RPL BK BIMBINGAN KLASIKAL K13 POP


 

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER…(GANJIL/GENAP) TAHUNPELAJARAN 2016/2017


A

KomponenLayanan
Layanandasar
B
BidangLayanan
Pribadi
C
Topiklayanan
Implementasi iman dan taqwa dalam kehidupan modern
D
FungsiLayanan
Pemahaman

E

TujuanUmum
Siswamampumencapaiperkembangandirisebagairemaja yang berimandanbertaqwakepadaTuhan Yang MahaEsa
F
TujuanKhusus
1.      Siswamampumempelajarihalihwalibadah
2.      Siswadapatmengembangknpemikirantentangkehidupanberagama
3.      Siswadapatmelaksanakanibadahataskeyakinansendiridisertaisikaptoleansi
G
Sasaranlayanan
Kelas X MIPA 1
H
Materilayanan
1.    Realitas di kalanganremaja
2.    Perananimandantaqwadalammenyesuaikandiri
3.    Pengaruhimandantaqwadalam di era globalisasi
I
Waktu
 2 X 45’

J

Sumber
1.      Slamet, dkk 2016, MateriLayananKlasikalBimbingandanKonselinguntuk SMA-MA Kelas 10, Yogyakarta, Paramitra Publishing
2.      EliasaImania Eva, Suwarjo.2011.Permainan (games) dalamBimbingandanKonseling.Yogyakarta: Paramitra
3.      Prayitno.2015. Iqra.Padang, UNP
4.       _____,www.blog.umy.ac.id/restufaizah/kiat-hidup- bermasyarakat

K

Metode/Teknik
Ceramah, Curahpendapatdantanyajawab

L

Media/Alat
LCD, Power Poinimplementasiimandantaqwadalamkehidupan modern
N
Pelaksanaan

1.TahapAwal/Pendahuluan




a.PernyataanTujuan
a.     Guru BK/Konselormengucapkansalam, dilanjutkandenganberdo’a, presensi, mengeceksituasidankondisikelas.
b.     Guru BK/ Konselormenyampaikantopik / temalayananinformasi
c.     Guru BK/KonselormemotivasidenganIce Breaking: agar siswasenang, tertarik, bersemangat, siapmengikutilayananinformasi
d.     Guru BK/Konselormenjelaskantujuanlayananinformasidantugasperkembangan yang akandipahami
e.     Guru BK/Konselormenanyakankepadasiswaterkaitpelayanan yang diajarkanpadapertemuansebelumnya
b.Penjelasantentang
langkah-langkahkegiatan
GuruBimbingandanKonselingatauKonselor
menjelaskanlangkah-langkahkegiatan,tugasdantanggungjawabpesertadidik.


c.   Mengarahkankegiatan
(konsolidasi)
GuruBimbingandanKonselingataukonselor
memberikanpenjelasantentangtopikyangakandibocarakan
d.TahapPeralihan
GuruBimbingandanKonselingataukonselor


(Transisi)
menanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakan
kegiatan,danmemulaiketahapinti

2. TahapInti


a.  Kegiatanpesertadidik
a.    Siswamembentukkelompokdanmenentukanketuakelompokdansekretariskelompok
b.    Masing-masingkelompokberdiskusisesuaitema yang telahditetapkan[mfm2] 
c.    Masing-masingkelompokmempresentasikanhasildiskusi[mfm3] 


b. Kegiatanguru
BimbingandanKonselingataukonselor

Guru   BimbingandanKonselingataukonselormenyampaikanmateriimplemetasiimandantaqwadalamkehidupan

3.TahapPenutup


a.    Guru BimbingandanKonselingataukonselormemberikanpenguatandarihasildiskusi
b.   Guru BK/Konselorbersama-samadengansiswamenyimpulkanisitema yang telahdisampaikan.
c.    Guru BK/Konselormendorongsiswa agar yang belumberperanaktifdalamkegitan, supayaberperanaktif
d.    Guru BK/Konselormenutuppertemuandenganberdoabersamadansalam.
O
Evaluasi










1. EvaluasiProses

1.Mengadakanrefleksi
2. Sikappesertadidikdalammengikutikegiatandiskusimateriimplemetasiimandantaqwadalamkehidupansudahsudahbagusdanbersemangat.
3. Cara pesertadidikmenyampaikanpendapatataubertanyasudahsesuaidengantopik
4. CarapesertadidikmemberikanpenjelasanterhadappertanyaanGuruBimbingandanKonselingataukonselorbeberapasudahmudahdipahami








2. EvaluasiHasil
Evaluasisetelahmengikutikegiatanklasikal,antaralain:
1.      Suasanadiskusimenyenangkan
2.      Topikyangdibahassangatpentingkarenaimplementasiimtaqdalamkehidupaninisangatditerapkanpadasemuawarga SMAN 1…… dalamkeseharianterutamadisekolah
3.      GuruBimbingandanKonselingataukonselordalammenyampaikanmaterimudahdipahami
4.      Kegiatanyangdiikuticukupmenarikbagisiswa
5.      Memberikanangkethasilevaluasipadapeserta didik
Lampiran: 1.Materiyangdiberikandisajikansecaralengkap
2. Lembarkerjapesertadidik(kalauada)

Mengetahui:…………..,…………….
KepalaSekolahGuruBK/Konselor




.......................................                                              .......................................




 [mfm1] PPK

 [mfm2] 4 C

 [mfm3] LITERASI

No comments:

Post a Comment