RPL BK K13 SMP/SMA SATU HALAMAN






Menyusun rpl bk susah-susah gampang. namun bagi yang belum berpengalaman hal tersebut adalah sesuatu yang sangat membebani dan membingungkan. tidak banyak memang guru BK/konselor yang mendapatkan pelatihan untuk itu, meskipun ada jumlahnya tidak seberapa. 

Selain itu juga mereka yang ikut pelatihan juga tidak begitu memahami apa yang telah dipelajari pada saat mengikuti pelatihan.

berikut adalah contoh rpl bk yang sudah baik dan benar sesuai dengan panduan operasional pelaksanaan bk k13 layanan klasikal.

klik read more......ya guyyysss......



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018


A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi
C
Topik / Tema Layanan
Eksplorasi bakat secara mandiri
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli  dapat mengenal dan memahami pengertian bakat serta mengaktualisasikan bakat yang dimilikinya
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat memahami pengertian bakat
2.    Peserta didik/konseli dapat memahami jenis-jenis bakat
3.    Peserta didik/konseli memahami antara potensial dan aktual
G
Sasaran Layanan
Kelas 8
H
Materi Layanan
1.     Pengertian bakat
2.     Jensi-jenis bakat
3.     Antara potensial dan aktual
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  45 Menit
J
Sumber Materi
1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs kelas 8, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2.  Hutagalung, Ronal. 2015. Ternyata Berprestasi ItuMudah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
3.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang pribadi, Yogyakarta, Paramitra
4.  Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point Ekspolarasi bakat secara mandiri
M
Pelaksanaan
1. Tahap Awal /Pedahuluan
a.   Pernyataan Tujuan


1.  Guru BK/Konselor membuka dengan salam dan berdoa
2.  Membina hubungan baik dengan peserta didik
      (menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.   Menyampaikan tujuan-tujuan khusus yang akan dicapai
b.  Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1. Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2. Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d. Tahap peralihan
     ( Transisi)
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2. Tahap Inti
a.       Kegiatan peserta didik
1.     Mengamati tayangan slide ppt (tulisan, gambar, video)
2.     Melakukan Brainstorming/curah pendapat
3.     Mendiskusikan dengan kelompok masing-masing
4.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai.

b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
1.     Menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.     Mengajak peserta didik untuk brainstorming/curah pendapat
3.     Membagi kelas menjadi beberapa kelompok (6 kelompok)
4.     Memberi tugas (untuk diskusi kelompok)
5.     Menjelaskan cara mengerjakan tugas
6.     Mengevaluasi hasil diskusi peserta didik
7.     Membuat catatan-catatan observasi selama proses layanan

3. Tahap Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan
2.     Peserta didik merefleksi kegiatan dengan mengungkapkan  kemanfaatan dan kebermaknaan kegiatan secara lisan
3.     Guru BK memberi penguatan dan rencana tindak lanjut
4.     Guru BK menutup kegiatan layanan dengan mengajak peserta didik bersyukur/berdoa dan mengakhiri dengan salam
N
Evaluasi

1.  Evaluasi Proses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2.  Mengamati sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Mengamati  cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
4.  Mengamati cara peserta didik dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru BK
2.  Evaluasi Hasil
Evaluasi dengan instrumen yang sudah disiapkan, antara lain :
1.  Evaluasi tentang  suasana pertemuan  dengan instrumen: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Evaluasi terhadap topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Evaluasi terhadap cara Guru BK  dalam  menyampaikan materi: mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Evaluasi terhadap kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti



LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.       Uraian materi
2.       Lembar kerja siswa

No comments:

Post a Comment