RENCANA PROGRAM PELAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan
Pendidikan : SMA N
Kelas/Semester : XI / GENAP
Alokasi/Waktu : 2 x 45 menit
Bidang
Bimbingan : Pribadi
dan Sosial
Jenis
Layanan : Informasi
Fungsi
Layanan :
Pemahaman
- Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan
bersyukur atas anugerah kecerdasan yang dimiliki
- Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan
seni sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki
- Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh
masyarakat
- Mencapai kematangan dalam
mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program
kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan
dalam kehidupan masyarakat yang luas
|
A. STANDART KOMPETENSI :
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan
mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya
sehingga berhasil dalam kehidupannya.
|
KOMPETENSI DASAR :
B.
INDIKATOR DAN NILAI KARAKTER
NO
|
INDIKATOR
|
NILAI
KARAKTER
|
1
2
3
4
|
ü Memanfaatkan secara efektif
kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual
/prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan;
ü Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga
dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan
sehari-hari;
ü Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat
dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri;
ü Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga
semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek
kehidupannya;
ü Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang
dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari
solusi dari masalah yang dialami.
|
Kreatif, Menghargai prestasi, Kerja keras;
Kreatif, Bersahabat/Komunikatip, Demokratis;
Kreatif, Kerja keras;
Kreatif, Relegius;
Kreatif, Kerja keras,
Jujur, Kerja keras;
|
C. TUJUAN LAYANAN
Siswa mampu bersikap dan
bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang
dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
D. MATERI PELAYANAN
Dimensi
Kecerdasan Manusia;
a
|
Kecerdasan
Otak / Intekektual (IQ)
|
b
|
Kecerdasan Emosional (EQ)
|
c
|
Kecerdasan Fisik (PQ)
|
d
|
Kecerdasan Spiritual (SQ)
|
e
|
Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
|
f
|
Adversity
Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )
|
E. METODE
- Dinamika kelompok
- Diskusi/Tanya Jawab
- Tugas
F. STRATEGI LAYANAN
Absensi :
5 menit
1. Kegiatan Pendahuluan : 5 menit
Mengajak siswa untuk membentuk kelompok
bermain untuk saling mengenal dan berdiskusi tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan
dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
|
Apersepsi :
Motivasi :
2. Kegiatan Inti :
35 Menit
- Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru pembimbing tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
- Guru membagi siswa menjadi kelompok bermain dan berdiskusi;
- Diskusi kelompok mendiskusikan tentang pentingya bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya;
- Hasil diskusi dikumpulkan
3. Penutup : 5 Menit
Guru
Pembimbing (Konselor) dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang pentingya bersikap
dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan
yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya.
G. MEDIA
PELAYANAN
Mading, Pamfllet, majalah, Koran dll.
H.SUMBER
LAYANAN
Buku Bimbingan Konseling (Psikologi Remaja).
MUH.SURYA
I. PENILAIAN
1. Laiseg : Mengapresiasikan hasil diskusi siswa
2. Laijapen : Refleksi (Penugasan)
3. Laijapan :
Pengamatan (Evaluasi Diri
J. TINDAK
LANJUT : Pendampingan secara umum dan melakukan
pelayanan konseling dengan salah satu
atau lebih jenis layanan bagi siswa yang menemui kesulitan/masalah .
No comments:
Post a Comment