RPL BIMBINGAN DAN KONSELING


RENCANA PROGRAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan                     : SMA N
Kelas/Semester                           : XI / GENAP
Alokasi/Waktu                              : 2 x 45 menit
Bidang Bimbingan                      : Pribadi dan Sosial
Jenis Layanan                             : Informasi
Fungsi Layanan                          : Pemahaman
-    Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah kecerdasan yang dimiliki
-    Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki
-    Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat
-   Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
A.    STANDART KOMPETENSI :

      


Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya.

 
       KOMPETENSI DASAR               :

B.   INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
NO
INDIKATOR

NILAI KARAKTER


1



2


3


4


ü  Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan;
ü  Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari;
ü  Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri;
ü  Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya;
ü  Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami.

Kreatif, Menghargai prestasi, Kerja keras;
Kreatif, Bersahabat/Komunikatip, Demokratis;
Kreatif, Kerja keras;
Kreatif, Relegius;
Kreatif, Kerja keras,
Jujur, Kerja keras;



C.  TUJUAN LAYANAN
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
D.   MATERI PELAYANAN
Dimensi Kecerdasan Manusia;
a
Kecerdasan Otak / Intekektual (IQ)
b
Kecerdasan Emosional (EQ)
c
Kecerdasan Fisik (PQ)
d
Kecerdasan Spiritual (SQ)
e
Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
f
Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )

E.   METODE
      - Dinamika kelompok
      - Diskusi/Tanya Jawab
       - Tugas
F.    STRATEGI LAYANAN
        Absensi                                         : 5 menit
1.     Kegiatan Pendahuluan              : 5 menit
Mengajak siswa untuk membentuk kelompok bermain untuk saling mengenal dan berdiskusi tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;

   
        Apersepsi      :

      Motivasi           :
 2.  Kegiatan Inti                                   : 35 Menit
  1. Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru pembimbing tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
  2. Guru membagi siswa menjadi  kelompok bermain dan berdiskusi;
  3. Diskusi kelompok mendiskusikan tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
  4. Hasil diskusi dikumpulkan
3.  Penutup                           : 5 Menit
Guru Pembimbing (Konselor) dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya.
G.       MEDIA PELAYANAN
        Mading, Pamfllet, majalah, Koran dll.
H.SUMBER LAYANAN
Buku Bimbingan Konseling (Psikologi Remaja). MUH.SURYA
I.   PENILAIAN
1.       Laiseg                                        :  Mengapresiasikan hasil diskusi siswa
2.       Laijapen                                    :  Refleksi (Penugasan)
3.       Laijapan                                    :  Pengamatan (Evaluasi Diri
J.   TINDAK LANJUT          :  Pendampingan secara umum dan melakukan pelayanan konseling     dengan salah satu atau lebih jenis layanan bagi siswa yang menemui kesulitan/masalah .

No comments:

Post a Comment