalu disibukkan dengan kegiatan menyusun perangkat pembelajaran diantaranya RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). penyusunan rpl perlu dipersiapkan dengan matang agar kedepannya kegiatan pembelajaran lebih terarah dan mencapai tujuan dengan maksimal. jika RPLnya saja asal-asalan, maka kemungkinan besar pembelajaran menjadi ngawur tanpa panduan sehingga berakibat fatal bagi tujuan pembelajaran. upaya untuk mengembangkan siswa secara maksimal menjadi sesuatu yang jauh dari harapan. mungkin terlihat sepele, tetapi keberadaan rpl sangatlah urgen dan wajib disusun dengan baik sesuai dengan panduan penyusunan. berikut ini adalah contoh RPL BK Klasikal sesuai dengan POP BK K13...simak aja langsung guysss......


RENCANA PELAKSANAAN   LAYANAN INFORMASI

BIMBINGAN KONSELING



NAMA SEKOLAH                  :  SMA .....................................
MATA PELAJARAN              :  BIMBINGAN KONSELING
KELAS/SEMESTER               :  X I/
MATERI LAYANAN              :  PENGUMPULAN BIODATA KELAS XI
KOMPETENSI DASAR         :   MELENGKAPI DATA DIRI
INDIKATORNYA                   :  TERSUSUNNYA COMULATIVE RECORD/BUKU BIODATA SISWA
JAM PERTEMUAN                :  4 JAM PELAJARAN


I. TUJUAN LAYANAN INFORMASI
  
A.    Siswa melengkapi data agar memahami diri dan keluarganya melalui data dirinya.
B.     Mengumpulkan data pribadi siswa untuk di susun menjadi data base kelas XI/data Induk/Comulative Record Data untuk Bimbingan Konseling.
C.     Mempermudah proses pencarian data jika diperlukan segera.

II. MATERI LAYANAN INFORMASI

A.    Pengertian Biodata.
B.     Manfaat dan guna Biodata
1-Sebagai data diri
2-Sebagai rujukan mengisi Rapot/Laporan Penilaian Siswa
          3- Sebagai  rujukan data jika konselor akan home visit
          4 -Sebagai rujukan untuk memilih siswa yang layak mendapat bantuan
              beasiswa.
          5. Pengusulan program siswa berprestasi.
          6. Rekomendasi setting Praktek kerja Industri berdasarkan data dekat rumah
              dengan lokasi praktek.

III. PENDEKATAN / METODE LAYANAN INFORMASI

A.    Ceramah dan penyampaian informasi secara verbal.
B.  Diskusi dan Tanya jawab.
B.     Penugasan mengumpulkan data



IV.LANGKAH – LANGKAH  PEMBERIAN INFORMASI

   A. PERTEMUAN KE 1 : PENGISIAN BIO DATA.
1.Kegiatan awal
       a- Konselor menerangkan pengertian biodata
                 b- Siswa mendengarkan ,menyimak dan mencatat
          2. Kegiatan Inti
              - Pengisian Format Data Baru untuk kelas XI :
                 a. Data diri, nama,tempat tanggal lahir,alamat rumah,no.telepon,
                     suku bangsa.
                 b. Riwayat Pendidikan ,TK, SD , SLTP/SMP, Kursus kursus.
                 c. Riwayat kesehatan , tinggi badan, berat badan, gol. Darah,warna
                     kulit, bentuk wajah, jenis rambut,warna mata,ciri fisik lain.
                 d.Data Keluarga, data ayah, nama, alamat, usia,pekerjaan,data ibu,data
                    saudara,kakak,adik,saudara tiri,saudara angka
          3. Kegitan Akhir
              -  Konselor menugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan data data
                  pada pertemuan kedua :
                  a. Format Biodata (diberi oleh konselor)
                  b. Foto Copy Raport Kelas I,semester I dan Semester II.ss
                  d. Foto CloseUp 4x6 ,2 lembar
                  e. Akte kelahiran/Surat Kenal Lahir
                  f.  Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT dan RW
                  g. Foto Copy sertifikat prestasi
                  h. Map Plastik untuk data siswa,tiap kelas beda warna
              -  Layanan informasi diakhiri.

B. PERTEMUAN KE 2 : PENGUMPULAN FORMAT BIO DATA.
1.Kegiatan Awal
     - Konselor memerintahkan siswa mengeluarkan/menyiapkan data diri       
        yang ditugaskan pada pertemuan pertama.  
          2.  Kegiatan Inti
                  a - Menginventaris semua data yang dikumpulkan siswa.
                  b - Meminta kejelasan pada siswa yang datanya belum lengkap.
                  c-   Mengadakan Tanya jawab tentang kesulitan apa yang dialami siswa dalam melengkapi data dirinya.                                                                                                           
          3.  Kegiatan Akhir
                  a- Siswa mengumpulkan semua data dirinya pada konselor.             
                  b- Layanan informasi diakhiri.

   C. PERTEMUAN KE 3 : TES WHO AM  I   DAN   TULISAN POTRET  DIRI.

           1.Kegiatan awal
                  a. Konselor menjelaskan tentang TES Who Am I.
                  b. Manfaat Tes Who am I.
           2. Kegiatan Inti.
                  -    Siswa mengerjakan Tes Who am I.

           3. Kegiatan Akhir.
                  a.   Tes Who am I dikumpulkan.
                  b.   Konselor memberi tugas siswa untuk membuat tulisan/Karangan
                         tentang POTRET DIRI  siswa di rumah dan dikumpulkan pada
                         pertemuan ke 4.

   D. PERTEMUAN KE 4 : DAFTAR CEK MASALAH   DAN   STUDY HABIT.
           1. Kegiatan Awal.
                a. Konselor meminta pada siswa agar mengumpulkan tugas Karangan
                    POTRET DIRI.
                b. Konselor menjelaskan tentang Daftar Cek Masalah dan Study Habit.
           2. Kegiatan Inti.
                a. Siswa mengerjakan Daftar Cek Masalah.
                b. Siswa mengerjakan Study Habit.
           3.  Kegiatan Akhir.
                 a. Format Daftar Cek Masalah dan Study Habit dikumpulkan.
                 b. Konselor membuka diskusi Tanya jawab.
                  c. Layanan Informasi disimpulkan.             
                 

V. ALAT / BAHAN/ SUMBER BELAJAR.

A.    Format Biodata siswa/Comulative Record
B.     Data pendukung diri siswa,fc.ijasah,fc.raport smp,fc.akta kelahiran,surat dokter, surat keterangan RT dan RW.DLL


VI. PENILAIAN
.
A.    Jenis Penilaian
Untuk materi layanan Informasi Bimbingan Konseling penilaian diberikan pada siswa diukur dari KETUNTASAN kasus  yang  dialami  pada siswa:
1.Siswa prosentase kehadiran di kelas lebih dari 90%,selalu   menyerahkan  
         /mengumpulkan tugas yang diberikan dan masalah yang dialaminya bisa
         terselesaikan maka diberikan nilai : A.
     2.Siswa prosentase kehadiran kurang dari 90%,tugas yang  diberikan  tidak
        pernah diselesaikan maka diberikan nilai : B.

B.     Pedoman Penilaian.
Penilaian Materi Bimbingan konseling tidak seperti pelajaran regular yang diterima siswa. Khusus untuk Bimbingan Konseling penilaian siswa didasarkan pada kualitas KETUNTASAN kasus siswa yang ditangani Konselor, seperti telah diatur pada buku pegangan untuk Konselor :PROGRAM DAN MATERI PENGEMBANGAN DIRI SISWA SESUAI
           KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN / KTSP.Diterbitkan
           Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur,tahun 2006

C.     Naskah Soal.
1. Bentuklah kelompok Diskusi,masing-masing kelompok beranggota 5 – 7    
    siswa.
2. Kumpulkan permasalahan permasalahan yang pernah anda alami sesuai              
    bidang  masalahnya.
3. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas secara bergiliran.
4. Kumpulkan hasil diskusi pada konselor.    

D.    Kunci Jawaban.
1.      Lampiran Format  problem checklist/Daftar Cek Masalah.
2.      Lampiran Format Tes Who am I.
3.      Lampiran Format Study Habit.
                       


No comments:

Post a Comment