RENCANA PELAKSANAAN
LAYANAN (RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
A
|
Komponen
|
Layanan Dasar
|
||
B
|
Bidang Layanan
|
Sosial
|
||
C
|
Topik / Tema Layanan
|
Adaptasi di lingkungan sekolah baru
|
||
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
||
E
|
Tujuan Umum
|
Peserta
didik/konseli mampu menyesuaikan diri serta beradaptasi secara baik berkaitan
dengan lingkungan sekolah baru
|
||
F
|
Tujuan Khusus
|
1.
Peserta
didik/konseli dapat beradaptasi dengan teman, guru, karyawan di sekolah
2.
Pesera
didik/konseli memahami dan belajar
menyesuaiakan diri terhadap lingkungan sekolah yang baru
3.
Peserta
didik/konseli dapat memahami persiapan
belajar dalam mengikuti KBM
|
||
G
|
Sasaran Layanan
|
Kelas X
|
||
H
|
Materi Layanan
|
1.
Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru
2.
Belajar menyesuaikan diri
3.
Persiapan belajar dalam mengikuti KBM
|
||
I
|
Waktu
|
2 Kali Pertemuan x 40 Menit
|
||
J
|
Sumber Materi
|
1. Slamet, dkk 2016, Materi Layanan Klasikal Bimbingan
dan Konseling untuk SMA-MA Kelas X,
Yogyakarta, Paramitra
2. Triyono,
Mastur, 2014, Materi Layanan Klasikal
Bimbingan dan Konseling bidang sosial, Yogyakarta, Paramitra
3. Eliasa Imania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalam Bimbingan dan
Konseling.Yogyakarta: Paramitra
|
||
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab
|
||
L
|
Media / Alat
|
LCD,
Power Point, Adaptasi di lingkungan sekolah baru
|
||
M
|
Pelaksanaan
|
|||
1
|
Tahap
Awal/Pendahuluan
|
Uraian
Kegiatan
|
||
a. Pernyataan Tujuan
|
1.
Membuka dengan
salam dan berdoa
2.
Membina
hubungan baik dengan siswa (presensi, menanyakan kabar, pelajaran sebelumnya,
ice breaking)
3.
Menyampaikan
tujuan layanan materi layanan BK
|
|||
a. Penjelasan tentang langkah-langkah
kegiatan
|
1.
Memberikan
langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
2.
Kontrak layanan
(kesepakatan layanan), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 1 jam
pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
|
|||
b. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru BK/Konselor memberikan
penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
|
|||
c. Tahap peralihan ( Transisi)
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan
peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|||
2
1
|
Tahap Inti
|
|||
a. Kegiatan Peserta Didik
|
1. Peserta didik menceriterakan pengalaman
pertama masuk di komplek sekolah baru
2. Peserta didik menyebutkan nama-nama ruang yang ada disekolah baru
3. Peserta didik menanyakan yang belum
diketahui
4. Peserta didik mengikuti tayangan power
point yang disampaikan oleh Guru BK
5.
Peserta didik
mendiskusikan dgn kelompok masing-masing
6. Setiap kelompok mempresetasikan tugasnya kemudian kelompok lain
menanggapinya, dan seterusnya bergantian sampai selesai
|
|||
b.
Kegiatan Guru BK/Konselor
|
1.
Guru BK
menayangkan media slide power point yang berhubungan dengan materi layanan
2.
Guru BK
mengajak curah pendapat dan tanya jawab
3.
Guru BK membagi kelas menjadi 6 kelompok, 1 kelompok 5- 6 orang
4.
Guru BK memberi
tugas kepada masing-masing kelompok
|
|||
|
3
|
Tahap Penutup
|
1.
Guru BK
mengajak peserta didik membuat kesimpulan yang terkait dengan materi layanan
2.
Guru BK
mengajak peserta didik untuk agar dapat menghadirkan Tuhan dalam hidupnya
3.
Guru BK
menyampaikan materi layanan yang akan datang
4.
Guru BK
mengakhiri kegiatan dengan berdoa dan salam
|
|
N
|
Evaluasi
|
|||
|
1
|
Evaluasi Proses
|
Guru BK atau konselor melakukan evaluasi dengan memperhatikan
proses yang terjadi :
1. Melakukan Refleksi
hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
2. Sikap atau atusias
peserta didik dalam mengikuti kegiatan
3. Cara peserta didik dalam
menyampaikan pendapat/bertanya
4. Cara peserta didik
memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
|
|
2
|
Evaluasi Hasil
|
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan
klasikal, antara lain :
1.
Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak
menyenangkan.
2. Topik yang dibahas : sangat penting/kurang
penting/tidak penting
3.
Cara Guru Bimbingan dan Konseling menyampaikan : mudah dipahami/tidak
mudah/sulit dipahami
4.
Kegiatan yang diikuti : menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk
diikuti
|
No comments:
Post a Comment