RPL BIMBINGAN KLASIKAL SESUAI POP BK K-13


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL

SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

A
Komponen
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Sosial
C
Topik / Tema Layanan
Adaptasi di lingkungan sekolah baru
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Umum
Peserta didik/konseli mampu menyesuaikan diri serta beradaptasi secara baik berkaitan dengan lingkungan sekolah baru
F
Tujuan Khusus
1.    Peserta didik/konseli dapat beradaptasi dengan teman, guru, karyawan di sekolah
2.    Pesera didik/konseli memahami dan belajar menyesuaiakan diri terhadap lingkungan sekolah yang baru
3.    Peserta didik/konseli dapat memahami persiapan belajar dalam mengikuti KBM
G
Sasaran Layanan
Kelas X
H
Materi Layanan
1.     Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru
2.     Belajar menyesuaikan diri
3.     Persiapan belajar dalam mengikuti KBM
I
Waktu
2 Kali Pertemuan x  40 Menit
J
Sumber Materi
1.  Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA Kelas X, Yogyakarta, Paramitra
2.  Triyono, Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra
3.  Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Paramitra
K
Metode/Teknik
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
L
Media / Alat
LCD, Power Point, Adaptasi di lingkungan sekolah baru
M
Pelaksanaan
1
Tahap Awal/Pendahuluan
Uraian Kegiatan
a.    Pernyataan  Tujuan
1.    Membuka dengan salam dan berdoa
2.    Membina hubungan baik dengan siswa (presensi, menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya, ice breaking)
3.    Menyampaikan tujuan layanan materi layanan BK
a.    Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
1.    Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2.    Kontrak layanan (kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
b.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
c.    Tahap peralihan ( Transisi)
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2
1
Tahap Inti
a.    Kegiatan Peserta Didik
1.     Peserta didik menceriterakan pengalaman pertama masuk di komplek sekolah baru
2.     Peserta didik menyebutkan nama-nama  ruang yang ada disekolah baru
3.     Peserta didik menanyakan yang belum diketahui
4.     Peserta didik mengikuti tayangan power point yang disampaikan oleh Guru BK
5.     Peserta didik mendiskusikan dgn kelompok masing-masing
6.     Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai
b.    Kegiatan Guru BK/Konselor



1.    Guru BK menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.    Guru BK mengajak curah pendapat dan tanya jawab
3.    Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
4.    Guru BK memberi tugas kepada masing-masing kelompok

3
Tahap Penutup
1.    Guru BK mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2.    Guru BK mengajak peserta didik untuk agar dapat menghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.    Guru BK menyampaikan materi layanan yang akan datang
4.    Guru BK mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam
N
Evaluasi

1
Evaluasi Proses
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi :
1.  Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2.  Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3.  Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat/bertanya
4.  Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
2
Evaluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain :
1.  Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan.
2.  Topik yang dibahas : sangat penting/kurang penting/tidak penting
3.  Cara Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan : mudah dipahami/tidak mudah/sulit dipahami
4.  Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti

No comments:

Post a Comment