RPL BIMBINGAN KLASIKAL K13


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER (GANJIL/GENAP)TAHUN PELAJARAN…


A.
KomponenLayanan
LayananDasar
B.
BidangLayanan
BimbinganKarir
C.
TopikLayanan
MengenalPerguruanTinggi
D.
FungsiLayanan
Pemahaman,
E.
TujuanUmum
Mempelajarikemampuandiri, peluangdanragampekerjaan , pendidikandanaktifitas yang terfokuspadapengembanganalternatifkarir yang lebihterarah.( SKKPD : Wawasandankesiapankarir)
F.
TujuanKhusus
Siswamampumemanfaatkan internet untuk :
1.   Mencarialamatsitus PT di internet
2.      Menemukanbentuk-bentuk PT
3.      Mengidentifikasimacam- macamfakultasdanprodi PT
4.      Membedakan Status Akreditasiprodi PT
5.      Mengelompokkan program studi yang bisadimasukilulusan SMA sesuaipeminatannya
6.      Membandingkanbeayakuliah di beberapaPT
G.
SasaranLayanan
Kelas XI B4,G4,I4
H.
MateriLayanan
1.       AlamatsitusPerguruanTinggi
2.       Bentuk PT ( Universitas,Institut,SekolahTinggi,Politeknik, Akademi )
3.      Macam2 Fakultasdanprodi di PT
4.       Status Akreditasi PT
5.       Macam Prodi yang bisadimasuki/ sesuaipeminatan di SMA
6.       BeayaKuliah di PT
I.
Waktu
1 x  jam pelajaran
J.
Sumber
Internet
K.
Metode/Teknik
PemberianTugas
L.
Media/Alat
Komputer,internet
N.
Pelaksanaan

1.       Tahapawal/Pendahuluan

a.       PernyataanTujuan
1.       Guru BK memberisalam, berdoa. mengabsensiswa
2.       Appersepsidenganmenampilkangambarour education sistem[RK1] memintasiswauntukmenafsirkan
3.       Guru BK menyampaikantentangtujuankhusus yang akandicapai, agar siswamengetahui macam2 PTfakultasdanprodi PT yang sesuaidenganpeminatan SMAsertabeayanya

b.      Penjelasantentanglangkah-langkahkegiatan
Guru BK/Konselormenjelaskanlangkah-langkahkegiatan:
1.       Guru BK menjelaskangarisbesarmateri
2.       Siswamembuka internet dengan focus web PT
3.       Siswamengerjakantugas (LK)
4.       Siswamengirimtugaske email guru BK dikordinirketuakelasdalam 1 folder


c.       Mengarahkan
(Konsolidasi)
Guru BK/Konselormenjelaskantentangtopik yang akan di bicarakan: MacamFakultasdanProdi di PT ,status akreditasidanbeayakuliah di PT melalui data situs PT di internet

d.      TahapPeralihan
(Transisi)
Guru BK/Konselormenanyakankesiapanpesertadidikmelaksanakankegiatandanmemulaiketahapinti




2.       TahapInti

a.       KegiatanPesertadidik
1.       Mencaricontohbentukperguruantinggidenganmembukaalamatsitusnya (www.namapt.ac.iddan  www.namadepartemen.go.id )
2.       Mengidentifikasifakultasdanprodidi PT
3.       Membedakan status akreditasiprodi  PT
4.       Mengelompokkanprodi yang sesuai dg peminatan di SMA
5.       Membandingkanbeayakuliah di beberapa PT
6.       Menuliskan[RK4] temuannya di file lembarkerja
7.       Mengumpulkan[RK5]  file keketuakelasdanmengirimkanke email


b.      Kegiatan Guru BK/Konselor
Guru BK :
1.       Menjelaskancaramencarialamatsitus PT
2.       Menampilkanlembarkerjasiswadalambentuktabel word
3.       Memandusiswauntukmengerjakantugas
4.       Mengamatikeaktifansiswamengerjakantugas
5.       Memberikanmasukan/solusijikaadapermasalahan


3.       TahapPenutup


a.   Guru BK/Konselormemberikanpenguatan:
Siswasudahbelajartentangselukbeluk PT melaluiakses  internet, sehinggasiswasetiapsaatbisasecaramandirimencariinformasisesuaikebutuhannya
b.   Merencanakantindaklanjut :
Pertemuanselanjutnyamembahastentangkarakteristiktiap Program studi, persyaratandanpeluangkerjanya

O.
Evaluasi

1.       Evaluasi Proses
Guru BK/Konselormelakukanevaluasidenganmemperhatikan proses yang terjadi:
1.       Mengadakanrefleksi
2.       Mengobservasipesertadidikdalammengikutikegiatan


2.       EvaluasiHasil
Evaluasisetelahmengikutikegiatanklasikal,antara lain :
1.       Suasanapertemuan
2.       Topik yang dibahas
3.       Cara guru BK/Konselormenyampaikan
4.       Kegiatan yang diikuti


 [RK1]literasi

 [RK2]mandiri

 [RK3]literasi

 [RK4]kreatif

 [RK5]tanggungjawab

No comments:

Post a Comment