FORMAT 1 :
EVALUASI DIRI UNTUK RENCANA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (DIISI OLEH GURU BK/KONSELOR)
Nama Sekolah:
SMAN 1 ..............
|
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
||
Alamat:
JL.
RAYA ................
|
Kecamatan:
.............
|
Kabupaten/Kota:
...............
|
||
Nama Guru:
......................
|
Tahun Ajaran:
2015/2016
|
Tanggal:
|
||
Demensi
Tugas Utama/Indikator Kinerja
|
Evaluasi diri terhadap
Indikator Kinerja
|
|||
A
|
PERENCANAAN LAYANAN BK
|
|
||
1.
|
Guru
BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada
jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
|
Saya dapat
menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan
jenjang pendidikan
|
||
2.
|
Guru BK/Konselor dapat
menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan
mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
|
Saya
dapat menyusun atau memilih Instrumen Assesment yang digunakan seperti testing dan non tes Inventory, namun dalam pelaksanaanya saya terkendala
oleh sarana dan tenaga yang terbatas untuk analisis program komputer
|
||
3.
|
Guru
BK/Konselor dapat merancang program BK.
|
Saya dapat menyusun
program BK akan tetapi belum di awali
dengan analisis program sebelumnya
|
||
B
|
PELAKSANAAN
LAYANAN BK
|
|
||
Persiapan
Layanan BK
|
|
|||
4.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
RPL yang
saya susun sudah mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK yang
disertai dengan karakter bangsa
|
||
Pelaksanaan
Layanan BK
|
|
|||
5.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam
pelayanan BK.
|
RPL
yang saya susun belum mencerminkan dengan
jelas tahapan setiap jenis layanan, karena saya tidak merinci setiap tahapan
dalam layanan klasikal maupun bimbingan kelompok
|
||
6.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
Saya sulit mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK
|
||
7.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam
pelayanan BK.
|
Saya dapat
mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan
fungsi pelayanan BK, baik untuk pelayanan klasikal,kelompok maupun individual
|
||
8.
|
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial,
kemampuan belajar dan perencanaan karir.
|
Pelayanan
BK yang interaktif sudah saya implementasikan dalam RPL untuk mendukung
pengembangan diri siswa, namun belum optimal dalam bidang perencanaan karir
siswa
|
||
9.
|
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan
pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
|
Saya tidak dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai perkembangan
fisik dan psikologis siswa secara maksimal, mengingat jumlah siswa asuh yang
terlalu banyak
|
||
10.
|
Guru
BK/Konselor dapat
memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.
|
Saya tidak dapat memfasilitasi pengembangan sikap dan kebiasaan belajar
secara maksimal, mengingat jumlah siswa asuh yang terlalu banyak
|
||
Demensi
Tugas Utama/Indikator Kinerja
|
Evaluasi diri terhadap
Indikator Kinerja
|
|||
11
|
Guru
BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
Dalam
melaksanakan kegiatan konseling saya tidak
menegaskan model konseling tertentu,
yang saya kuasai pendekatan model REBT
|
||
12.
|
Guru
BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait
dalam pelayanan BK.
|
Di
dalam pelaksanaan layanan BK sudah saya
cantumkan pihak-pihak terkait yang dapat berkolaborasi dalam pelayanan BK
sesuai kaidah-kaidah BK, seperti guru, wali kelas, wali murid, kepala
sekolah, dll
|
||
13
|
Guru
BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan
pelayanan BK.
|
Di sekolah saya, tiap tahun saya sudah mengajukan
anggaran biaya sarana pelaksanaan BK akan tetapi realisasinya tidak maksimal
sesuai rencana
|
||
Penilaian
Keberhasilan Layanan BK
|
|
|||
14
|
Guru
BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
|
Saya belum
menyediakan kesempatan dalam mengelola penilaian untuk melihat keberhasilan
pelayanan BK,karena keterbatasan tenaga
|
||
C
|
EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
|
||
15.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengevaluasi program BK.
|
Saya
belum melaksanakan evaluasi program BK secara menyeluruh
|
||
16.
|
Guru
BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK.
|
Saya
dapat menyusun Laperprog baik dalam waktu
semester maupun Tahunan
|
||
17.
|
Guru
BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/
Konselor).
|
Saya pernah mengikuti kegiatan MBK Kab. .......... tetapi masih belum aktif karena terkendala waktu tugas dinas.
|
||
18.
|
Guru
BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian
dalam BK.
|
Saya belum pernah melakukan penelitian apapun
terkait bimbingan dan konseling
|
||
Tanda tangan Guru BK/Konselor:
.........................................
NIP. ...........................
|
Tanda tangan Kepala Sekolah:
..............................................
NIP..........................
|
|
|
FORMAT
2 :RENCANA PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN INDIVIDU GURU (DIISI OLEH KOORDINATOR DAN GURU BK)
Nama
Sekolah:
SMAN
1 ..................
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
|||||||||||
Alamat:
JL.
RAYA .............................
|
Kecamatan:
....................
|
Kabupaten/Kota:
.......................
|
||||||||||
Nama Guru:
....................
|
Tahun Ajaran:
2015/2016
|
Tanggal:
|
||||||||||
Demensi Tugas Utama/ Indikator
Ki9nerja
|
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan
dilakukan Guru
|
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||||
a
|
b
|
|||||||||||
A. Perencanaan
Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1.
Guru BK/Konselor dapat
menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada jalur, jenis dan
jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
|
Mengikuti workshop materi dasar landasan keilmuan,
Mengikuti seminar sosialisasi kurikulum baru
|
x
|
|
|
x
|
|
|
|
||||
2. Guru BK/Konselor dapat
menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data, mengaplikasikan dan
mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen.
|
Mengadakan kegiatan di MGBK yang membahas analisa dan
perubahan instrumen terbaru yang baku yang disesuaikan dengan kebutuhan dan
perkembangan
|
X
|
|
|
x
|
x
|
|
|
||||
3. Guru BK/Konselor
dapat merancang program BK.
|
Mengikuti MGBK untuk mengusun program MBGK kemudian
disesuaikan dengan need assasment sekolah
|
|
x
|
X
|
x
|
|
|
|
||||
B. PELAKSANAAN LAYANAN BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Persiapan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4. Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
Mengikuti kegiatan MGBK, dan
Mengikuti kegiatan-kegiatan in service training tentang penyusunan RPL sesuai dengan
kurikulum terbaru
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
|
||||
Pelaksanaan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5. Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam
pelayanan BK.
|
Belajar sendiri , bekerja sama dengan guru BK di
sekolah dan mengikuti MBGK
|
X
|
|
|
x
|
x
|
|
|
||||
6. Guru BK/Konselor
dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam
pelayanan BK.
|
Belajar sendiri , bekerja sama dengan guru BK di
sekolah dan mengikuti MBGK
|
X
|
|
|
x
|
|
|
|
||||
7. Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam
pelayanan BK.
|
Mengikuti kursus-kursus ekstenstion dan profesionil
|
|
|
|
|
|
x
|
x
|
||||
8. Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial,
kemampuan belajar dan perencanaan karir.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar
program upgrading materi BK
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
||||
9. Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai dengan
pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
|
Belajar melalui observasi, konferensi-konferensi dan
konsultasi
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
||||
10. Guru BK/Konselor
dapar memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar
program upgrading materi BK
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
||||
11. Guru
BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar
program upgrading materi BK
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
||||
12. Guru
BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait
dalam pelayanan BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar
program upgrading materi BK melalui kegiatan in service training
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
||||
13. Guru
BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar
program upgrading materi BK
|
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
||||
Penilaian Keberhasilan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
14.
Guru BK/Konselor dapat melakukan
penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
|
Melakukan evaluasi program BK dengan cara belajar sendiri dan konsultasi
dengan guru BK yang lain dan kepala sekolah
|
x
|
|
x
|
x
|
|
|
|
||||
C. EVALUASI, PELAPORAN
DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Evaluasi
Program BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
15.
Guru BK/Konselor
dapat mengevaluasi program BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar program upgrading
materi BK
|
x
|
|
x
|
x
|
|
|
|
||||
16.
Guru BK/Konselor
dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil
evaluasi program BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar program upgrading
materi BK
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
|
||||
17.
Guru BK/Konselor
dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
|
Belajar sendiri, mengikuti program MGBK dan pengembangan profesi di ABKIN
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
|
||||
18.
Guru BK/Konselor
dapat merancang, melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar program upgrading
materi BK
|
|
|
|
x
|
x
|
x
|
x
|
||||
Kompetensi untuk menghasilkan
Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif
|
Mengusulakan materi keprofesionalan yang dilakukan di MGBK dan usulan
tambahan diklat seminar ke dinas pendidikan
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
||||
Kompetensi
untuk menunjang Peningkatan Layanan BK
|
Mengikuti workshop / lokakarya, rapat kerja dan seminar program upgrading
materi BK
|
|
|
|
|
x
|
|
|
||||
Kompetensi Melaksanakan
Tugas Tambahan
|
Mengikuti materi keprofesionalan yang dilakukan di MGBK dan usulan
tambahan diklat seminar ke dinas pendidikan
|
|
|
|
|
x
|
|
|
||||
Tanda tangan Guru BK/Konselor:
..............................
NIP. .....................
|
Tanda tangan Kepala Sekolah:
.................................................
NIP..........................
|
No comments:
Post a Comment