RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER
(GANJIL/GENAP)TAHUN PELAJARAN…
A.
|
KomponenLayanan
|
LayananDasar
|
B.
|
BidangLayanan
|
BimbinganKarir
|
C.
|
TopikLayanan
|
MengenalPerguruanTinggi
|
D.
|
FungsiLayanan
|
Pemahaman,
|
E.
|
TujuanUmum
|
Mempelajarikemampuandiri,
peluangdanragampekerjaan , pendidikandanaktifitas yang
terfokuspadapengembanganalternatifkarir yang lebihterarah.( SKKPD :
Wawasandankesiapankarir)
|
F.
|
TujuanKhusus
|
Siswamampumemanfaatkan internet untuk :
1.
Mencarialamatsitus PT di internet
2.
Menemukanbentuk-bentuk PT
3.
Mengidentifikasimacam- macamfakultasdanprodi
PT
4.
Membedakan Status Akreditasiprodi PT
5.
Mengelompokkan program studi yang bisadimasukilulusan
SMA sesuaipeminatannya
6.
Membandingkanbeayakuliah di beberapaPT
|
G.
|
SasaranLayanan
|
Kelas XI B4,G4,I4
|
H.
|
MateriLayanan
|
1.
AlamatsitusPerguruanTinggi
2.
Bentuk PT (
Universitas,Institut,SekolahTinggi,Politeknik, Akademi )
3.
Macam2 Fakultasdanprodi di PT
4.
Status Akreditasi PT
5.
Macam Prodi yang bisadimasuki/ sesuaipeminatan
di SMA
6.
BeayaKuliah di PT
|
I.
|
Waktu
|
1 x jam pelajaran
|
J.
|
Sumber
|
Internet
|
K.
|
Metode/Teknik
|
PemberianTugas
|
L.
|
Media/Alat
|
Komputer,internet
|
N.
|
Pelaksanaan
|
|
1.
Tahapawal/Pendahuluan
|
||
a. PernyataanTujuan
|
1. Guru
BK memberisalam, berdoa. mengabsensiswa
3. Guru
BK menyampaikantentangtujuankhusus yang akandicapai, agar siswamengetahui
macam2 PTfakultasdanprodi PT yang sesuaidenganpeminatan SMAsertabeayanya
|
|
b.
Penjelasantentanglangkah-langkahkegiatan
|
Guru BK/Konselormenjelaskanlangkah-langkahkegiatan:
1. Guru
BK menjelaskangarisbesarmateri
2. Siswamembuka
internet dengan focus web PT
3. Siswamengerjakantugas
(LK)
4. Siswamengirimtugaske
email guru BK dikordinirketuakelasdalam 1 folder
|
|
c. Mengarahkan
(Konsolidasi)
|
Guru BK/Konselormenjelaskantentangtopik yang akan
di bicarakan: MacamFakultasdanProdi di PT ,status akreditasidanbeayakuliah di
PT melalui data situs PT di internet
|
|
d. TahapPeralihan
(Transisi)
|
Guru
BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatandanmemulaiketahapinti
|
|
2.
TahapInti
|
||
a.
KegiatanPesertadidik
|
1.
Mencaricontohbentukperguruantinggidenganmembukaalamatsitusnya
(www.namapt.ac.iddan www.namadepartemen.go.id )
2.
Mengidentifikasifakultasdanprodidi PT
3.
Membedakan status akreditasiprodi PT
4.
Mengelompokkanprodi yang sesuai dg peminatan
di SMA
5.
Membandingkanbeayakuliah di beberapa PT
6.
Menuliskan[RK4] temuannya di file lembarkerja
|
|
b.
Kegiatan Guru BK/Konselor
|
Guru BK :
1.
Menjelaskancaramencarialamatsitus PT
2.
Menampilkanlembarkerjasiswadalambentuktabel
word
3.
Memandusiswauntukmengerjakantugas
4.
Mengamatikeaktifansiswamengerjakantugas
5.
Memberikanmasukan/solusijikaadapermasalahan
|
|
3.
TahapPenutup
|
||
a.
Guru BK/Konselormemberikanpenguatan:
Siswasudahbelajartentangselukbeluk
PT melaluiakses internet, sehinggasiswasetiapsaatbisasecaramandirimencariinformasisesuaikebutuhannya
b.
Merencanakantindaklanjut :
Pertemuanselanjutnyamembahastentangkarakteristiktiap
Program studi, persyaratandanpeluangkerjanya
|
||
O.
|
Evaluasi
|
|
1.
Evaluasi Proses
|
Guru BK/Konselormelakukanevaluasidenganmemperhatikan proses yang
terjadi:
1. Mengadakanrefleksi
2. Mengobservasipesertadidikdalammengikutikegiatan
|
|
2.
EvaluasiHasil
|
Evaluasisetelahmengikutikegiatanklasikal,antara lain :
1. Suasanapertemuan
2. Topik
yang dibahas
3. Cara
guru BK/Konselormenyampaikan
4. Kegiatan
yang diikuti
|
No comments:
Post a Comment